Perbedaan KIA All New Rio Platinum dan Varian Biasa, Lebih Mewah dan Lengkap

CaruserMagz.com – Varian tertinggi KIA All New Rio adalah Rio Platinum, varian ini hadir di Indonesia pada tahun 2015, dengan banderol harga lebih mahal 20,5 juta rupiah dibanding KIA Rio Option varian otomatis dan 40,5 juta rupiah dibanding varian standar otomatis (AT).

Lalu apa saja yang membedakannya dari KIA Rio varian standar? sehingga hatchback elegan ini berharga lebih mahal. Mari kita simak ulasan detailnya.

 

Dual Air Bags – KIA All New Rio banyak dikritik tidak lengkap pada fitur keselamatan, khususnya karena airbag yang hanya disediakan untuk pengemudi saja, padahal standar di Indonesia ada dual airbags untuk kabin depan. Kekurangan tersebut diperbaiki untuk Rio tipe termahal dengan telah menyematkan dual airbags untuk penumpang depan dan pengemudi.

 

Velg 17 Inchi dan Desain spoke Elegan – Jika pada tipe standar, KIA Rio hanya bersepatu velg berukuran 15 inchi, maka pada tipe Platinum atau termewah ini, Rio Nampak lebih kokoh dengan velg 17 inchi dan desain spoke two-tone color yang lebih elegan dan sporty.

 

Daytime Running Light (DRL) terintegrasi dengan projector headlight – Jeroan lampu utama KIA Rio Platinum terlihat lebih modern dengan lampu projector dan dihias LED-DRL pada bagian bawahnya.

 

 

Shark fin Antenna – antenna bermotif sirif hiu memberi kesan kelas yang lebih tinggi pada Rio Platinum. Meskipun aksesoris kecil, antenna tersebut memberi aura mewah yang elegan.

 

Tombol Start-Stop Engine – Status sebagai tipe termewah juga ditandai dengan fitur start-stop button, sehingga untuk menghidupkan atau mematikan mesin, cukup menekan tombol pada dashboard.

 

Pelapis Kulit pada Lingkar Kemudi – Lingkar setir KIA Rio Platinum sudah dilapisi kulit sehingga terasa nyaman di tangan pengemudi. Kelebihan ini juga ada pada tipe standar bertransmisi otomatis.

 

Steering Audio & MID Control – Kontrol audio dan MID sudah tersemat di palang setir, sehingga lebih memudahkan pengemudi mengganti lagu atau memindahkan channel radio atau mengubah tampilan MID tanpa harus melepaskan tangan dari lingkar kemudi. Keberadaan tombol-tombol tersebut juga membuat tampilan setir terasa lebih meah.

 

List Chrom Sekeliling Exhaust AC – Untuk menambah kesan mewah, sekeliling exhaust AC diberi hiasan list chrom tipis. Hiasan yang simple tapi cukup signifikan menambah kesan mewah.

 

Harga Lebih Mahal – KIA All New Rio Platinum dijual lebih mahal dibanding tipe di bawahnya, yaitu seharga 252.050.000 Rupiah untuk OTR wilayah DKI Jakarta. Harga ini cukup mahal untuk hatchback Korea di Indonesia, tapi cukup bersaing jika dibanding hatchback Jepang.

 

Hal-hal yang masih sama dengan KIA Rio tipe Standar adalah fitur-fitur penting dan cukup layak untuk bersaing dengan hatchback Jepang yang laris, yaitu antara lain:
– Teknologi rem ABS+EBD
– Kapasitas Mesin yang 1400cc dan tenaga 105 PS dan Torsi 135 Nm.
– Audio Head Unit dengan konektivitas Bluetooth dan USB
– Dimensi dan Kelegaan Kabin yang tidak ada perbedaan sama sekali.

 

 

Demikianlah perbedaan atau komparasi antara KIA All New Rio Platinum sebagai tipe termewah dibanding tipe standar. Tambahan lebih kepada hiasan estetika dan kemewahan seperti lampu, velg dan start-stop button, namun juga mencakup tambahan fitur keselamatan seperti airbags.

 

Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang ingin membeli KIA All New Rio, baik baru maupun second. Jika sobat pembaca ada informasi tambahan, silahkan disampaikan melalui kolom komentar artikel ini.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *