Perbandingan Lengkap Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza, Komparasi Spesifikasi dan Fitur

 

CaruserMagz.com – Mitsubishi menggebrak pasar otomotif tanah air dengan menghadirkan low MPV baru bernama Xpander. Tak pelak, mobil ini disebut-sebut akan membunuh Toyota Avanza yang merupakan raja di segmen Low MPV. Apakah Xpander bisa merebut gelar MPV terlaris dari Avanza? Jawabannya tentu waktu yang bisa menjawabnya.

 

Konsumenlah yang pada akhirnya menentukan, mana MPV yang lebih mereka sukai. Untuk itu, tentu konsumen akan membandingkan kedua mobil ini dari semua hal.

 

Kami ingin berkontribusi membantu calon pembeli MPV dalam membandingkan Xpander vs Avanza dari segi spesifikasi, fitur, harga, mesin, varian, kepraktisan, kenyamanan dan lain sebagainya yang bisa kami sajikan. Berikut komparasi Mitsubishi Xpander vs Toyota Grand New Avanza:

 
 

Harga dan Varian

 
Toyota menyediakan lebih banyak pilihan varian Avanza, baik dari segi kapasitas mesin maupun transmisinya. Sedangkan Mitsubishi membatasi varian transmisi dan hanya punya satu pilihan mesin. Tabel berikut menggambarkan perbandingan varian dan harga kedua MPV ini:
 

Perbandingan Harga dan Varian Xpander vs Avanza

 

Tabel di atas menggambarkan pada kita bahwa Mitsubishi Xpander lebih mahal pada level yang sama, namun itu wajar-wajar saja karena spesifikasi mesin Xpander yang lebih besar dan fitur yang lebih banyak.
 
Perbandingan yang lebih sepadan dari sisi kapasitas mesin dan harga adalah sebagai berikut:
Xpander Ultimate vs Veloz 1.5 AT:  Xpander lebih mahal 8,85 juta
Xpander Sport vs Veloz 1.5 AT: Xpander lebih mahal 650 ribu
Xpander Exceed AT vs Veloz 1.5 AT: Avanza lebih mahal 11,55 juta
Xpander Exceed AT vs Avanza 1.3 AT: Xpander lebih mahal 5,95 juta
Xpander Exceed MT vs Avanza G 1.5 MT: Avanza lebih mahal 6,05 juta
Xpander Exceed MT vs Avanza G 1.3 MT: Xpander lebih mahal 6,25 juta
Xpander GLS vs Avanza G 1.5 MT: Avanza lebih mahal 12,05 juta
Xpander GLS vs Avanza G 1.3 MT: Xpander lebih mahal 250 ribu
Xpander GLX vs Avanza E 1.3 MT: Avanza lebih mahal 1,15 juta
 
Avanza unggul dalam hal pilihan varian dan rentang harga yang lebih luas. Hampir semua tipe ada pilihan transmisi manual dan matic, sedangkan Xpander hanya tipe Exceed yang punya dua pilihan transmisi.

 

Desain Eksterior

 

Membandingkan desain Grand New Avanza vs Mitsubishi Xpander sebenarnya kurang apel-to-apel. Karena dapat dikatakan kedua mobil ini cukup berbeda zaman. Lain halnya jika nanti Avanza generasi selanjutnya dirilis, mungkin akan lebih sepadan.
 
Terkait desain memang tergantung selera masing-masing orang, namun kami kira akan banyak orang yang setuju bahwa Mitsubishi Xpander jauh lebih menarik dari Grand New Avanza dari semua sisi eksteriornya.
 
Xpander unggul dengan tampilan sporty ala SUV sedangkan Avanza memberi nuansa low MPV yang sederhana. Banyak orang yang bilang, tidak hanya Avanza, tapi hampir semua mobil Toyota itu desainnya terlalu biasa bahkan membosankan.

 
 

Desain Interior

 
Membandingkan desain interior kedua MPV ini juga seperti membedakan mobil dari kelas yang berbeda, karena interior Xpander setingkat di atas Avanza. Mungkin interior Suzuki Ertiga lebih sepadan untuk dibandingkan dengan Xpander.
 
Interior Xpander bahkan bernuansa new Innova, terlihat dari model head unit yang seperti bersambung ke konsol tengah, desain dashboard yang seperti berundak dan kelegaan kabin baris kedua.
 
Mungkin interior Avanza generasi baru akan lebih sepadan untuk dibandingkan dengan Xpander. Karena tentunya Toyota akan melakukan inovasi untuk tetap merajai segmen low MPV di Indonesia.
 
 

Perbandingan Spesifikasi

 

Spesifikasi yang kami maksud disini adalah terkait dimensi yang berpengaruh pada kelegaan kabin, dan daya jelajah mobil. Berikut perbandingan dimensi Xpander vs Avanza:

 

Perbandingan Spesifikasi Avanza vs Xpander

 

Dari tabel di atas dapat kita detailkan sebagai berikut:
Dimensi Xpander lebih panjang 28,5 cm, lebih lebar 9 cm dan lebih tinggi 0,5 cm dibanding Avanza. Dimensi ini akan berpengaruh pada ukuran ruang kabin.
 
Kelegaan Kabin Xpander lebih lapang dari Avanza, berkat ruang kabin yang lebih luas dan wheelbase yang lebih panjang, khususnya pada ruang kaki dan ruang bahu.
 
Radius Putar Avanza yang 4,7 meter, lebih kecil dari Xpander yang 5,2 meter, karena wheelbase yang juga lebih pendek. Artinya Avanza lebih mudah bermanuver saat harus berbalik arah misalnya di U-turn.
 
Ground clearance Xpander yang lebih tinggi pada tipe tertinggi memberi daya jelajah lebih baik dari Avanza, apalagi Xpander tidak mempunyai benjolan gardan di antara roda belakang, sehingga tidak perlu khawtir saat melalui jalan bergelombang.
 
Ukuran ban Xpander tipe Ultimate dan Sport lebih lebar dengan ukuran velg yang lebih besar dari Avanza. Ban yang lebih lebar memberi grip yang lebih baik ke jalan, sehingga lebih baik dalam pengendalian. Sedangkan ukuran velg yang lebih besar memberi tampilan eksterior yang terlihat lebih bagus.

 
 

Perbandingan Mesin

 

Perbandingan spesifikasi mesin Xpander vs Avanza dapat dideskripsikan dalam tabel berikut:

 

Komparasi mesin, tenaga, torsi Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander

 

Dari table di atas dapat kita ketahui bahwa Avanza 1.5G dan Xpander punya tenaga yang sama, dan Avanza 1.3 punya tenaga lebih kecil karena kapasitas mesin yang hanya 1300cc. Namun Avanza punya keunggulan dalam hal rasio Power to Weight, karena bobotnya yang lebih ringan.

 

Dalam hal torsi, Xpander unggul 5 Nm (141 Nm) dari Avanza 1.5G (136 Nm). Itu artinya Xpander akan terasa lebih kuat di putaran bawah dari Avanza. Hal ini juga bisa berarti Xpander punya tenaga yang cukup untuk melahap tanjakan, meski badannya lebih bongsor dari Avanza.

 

Dalam hal transmisi, kedua mobil ini dapat dikatakan seimbang karena sama-sama menggunakan transmisi manual 5-percepatan dan matic konvensional 4-percepatan. Namun Xpander sedikit unggul karena transmisi matic-nya terasa lebih halus saat perpindahan gigi.

 

 
 

Roda Penggerak

 

Mitsubishi Xpander berpenggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD), sedangkan Toyota Avanza roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD).

 

RWD dipercaya lebih tangguh untuk melahap jalan yang banyak tanjakan, karena fokus tenaga berada di belakang beban, jadi Avanza mengandalkan daya dorong. Sedangkan Xpander mengandalkan daya tarik.

 

Kelebihan Xpander dengan FWD-nya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih efisien karena penyaluran tenaga tidak banyak terbuang seperti pada Avanza yang harus mentransfer tenaga dari mesin ke komponen RWD baru menggerakkan roda.

 

Grip ban depan mobil FWD ke jalan juga menjadi andalan, sehingga risiko understeer pada Xpander lebih kecil dari Avanza.

 

RWD dikatakan lebih bertenaga itu mungkin benar jika torsi dan tenaga yang disediakan mesin tidak mencukupi. Namun seperti kita ketahui beberapa SUV juga menggunakan penggerak roda depan, seperti Honda CR-V, Hyundai Santa-Fe, KIA Sorento, Mazda CX-5 dan lain sebagainya, dan tidak pernah menjadi masalah dalam hal kemampuannya melewati jalan di area pegunungan.

 

RWD memang punya daya angkat yang lebih baik dari FWD dengan kuantitas tenaga yang sama. Namun yang menentukan kemampuan mobil menanjak adalah torsi, yaitu kemampuan mengangkat beban. Mitsubishi tentu sudah menghitung dengan akurat, berapa torsi yang diperlukan untuk mengangkut beban maksimum Xpander.  Hal itu terlihat dari torsinya yang lumayan besar, yaitu 141 Nm.

 

Namun mindset mengenai RWD lebih tangguh tersebut akan tetap berpengaruh pada penjualan mobil MPV di Indonesia, hal itu terbukti dari kompetitor Avanza sebelumnya seperti Mobilio dan Ertiga yang hanya bisa berkutat di segmen mobil pribadi dan tidak banyak bicara di segmen konsumen dengan pembelian masal, meskipun sudah ditaburi fitur yang lebih banyak.

 
 

Pengendalian

 

Dalam hal pengendalian, dari dulu Mitsubishi sebenarnya lebih baik dari Toyota. Hal itu terasa jika sobat pernah membandingkan impresi berkendara Mitsubishi Kuda dan Toyota Kijang Kapsul. Mobil-mobil Mitsubishi terasa lebih stabil dan tenaganya lebih soft di putaran bawah.

 

Begitu juga impresi pengendalian Avanza vs Xpander, engineer Mitsubishi berhasil mengoptimalkan kestabilan Xpander walau mobil ini punya dimensi yang tinggi. Efek limbung Xpander terasa jauh lebih kecil dari Avanza.

 

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh roda penggerak depan pada Xpander, yang membuat mobil terasa lebih mantap saat bermanuver. Sedangkan Avanza dengan RWD-nya terasa lebih limbung karena saat dipacu, tentu grib roda depan jadi tidak sebaik Xpander sehingga sering terasa efek understeer.

 

Tak dapat dipungkiri pengendalian Xpander jauh lebih baik dari Avanza, belum lagi pada tipe Sport dan Ultimate sudah dilengkapi fitur Stability Control yang membuatnya makin stabil di tikungan. Baca artikel kami sebelumnya: Impresi Mengendarai Mitsubishi Xpander

 
 

Perbandingan Fitur

 

Fitur adalah faktor penting bagi konsumen dalam menentukan mobil mana yang akan dipilih, dan ini sudah difikirkan oleh semua saingan Avanza sebelumnya, seperti Ertiga dan Mobilio yang hadir dengan fitur jauh lebih lengkap dibanding Avanza. Namun begitu, Avanza tetap tak terkalahkan dari segi penjualan.

 

Begitupun Mitsubishi, menyematkan fitur berlimpah pada Xpander untuk jauh mengungguli Avanza dan rival lainnya. berikut perbandingan fitur Avanza vs Xpander:

 

Fitur Safety / Keselamatan
Perbandingan Fitur Keselamatan Xpander vs Avanza

 

Dari table di atas, terlihat jelas bahwa Mitsubishi Xpander unggul dalam hal fitur. Misalnya adalahnya fitur rem ABS+EBD pada semua tipe, ABS+EBD+BA dan HSA pada tipe Ultimate dan Sport. Sementara Toyota Avanza hanya dilengkapi fitur rem ABS saja, tanpa fitur rem lainnya.

 

Keunggulan Xpander lainnya adalah kehadiran fitur Vehicle Stability Asist Control (VSA) yang tidak dimiliki Avanza pada semua tipe. Hal ini berpengaruh pada impresi berkendara Xpander yang lebih fun-to-drive.

 

Fitur Interior dan Hiburan

 

Perbandingan Fitur Xpander vs Avanza - Interior

 

Fitur hiburan Xpander juga punya kelebihan pada tipe tertinggi, yaitu adanya Bluetooth telephony steering switch, yang membuat pengemudi bisa mengobrol via telpon menggunaka system audio mobilnya.
 
Xpander juga punya kelebihan pada baris ke dua yang dilengkapi armrest tengah, sehingga terasa lebih mewah sekaligus memberi kenyamanan lebih pada penumpang bari kedua.
 
Hal yang signifikan menjadi keunggulan Xpander adalah Keyless Operational System yang berupa tombol start-stop, sehingga Xpander terasa lebih mewah dan lebih modern dari Avanza. Tampilan MID Xpander juga terlihat lebih mewah dengan layar yang sudah menampilkan display berwarna, sedangkan Avanza masih menggunakan layar monocrom, hingga pada varian tertingginya.
 
Kelebihan Avanza dalam hal fitur interior adalah sudah adanya AC double blower pada tipe terendah, sedangkan Xpander tipe GLX tidak punya.

 
 

Kenyamanan

 

Dalam hal kenyamanan, Mitsubihi Xpander kembali unggul dari Avanza, karena Xpander memang dibangun untuk kenyamanan, baik dari kualitas dan desain interiornya, maupun dari suspensi, pengendalian dan kelegaan kabinnya.

 

Tentunya para enginner Mitsubishi merancang Xpander berdasarkan hasil penelitian  yang dilakukan bertahun-tahun, untuk membuat low MPV yang lebih baik dari Avanza, sang raja MPV. Karena untuk bersaing, tentu harus menghadirkan differensiasi yang signifikan.

 

Sehingga wajar jika Xpander unggul segalanya dalam hal kenyamanan. Hal-hal yang membuat Xpander lebih nyaman antara lain: kabin yang lebih lega, kursi yang lebih empuk dan ergonomis, kepraktisan yang berlimpah, power  port di semua baris kabin, armrest di baris kedua, suspensi yang lebih empuk, pengendalian dan kestabilan yang lebih baik.

 
 

Kepraktisan

 

Kepraktisan adalah ketersediaan ruang penyimpanan seperti cup holder (tempat minuman), glove box dan ruang penyimpanan lainnya. Berikut perbandingan lengkapnya:

 

 
 

Pilihan Warna

 

Pilihan warna Toyota Avanza lebih banyak dari Xpander. Ada 8 pilihan warna Avanza, sedangkan Xpander hanya ada 5. Berikut detailnya:

 

Warna Toyota Avanza:
Beige Metallic – kuning muda
Dark Brown Mica Metallic – coklat tua
Dark Red Mica Metallic – merah gelap
Grey Metallic – Abu-abu metalik
Silver Metallic – perak
Nebula Blue – biru
Black Metallic – hitam
White – putih.

 

Warna Mitsubishi Xpander:
Red Metallic – Merah
Diamond Black Mica – Hitam
Titanium Grey Metallic – Abu-abu Silver
Sterling Silver Metallic – Perak
Quartz White Pearl

 

Perbedaannya adalah warna Xpander dibedakan berdasarkan varian, dimana warna merah dan titanium hanya ada pada tipe tertinggi, yaitu Sport dan Ultimate. Selain itu, untuk warna putih, pembeli harus membayar lebih sebesar 1,5 juta.

 
 

Jaringan Service dan Purna Jual

 

Keunggulan Avanza ada pada luasnya jaringan dealer dan service Toyota yang tersebar hingga ke pelosok kota kabupaten, sehingga membuat konsumen merasa terjamin akan ketersediaan spare part atau suku cadang yang mudah dan murah.

 

Sedangkan Mitsubishi masih harus banyak berinvestasi untuk memperluas jaringan purna jualnya. Tentu hal itu sudah ada dalam peta bisnis PT MMKSI, hal itu sempat terungkap dalam pengenalan Xpander, misalnya Mitsubishi telah merencanakan menambah 9 dealer dan bengkel resmi di Surabaya.

 
 

Pelayanan Purna Jual

 

Dalam hal pelayanan purna jual, Mitsubishi menjanjikan bahwa pemilik Xpander hanya butuh membeli bensin saja untuk operasional Xpander selama 3 tahun. Semua biaya service, spare part rutin dan cairan chemical rutin disediakan gratis oleh Mitsubishi. Program ini diklaim akan menghemat budget pemilik Xpander hingga 25%. Hal ini sudah terbukti dengan apa yang dilakukan Mitsubishi pada pemilik Pajero Sport, jadi tidak perlu diragukan lagi.

 

Sedangkan Toyota Avanza, hanya dibebaskan dari biasa jasa service selama 3 tahun, sedangkan spare part maupun kebutuhan rutin lainnya seperti oli mesin, tetap harus dibayar oleh pemilik Avanza. Jadi untuk pelayanan purna jual, Mitsubishi tetap unggul.

 
 

KESIMPULAN

 

Dari pemaparan panjang di atas, dapat kami simpulkan hasil komparasi ini dalam tabel berikut:

 

Dari tabel tersebut dapat kita simpulkan bahwa Mitsubishi Xpander mengungguli Toyota Grand New Avanza dalam banyak hal.

 

Demikian perbandingan ini kami sajikan bagi sobat yang ingin mengetahui apa saja perbedaan atau komparasi detail mengenai Xpander dan Avanza. Jika ada poin-poin yang sobat kurang setuju, punya pendapat atau informasi lain, silahkan disampaikan di kolom komentar.

 

Perlu kami informasikan, bahwa kami tidak tidak dibayar atau terafiliasi dengan salah satu brand dari kedua mobil tersebut untuk membuat perbandingan ini. Jika ditanya mana dari kedua mobil ini yang akan kami beli, maka jawabannya adalah tidak keduanya, karena bukan mobil pavorit kami. Tapi jika diberi hadiah salah satunya, ya tentu harus diterima.. hahaha..

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

3 thoughts on “Perbandingan Lengkap Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza, Komparasi Spesifikasi dan Fitur

  • November 12, 2017 at 5:00 pm
    Permalink

    Penjabaran yang bagus dan objektif menurut saya. Terima kasih atas artikelnya 🙂
    salam otomotif!

    Reply
  • November 13, 2017 at 4:38 am
    Permalink

    Clear, dan rasional.
    Mitsubishi raja kendaraan niaga, bertenaga, dan handal, skrg punya produk mpv. Telat dibandingkan produk yg sudah banyak beredar, mungkin spare part yg tersedia di bengkel masih terbatas, tapi mitsubishi cukup handal sih, umur spare-nya mungkin lebih lama.
    Tapi pemain lama tetep ndak mau dominasinya terancam. Mungkin mereka juga akan ngeluarin produk baru lagi.
    Mitsubishi menjaga identitasnya sebagai mobil bertenaga dan handal, jadi riset ntuk ngeluarin produk baru cenderung lama, dibanding merk lain yg cukup getol ngeluarin banyak varian.

    Reply
  • November 25, 2017 at 9:01 am
    Permalink

    Jadi bingung pilih yang mana?
    Maunya Pajero Sport, tp duitnya cuma cukup untuk beli Avanza atau XPander hahaaa

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *