Perbandingan New Agya vs Brio Satya 2017, Pilih Mana?

CaruserMagz.com – Calon pembeli mobil di segmen LCGC kini punya makin banyak pilihan, apalagi dengan telah diluncurkannya versi facelift hatchback LCGC dari berbagai merek. Namun dari sekian banyak pilihan, yang paling laris adalah jagoan Toyota dan Honda, yaitu New Agya dan Honda Brio Satya.

 

Kami mendapat banyak pertanyaan, bagus mana antara Toyota New Agya facelift 2017 vs Honda Brio Satya. Yang mana lebih baik dijadikan pilihan di antara kedua hatchback LCGC tersebut dari segi harga, fitur, tampilan eksterior dan interior serta build quality-nya. Pada akhirnya pertanyaan mendasar adalah manakah mobil yang paling tinggi Value-for-Money-nya.

 

Yang akan kami bandingkan dalam artikel ini adalah Toyota New Agya 2017 bermesin 1200cc dan Honda Brio Satya. Karena dari segi harga, kedua mobil tersebut punya harga yang tidak jauh berbeda. Sehingga calon pembeli tinggal membandingkan hal-hal lain selain harga, seperti fitur dan value for money. Berikut komparasi detail dari kedua mobil LCGC tersebut:

 

Harga

 

Pada tipe standar, Brio Satya S lebih murah 3,1 Juta rupiah dari Agya 1.2 G MT. Sedangkan pada tipe menengah, Brio Satya E MT lebih murah 2,4 Juta Rupiah dari Agya TRD MT. Pada tipe termahal dari kedua LCGC ini, selisihnya sangat tipis, yaitu Agya TRD AT hanya lebih mahal 400 ribu saja.

 

Toyota Agya TRD AT sebagai tipe tertinggi relatif harganya sama dengan Honda Brio Satya E-CVT. Artinya dalam hal harga, kedua mobil ini tinggal bersaing dengan diskon dan strategi marketing. Dari daftar harga di atas, dapat kita simpulkan bahwa Honda Brio Satya relatif unggul dalam persaingan harga.

Berikut perbandingan harga Honda Brio Satya vs Toyota New Agya 1.2, on the road untuk wilayah DKI Jakarta.

Honda Brio
Harga (Ratus Juta)
Toyota Agya
Harga (Ratus Juta)
Satya S MT
131.6
Agya 1.2 G-MT
134.6
Agya 1.2 G-AT
147.6
Satya E MT
136.5
Agya TRD MT
138.8
Satya E CVT
151.5
Agya TRD-AT
151.9

 

Spesifikasi

 

Perbandingan spesifikasi yang kami maksud disini adalah berkenaan dengan dimensi dan ukuran kelengkapan standar. Berikut tabel komparasi speifikasi Agya vs Brio 2017:

 

Spesifikasi
Unit
Honda Brio Sayta
Toyota Agya 1.2
Panjang
mm
3.640
3.660
Lebar
mm
1.680
1.600
Tinggi
mm
1.485
1.520
Ground Clearance
mm
145
180
Wheel Base
mm
2.435
2.455
Radius Putar
m
4,5
4,5
Berat Kotor
kg
MT: 930
AT: 960
No Data
Kapasitas Bagasi
liter
++
Ukuran Ban
175/65-R14
175/65-R14
Tanki bbm
liter
35
33

 

Dari perbandingan dimensi dan spesifikasi di atas dapat kita ketahui hal-hal sebagai berikut:
Agya punya ruang kaki lebih lapang dari Brio Satya, karena panjang keseluruhan dan jarak antar poros roda lebih besar.
Brio Satya punya ruang bahu yang lebih lega, karena lebih lebar 8 cm dibanding Agya.
Agya punya ruang kepala lebih lega, karena body-nya lebih tinggi 3,5 cm dibanding Brio.
Brio punya jarak tempuh lebih jauh, karena kapasitas tanki yang lebih besar 2 liter dibanding Agya, apalagi dikabarkan Brio lebih hemat dalam hal konsumsi bbm.
Agya punya daya jelajah yang lebih baik, berkat ground clearance yang lebih tinggi 3,5 cm.

 

Kami belum menemukan data berat kosong Toyota Agya 1.2 ini sehingga belum bisa membandingkan bobotnya, hal ini nantinya terkait power to weight ratio yang mempengaruhi performa mesin. Begitupun ukuran luas bagasi, cukup sulit mencari datanya, namun jelas kita ketahui bahwa Toyota Agya punya luas bagasi yang lebih memadai dan Brio Satya adalah small hatcback dengan bagasi tersempit di kelasnya.

 

Secara keseluruhan, dalam hal dimensi Toyota Agya unggul dari Brio Satya, khususnya terkait kelegaan kabin, kapasitas bagasi dan daya jelajah.

 

Desain dan Kelengkapan Eksterior

 

Mengenai desain tentu ini terkait selera, setiap orang punya penilaian berbeda. Kami hanya mengungkapkan pendapat pribadi dalam menilai desain eksterior kedua LCGC ini. Setiap orang boleh dan sah-sah saja punya pendapat berbeda.

Menurut kami, kedua mobil ini lumayan cantik untuk ukuran mobil mainstream saat ini. Perbaikan penampilan pada Toyota Agya lumayan mengurangi aroma mobil murah pada versi sebelumnya. Namun pada bagian depan, kami lebih suka bentuk wajah Honda Brio Satya, karena terlihat lebih solid dan tidak beraroma LCGC. sedangkan wajah Agya masih ada nuansa mobil murah dan sudut-sudut pada headlamp itu membuatnya terasa kurang elegan.

 

Sedangkan pada bagian belakang, sebenarnya kami tidak menyukai bokong kedua mobil mungil ini, karena sama-sama berkesan murah. Namun jika harus memilih kami lebih suka desain belakang Toyota Agya, karena terlihat lebih wajar. Sedangkan bokong Brio nampak aneh dan tentunya desain yang rata itu menyebabkan ruang bagasi jadi sempit. Seandainya bokong Brio disamakan dengan Mobilio, mungkin itu lebih bagus.

 

Terlepas dari pendapat masing-masing orang, berikut perbandingan kelengkapan eksterior Brio Satya E-CVT vs New Agya TRD-AT ini:

 

Fitur/Aksesoris
Honda Brio
Toyota Agya
Head Lamp
Halogen
Projector
LED+DRL
tidak ada
ada
Fog Lamp
ada
ada
Velg (Wheel)
single tone alloy 14′
dual tone alloy 14′
Lampu Sein Spion
tidak ada
ada

 

Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa Toyota Agya punya kelebihan dalam hal pernak-pernik eksterior dibanding Honda Brio Satya. Hal itu cukup wajar, karena Brio Satya bukan merupakan kasta tertinggi dari Brio, sedangkan Agya TRD adalah varian tertinggi.

 

Desain dan Kelengkapan Interior

 

Sama dengan interior, ini juga terkait selera masing-masing orang. Kami pribadi lebih suka desain dashboard Honda Brio Satya karena terlihat lebih dinamis dan modern. Sedangkan interior Agya 2017 ini tidak banyak berbeda dari versi sebelumnya, masih memberi kesan mobil murah.

 

Dashboard Honda Brio Satya terlihat lebih modern dibanding New Agya 2017

 

Sedangkan bentuk kursinya, menurut kami kedua mobil ini tidak menyenangkan pandangan mata. Namun New Agya punya kelebihan di kabin kedua dengan 3 head rest untuk kursi belakang, dimana Honda Brio semua kursinya hanya dilengkapi headrest yang menyatu dengan kursi.

Kelebihan Agya lainnya adalah pada kehadiran cup holder di doortrim pintu baris kedua, sedangkan Brio tidak punya.

 

Build Quality

 

Mengenai kualitas bahan dan kerapian pemasangan, menurut kami kedua mobil ini hampir imbang. Keduanya adalah mobil LCGC yang diturunkan kualitas bahannya untuk mengejar harga jual yang kompetitif.

 

Nuansa plastik keras yang berkesan murah cukup kental di kabin Brio Satya dan New Agya ini. Honda Brio cukup terangkat dengan desain dashboard yang nampak modern. Sedangkan Agya 2017 cukup membaik dengan adanya bahan fabric di doortrim dan warna black piano pada beberapa sisi dashboard.

 

Mesin dan Performa

 

Mengenai dapurpacu, kedua LCGC ini punya kapasitas mesin, tenaga dan torsi yang bisa dibilang relatif sama. Berikut perbandingan spesifikasi mesin dan performa Brio vs Agya:

 

Mesin
Honda Brio
Toyota Agya
Kode Mesin
SOHC i-VTEC+DBW
3NR-VE dual VVTi
Jumlah Silinder
4
4
Volume
1.198 cc
1.197 cc
Tenaga Max
89 PS
87 PS
Torsi Max
110 Nm
108 Nm
Kompresi
10,2:1
10:1
Kapasitas Tanki
35 L
33 L
Konsumsi bbm
20 km/liter
20 km/liter

 

Komparasi di atas menunjukkan bahwa Brio lebih bertenaga 2 PS dari Agya 1.2, namun perbedaannya tidak begitu signifikan. Begitupun dengan torsi, Brio lebih unggu 2 Nm. Hal tersebut wajar, karena kubikasi mesin Brio juga lebih besar 1 cc.

 

Dalam hal konsumsi bbm, kedua mobil ini tergolong sangat irit. Bahkan sempat heboh dalam perlombaan berkendara hemat bbm, konsumsi bbm Brio ternyata bisa mencapai 28 km/liter. Sedangkan Toyota Agya belum ada pengujian komprehensif, namun diklaim cukup hemat hingga 21 km/liter.

 

Fitur Keselamatan

 

Mengenai fitur keselamatan, keduanya menetapkan standar yang sudah cukup baik untuk ukuran mobil murah. Peningkatan fitur pada Agya generasi kedua ini lumayan mengimbangi fitur keselamatan pada Brio Satya. Berikut perbandingannya:

 

Fitur Keselamatan
Honda Brio
Toyota Agya
Air Bags
2 Depan
2 depan
Seat Belt
Depan: 2
Belakang: 2
Depan: 2
Belakang: 3
Head Rest
4 Non adjustable
Depan: non-adjustable
Belakang: 3 adjustable
Side Impact Beam
ada
ada
Teknologi Rem
ABS+EBD
hanya ABS
Sensor Parkir
belakang
belakang
Teknologi Sasis
G-CON+ACE
Structure Reinforcement
Child Safety Lock
ada
ada

 

Dari table di atas, terlihat bahwa Honda Brio dalam teknologi rem berkat fitur ABS yang dilengkapi EBD, sedangkan Agya 2017 punya keunggulan dalam hal headrest yang lengkap pada kabin baris kedua, yaitu 3 headrest yang ketinggiannya dapat disesuaikan dengan postur tubuh penumpang. Sedangkan Honda Brio Satya hanya memiliki 2 headrest, itu pun sangat pendek dan menyatu dengan sandaran kursi. Untuk fitur-fitur keselamatan standar, kedua mobil ini dapat dikatakan imbang.

 

Fitur Infotainment

 

Bagaimana dengan fitur hiburan? mari kita bandingkan varian tertinggi dari kedua LCGC ini. Berikut detail perbandingan fitur infotainmentnya:

 

Fitur Infotainment
Honda Brio
Toyota Agya
Head Unit
2DIN
2DIN
Konektifitas
USB, AUX
USB, AUX, Bluetooth
Steering Switch
ada
ada
Speaker
4
4
Player
Radio, CD, MP3
Radio, CD, MP3

 

Dari tabel di atas, terlihat bahwa kedua mobil ini relatif sama dalam hal fitur hiburan. Keduanya belum dibekali head unit layar sentuh seperti Brio RS atau Daihatsu Ayla R-Deluxe. Namun Toyota Agya punya kelebihan konektifitas bluetooth, sehingga HU bisa dihubungkan dengan smartphone atau tab dan memainkan playlist musik dari gadget. Keduanya juga sudah dilengkapi audio steering switch sehingga lebih praktis bagi pengemudi.

 

Fitur Lain-lain

 

Beberapa fitur penting juga sudah disematkan pada kedua LCGC ini, seperti keyless entry+alarm dan immobilizer, namun Brio punya kelebihan dengan wave-key. Fitur display instrument juga sudah ada, seperti MID yang dilengkapi odometer digital, indikator eco-driving, konsumsi bbm dan perjalanan yang masih bisa ditempuh dengan bbm yang tersisa.

 

Kenyamanan

 

Mengenai kenyamanan, sebenarnya kedua mobil ini bukan tergolong mobil yang benar-benar nyaman. Karena body mungil, suspensi keras dan peredaman suara yang kurang baik. Namun jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, sudah banyak peningkatan. Itu semua adalah wajar untuk kelas LCGC.

 

Toyota Agya 2017 punya ruang kabin yang lebih lega, tentu penumpang belakang akan merasa lebih nyaman, karena ruang kaki yang lega. Kursi semi-bucket pada Agya baru juga memberi kenyamanan pada pengemudi dan penumpang depan, dikatakan juga bahwa kursi Agya 2017 lebih tebal dari versi lama.

 

Sedangkan Honda Brio Satya masih dengan kursi yang relatif tipis untuk memberi ruang yang lega, demi mensiasati dimensinya yang pendek. Namun tetap saja tidak banyak membantu, karena ruang kaki dan kepala pada kabin belakang masih terasa sesak. Suspensi yang kaku juga menjadikan Brio tidak lebih nyaman dibanding Agya.

 

Kepraktisan

 

Dalam hal ketersediaan ruang penyimpanan, tak dapat dipungkiri Toyota Agya unggul. Misalnya cup-holder yang lebih banyak hingga ada di doortrim pintu belakang, kapasitas bagasi yang lebih luas dan glove box yang lebih besar. Sedangkan Honda Brio Satya akomodasi bagi penumpang tidak dimaksimalkan, khususnya kabin belakang yang tidak ada cup holder. Bagasi Brio adalah yang terkecil di kelas small hatchback.
 

Pengendalian

 

Pengendalian merupakan nilai jual Honda Brio, sehingga menjadi kelebihan Brio, tidak hanya dibanding Agya, tapi juga yang terbaik di kelas small hatchback. Hal tersebut dimungkinkan oleh ground clearance yang rendah, suspensi yang cukup kaku dan desain aerodinamis yang baik.

Sedangkan Toyota Agya adalah mobil yang lebih diperuntukan untuk fungsionalitas ketimbang performa. Jadi untuk kebutuhan tersebut, pengendaliannya sudah mencukupi. Agya terasa limbung karena bobotnya yang ringan dipadu dengan ground clearance yang cukup tinggi untuk ukuran mobil mungil.

 

Harga Spare Part dan Service

 

Tak dapat dipungkiri, pemilik mobil-mobil toyota dibuat nyaman dengan ketersediaan spare part yang lebih luas dan harganya lebih bersahabat dengan dompet. Begitupun biaya service dan harga aksesoris, jauh lebih terjangkau dibanding Honda yang terkenal mahal. Selain itu, spare part dan aksesoris Toyota banyak dikembangkan pihak ketiga sehingga konsumen punya banyak pilihan.

 

KESIMPULAN

 

Dari ulasan panjang di atas, dapat kita simpulkan keunggulan dan kelemahan kedua mobil LCGC ini adalah sebagai berikut:

Keunggulan

Honda Brio Satya: Tenaga, Pengendalian, Styling, Rem ABS+EBD.
Toyota Agya 1.2: Kelegaan kabin, fitur infotainment, kursi lebih tebal dan nyaman, headlamp projector+LED, harga spare part dan service lebih murah.

Kelemahan

Honda Brio Satya: Kabin tersempit di kelasnya, kursi tipis, kualitas interior rendah, bagasi sempit, harga spare part dan biaya service mahal.
Toyota Agya 1.2: pengendalian limbung, kualitas interior rendah, desain interior kurang menarik.

 

Demikianlah perbandingan antara Toyota New Agya 2017 vs Honda Brio Satya facelift 2016. Semoga ulasan kami di atas berguna bagi sobat yang sedang memilih-milih yang mana dari kedua mobil tersebut yang akan dibeli. Jika sobat punya pertanyaan atau pendapat berbeda, silahkan disampaikan pada kolom komentar. Semoga mendapat mobil terbaik sesuai kebutuhan, selera dan anggaran yang tersedia.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

4 thoughts on “Perbandingan New Agya vs Brio Satya 2017, Pilih Mana?

  • August 14, 2017 at 2:22 am
    Permalink

    Wow! Kalo pendapat gua sih..
    Yg beli brio tu lbh ngejar gengsi ktmbg fungsi..
    Mobil mungil & sempit gtu..mana enak dipake santai..menang brand doang..
    Agya I'm coming..

    Reply
  • August 14, 2017 at 2:24 am
    Permalink

    ya mas Yakin, semua tergantung preferensi masing-masing. Dan brand image memang berperan besar bagi konsumen menentukan pilihan. kalo bicara kualitas dan kenyamanan, mobil KIA dan Hyundai itu luar biasa, tapi tetap kurang digemari karena image mobil korea belum baik di Indonesia.

    Reply
  • August 25, 2017 at 9:15 pm
    Permalink

    Mas saya minta pendapatnya dong. Saya lagi bingung ingin membeli Brio E Satya CVT atau Mirrage GLS AT. Saya sempat ke dealer dan mencoba dua2nya (tidak test drive), saat mencoba Mirrage lumayan enak, seperti naik mobil tinggi (sekelas avansa) masih bisa liat ke tanah di depan mobil. Tapi saat coba Brio kok serasa pendek ya saya (tinggi padahal 170cm). Saya hanya bisa lihat dashboard depan brio… 🙂

    Ada pendapatnya mas atau saran. Terima Kasih.

    Reply
  • August 26, 2017 at 11:08 pm
    Permalink

    Tergantung preferensinya mas/mbak. Untuk masalah driving position, memang Mirage lebih baik, karena punya fitur heigh adjuster untuk kursi pengemudi, sehingga bisa disesuaikan dgn postur tubuh pengemudi.
    Untuk fitur Mirage unggul segalanya dari brio, juga untuk urusan kelegaan kabin. Kekurangan Mirage ada pada sandaran kursi belakang yg terlalu tegak, getaran mesin yg kasar karena 3-silinder dan pengendalian yg agak limbung.
    Brio punya kelebihan pada pengendalian, mesin yang halus karena 4-silinder.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *