Perbedaan Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3. Eksterior, Interior, Aksesoris, Fitur dan Harga

CaruserMagz.com – Tipe tertinggi dari Toyota Avanza adalah Grand New Veloz. Berbeda dari Veloz 2014 yang hanya tersedia 1 tipe yaitu Veloz 1.5L, Grand New Veloz 2016 tersedia dalam dua pilihan mesin, yaitu 1.3L dan 1.5L dengan masing-masing tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis, sehingga total ada 4 varian.

Menarik untuk diketahui apa saja perbedaan Grand New Veloz 2016 tipe 1.5 dan 1.3 selain kapasitas mesinnya, perbedaan-perbedaan tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli, apakah cukup dengan tipe 1.3L atau memilih 1.5L dengan berbagai tambahan aksesoris dan kemewahannya.
Berikut kami resume-kan perbedaan New Veloz 1.5L dan 1.3L:

1. Mesin

Dari namanya sudah jelas bahwa kedua tipe Veloz ini mempunyai kapasitas mesin yang berbeda, sehingga pastinya tenaganya juga akan berbeda. perbedaan detail mesinnya kami rangkum dalam tabel di bawah ini:
Perbedaan Mesin Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Perbedaan Mesin Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa New Veloz 1.5 mempunyai tenaga 7,5 HP lebih besar dan torsi 1,6 kgm lebih besar dibanding Veloz 1.3. Tenaga dan kapasitas mesin yang lebih besar membuat Veloz 1.5 tentunya lebih enak tarikannya saat butuh akselerasi, namun konsekuensinya tentu lebih boros bahan bakar. Jadi tergantung preferensi sobat, apakah lebih memilih kenikmatan mengemudi atau keiritan bahan bakar.

2. Eksterior

Sepintas tidak ada beda antara eksterior Veloz 1.5 dan 1.3, tapi jika diperhatikan, ada beberapa perbedaan. yaitu pada warna velg yang two-tone pada tipe 1.5 dan hanya 1 warna pada tipe 1.3. Sehingga bagi sobat yang ingin mobilnya tampil gagah dengan sepatu yang nampak lebih mewah, tentunya Veloz 1.5 lebih tepat untuk dipilih.
Perbedaan Velg Alloy Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Perbedaan eksterior lainnya adalah pada lampu utama. Pada Veloz 1.5 sudah menggunakan lampu projector halogen yang nampak seperti bola mata, sehingga Veloz 1.5 nampak lebih mewah dari tipe 1.3.
Perbedaan Lampu Utama Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Selanjutnya yang membedakan kedua tipe ini adalah pada emblem di bagian belakang-kanan, pada tipe 1.3, hanya ditulis Veloz, sedangkan pada tipe 1.5, tertulis 1.5 Veloz.
Perbedaan Emblem Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3

3. Interior

Pada bagian dalam, ada beberapa perbedaan yang membuat Grand New Veloz 1.5 nampak lebih mewah dibanding Veloz 1.3. Antara lain seperti kami jelaskan berikut ini.

Head Unit Touchscreen pada Veloz 1.5

Pada Veloz 1.5, sudah dilengkapi dengan head unit layar sentuh selebar 6,1 inci, dengan berbagai fitur yang melekat padanya, yaitu: bisa menampilkan video dari pemutar DVD, dan bisa dikoneksikan dengan smartphone melalui bluetooth.
Perbedaan Audio System Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Sedangkan pada Veloz 1.3, masih menggunakan head unit double din dengan fitur konektivitas yang sama dengan milik veloz 1.5. Bagi sobat yang tidak suka dengan layar sentuh dan lebih menyukai tombol-tombol, tentunya Veloz 1.3 bisa dipilih.

Audio Streeting Control

Hal yang menyenangkan pada Veloz 1.5 adalah fitur pengaturan audio melalui lingkar kemudi, yang tidak ada pada Veloz 1.3. Sehingga sobat tidak perlu melepaskan tangan dari lingkar kemudi untuk memindahkan channel radio, menukar lagu atau mengatur volume suara.
Tombol Audio pada Setir Toyota New Veloz 1.5
Fitur ini tentunya cocok untuk head unit layar sentuh yang harus dilihat jika mengaturnya langsung pada layar monitor. Sehingga berbahaya bagi pengemudi jika head unitnya layar sentuh, tapi tidak ada pengaturan audio dari setir, karena dapat menghilangkan konsentrasi pengemudi pada setir saat mengatur audio.

Pelapis Kulit pada Lingkar Kemudi

Perbedaan selanjutnya adalah pada Veloz 1.5, lingkar setirnya telah dilapisi kulit yang terasa lembut bagi tangan pengemudi, sekaligus membuat Veloz 1.5 lebih terasa mewah dibanding Veloz 1.3. Bagi Sobat yang tangannya sering berkeringat, setir yang dilapisi kulit akan terasa lebih nyaman.

Fitur Parking Camera

Camera parkir tentunya membutuhkan layar monitor pada dashboard untuk menampilkan video, maka tentu fitur ini hanya ada pada New Veloz 1.5. Sedangkan pada Veloz 1.3, fitur ini tidak tersedia. Sobat pemilik Veloz 1.3 bisa memiliki camera parkir, tapi harus membelinya sebagai produk after market sekaligus harus mengganti head unitnya menjadi layar monitor, sehingga harus merogoh kantong lebih dalam.

4. Perbedaan Harga

Perbedaan kapasitas mesin, fitur dan aksesoris pastinya akan menyebabkan perbedaan harga. Toyota New Veloz 1.5 tentunya akan lebih mahal dari Veloz 1.3. Berikut perbedaan harganya:
Perbedaan Harga Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Perbedaan Harga Toyota New Veloz 1.5 dan 1.3
Harga di atas adalah harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta, untuk wilayah lain, sobat harus menyiapkan budget yang lebih karena ada biaya transportasi yang harus sobat bayar.

Kesimpulan

Bagi sobat yang berencana memboyong Toyota Grand New Veloz, bisa memilih berdasarkan preferensi masing-masing. Bagi Sobat yang menyukai kenikmatan mengemudi dengan tenaga yang besar dan menginginkan mobil yang nampak mewah, lebih lengkap aksesoris dan fiturnya, tentu Veloz 1.5 adalah pilihannya, tapi tentunya harus menyiapkan uang lebih banyak hingga 10 juta rupiah.
Bagi sobat yang tidak begitu perhatian pada tambahan-tambahan aksesoris dan fitur serta merasa cukup dengan mesin yang sama dengan Grand New Avanza, maka Veloz 1.3 bisa dipertimbangkan.
Menurut kami, kepalang memilih Veloz, lebih bagus membeli Veloz 1.5. Karena jika sobat tidak begitu perhatian pada penampilan mobil sobat, sebaiknya pilih Grand New Avanza saja. Toh rasa interiornya dan tarikan mesinnya sama saja.
Demikian ulasan kami mengenai perbedaan atau perbandingan Grand New Veloz 1.5 dan New Veloz 1.3. Semoga artikel ini bermamfaat bagi sobat pembaca. Selamat memilih mobil impian sobat.
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *