Perbandingan Lengkap KIA Rio vs Hyundai Grand Avega, Beli yang mana yah?

CaruserMagz.com – Peminat compact hatchback asal Korea Selatan punya 2 pilihan yang menarik, khususnya yang ingin membeli mobil bekas berkualitas dengan harga terjangkau. Kedua hatchback segmen B yang atraktif tersebut adalah KIA All New Rio dan Hyundai Grand Avega.

 

Jika ingin membeli hatchback ini dalam kondisi baru, dengan sedikit bersabar KIA All New Rio akan segera mendapat facelift dengan berbagai tambahan fitur, kabin yang lebih lega dan desain interior yang lebih modern. Sedangkan dari Hyundai, Grand Avega kemungkinan tidak akan dijual lagi, tetapi pilihannya menjadi Hyundai i20 yang lebih atraktif dan elegan.

 

KIA All New Rio (ANR) dan Hyundai Grand Avega yang akan kami bandingkan ini adalah keluaran produksi tahun 2012 hingga 2015. Karena selama rentang waktu tersebut, tidak banyak perubahan pada kedua compact hatchback asal negeri ginseng ini. Berikut perbandingan lengkap keduanya yang bisa kami sajikan:

 

1. Harga

 

Harga merupakan faktor yang paling dipertimbangkan peminat kedua hatchback Korea ini, karena dengan tongkrongan yang tidak kalah cantik dibanding hatchback terlaris seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, keduanya mempunyai harga yang relatif terjangkau. Jika Yaris dan Jazz baru berkisar antara 230 hingga 270 juta rupiah, maka harga Rio hanya berkisar 195-249 juta dan Grand Avega 118 – 228 juta rupiah saja.

 

Berikut perbandingan harga KIA All New Rio vs Hyundai Grand Avega baru dan bekas:

 

Harga KIA All New Rio vs Hyundai Grand Avega
Harga KIA All New Rio vs Hyundai Grand Avega – November 2016

 

Dari daftar harga di atas, terlihat bahwa KIA All New Rio relatif lebih murah dari Hyundai Grand Avega. Padahal fitur KIA Rio sedikit unggul dari Grand Avega, seperti airbag, rem ABS dan lain-lain. Sehingga KIA Rio dapat dikatakan memiliki Value for Money yang lebih tinggi.

 

Bagi peminat mobil bekas, harga second-hand mobil Korea yang jatuh memberikan angin segar tersendiri, karena dalam waktu 3 tahun saja, harganya bisa turun hingga 40%. Padahal garansi KIA dan Hyundai adalah 5 tahun, sehingga kondisi mobil pada umumnya masih sangat baik.

 

Harga yang jatuh tersebut bukan karena kualitas mobil KIA dan Hyundai tidak lebih baik dari mobil Jepang, bahkan dapat dikatakan unggul dari mobil Jepang, khususnya dalam hal kualitas bahan interior, body yang lebih tebal dan kenyamanan sekelas brand premium Eropa. Hal tersebut lebih disebabkan faktor brand image yang belum baik dan jaringan dealer serta pelayanan purna jual yang belum seluas merk Jepang.

 

Berikut list harga bekas dari Rio dan Grand Avega pada bulan November 2016:

Harga Mobil Bekas KIA Rio lebih mahal dibanding Hyundai Grand Avega – sumber: olx.co.id

 

Harga bekas KIA Rio yang lebih mahal dipengaruhi oleh populasinya yang lebih banyak dibanding Hyundai Grand Avega. Desain Rio yang disebut-sebut lebih atraktif juga menjadikan minat pembeli lebih tinggi, walau Grand Avega lebih murah.

 

2. Spesifikasi

 

Selanjutnya mari kita bandingkan spesifikasi kedua hatchback cantik ini dan bagaimana pengaruhnya pada kelegaan kabin, daya tampung dan kemampuan jelajah. Berikut komparasi detailnya:

 

Perbandingan Spesifikasi All New Rio vs Grand Avega - 2012-2016
Perbandingan Spesifikasi All New Rio vs Grand Avega – 2012-2016

 

Dari table di atas, dapat kita detailkan sebagai berikut:
– Grand Avega lebih panjang 7 cm dari KIA Rio, namun tidak berpengaruh pada ruang kaki, karena kedua mobil ini punya wheelbase yang sama persis.
– KIA Rio lebih lebar 2 cm dari Grand Avega, ruang bahu Rio lebih lapang.
– Gran Avega lebih tinggi 2 mm dari Rio, selisih yang terlalu kecil dan dapat diabaikan.
– Ground Clearance Grand Avega lebih tinggi 7 mm, sehingga daya jelajah lebih baik.
– Radius putar KIA Rio lebih kecil 10 cm, sehingga relative lebih mudah berbelok di ruang sempit.
– Kapasitas bagasi Grand Avega lebih luas 82 liter dari Rio.
– KIA Rio Platinum nampak lebih gagah dengan Velg 17 inchi multispoke.

 

3. Mesin

 

Beralih ke dapurpacu, pada dasarnya kedua mobil ini adalah saudara sepupu yang mempunyai basis mesin yang sama. Hal ini analog dengan Citycar KIA Picanto vs Hyundai i10, basis mesinnya sama persis, hanya saja Hyundai Grand Avega tipe GL diberikan mesin yang sedikit lebih kecil sejak tahun 2013, yaitu mesin bertenaga 100 Ps, lebih kecil 8 Ps dari mesin yang sama dengan KIA Rio.

 

Berikut perbandingan mesin dan performa kedua compact hatchback ini:
Komparasi Mesin dan Performa KIA Rio vs Hyundai Grand Avega
Komparasi Mesin dan Performa KIA Rio vs Hyundai Grand Avega

 

Dari segi tenaga, Grand Avega lebih besar 1 Ps dibanding Rio, tapi itu untuk Avega tipe GS. Sedangkan tipe GL yang lebih banyak laris, tenaganya kalah 7 Ps dari KIA Rio. Walau dengan mesin yang sama, KIA Rio mempunya performa yang unggul dibanding Grand Avega, dari diam ke kecepatan 100 km/jam, dapat dicapai Rio dalam 11 detik, sedangkan Grand Avega membutuhkan waktu 13,4 detik.

 

Hal tersebut mungkin sebagai akibat bobot Grand Avega yang lebih berat dan body yang lebih panjang. Bobot tersebut juga sedikit berpengaruh pada konsumsi bahan bakar walau tidak signifikan perbedaannya.

 

4. Fitur Keselamatan

 

Dengan harga yang relatif berimbang, fitur keselamatan dapat menentukan sebesar apa value for money kedua mobil ini. Berikut tabel perbandingan fitur keselamatan KIA Rio vs Hyundai Grand Avega.
Perbandingan Rio vs Grand Avega - Fitur Keselamatan

 

Dari segi fitur keselamatan terlihat KIA Rio lebih unggul, karena beberapa kelebihannya yang tidak dimiliki oleh Hyundai Grand Avega. Seperti: Single airbags dan rem ABS+EBD pada semua tipe, adanya sensor parkir. Walau dapat dikatakan tidak terlalu signifikan perbedaannya, namun KIA Rio mempunyai value for money yang lebih tinggi dalam hal fitur keselamatan.

 

5. Perbandingan Fitur

 

Fitur-fitur yang menunjang kenyamanan dan teknologi otomotif makin berkembang, sehingga dalam waktu relatif singkat, mobil yang berusia lebih muda akan banyak berbeda dengan mobil yang diproduksi 3 hingga 5 tahun sebelumnya.

 

Tabel berikut membedah apa saja perbedaan fitur KIA Rio dan Hyundai Grand Avega:
Perbandingan Fitur kia rio vs hyundai grand avega

 

Hal yang berbeda dari mobil-mobil Korea dengan Jepang salah satunya adalah pada teknologi setir. Kedua hatchback Korea ini menggunakan teknologi motor driving yang memberi kenikmatan mengemudi sekaligus berfungsi sebagai fitur keselamatan, yaitu setir menjadi sangat ringan di kecepatan rendah dan berubah menjadi lebih berat pada kecepatan tinggi. Hal tersebut mencegah arah mobil yang membahayakan karena pergerakan setir yang tidak disengaja.

Ada cukup banyak fitur pada KIA All New Rio yang tidak dimiliki Grand Avega, antara lain: Fungsi chiller pada glovebox, Start-stop button, cover kulit pada setir, Spion retractable, tinted glass. Sehingga KIA Rio dapat dikatakan mempunyai value for money yang lebih tinggi.

Fitur hiburan di dalam kabin mobil cukup penting di masa kini. Dengan tersedianya fitur audio visual dan kualitas speaker yang bagus akan membuat mobil menjadi lebih enjoyable, sehingga pemiliknya merasa betah dan nyaman saat dalam perjalanan. Pada fitur infotainment, KIA Rio mempunyai kelebihan koneksi bluetooth ke gadget dan keberadaan 2 tweter yang tidak dimiliki Grand Avega.

 

6. Kepraktisan

 

Kepraktisan adalah terkait ruang penyimpanan di dalam kabin mobil, seperti cup holder (tempat botol minuman), ruang penyimpanan di dashboard, konsol tengah dan doortrim. Perbandingan kepraktisan dua hatchback Korea ini kami rangkumkan dalam tabel berikut:

 

Komparasi Kepraktisan KIA Rio vs Grand Avega - Ruang Penyimpanan dan Cup Holder
Komparasi Kepraktisan KIA Rio vs Grand Avega – Ruang Penyimpanan dan Cup Holder

 

KIA Rio mempunyai kepraktisan yang superior bahkan jika dibandingkan dengan hatchback Jepang. KIA Rio kembali unggul dari Grand Avega dalam hal kepraktisan, yaitu keberadaan cup holder di door trim pintu baris kedua yang sangat berguna bagi penumpang belakang, sedangkan pada grand Avega penumpang belakang akan cukup repot harus memegang botol minumannya, bisa ditaruh di kantung pada belakang kursi tapi terasa kurang elok dipandang.

 

Keunggulan Grand Avega adalah kapasitas bagasi yang lebih luas, hingga 370 liter. Sehingga bisa menampung bawaan yang lebih banyak. Namun luas bagasi KIA Rio yang 288 liter tidaklah tergolong kecil, itu adalah kapasitas yang juga memadai.

 

7. Kenyamanan

 

Kenyamanan dalam berkendara merupakan hal penting yang harus dipertimbangkan saat memilih mobil kesayangan. Karena mobil yang tidak nyaman, akan menyiksa pengemudi dan penumpang selama perjalanan, misalnya menjadi cepat lelah, badan pegal-pegal, merasa tidak aman khawatir sepanjang perjalanan dan lain sebagainya.

 

Pada dasarnya mobil-mobil Korea memiliki kenyamanan yang superior, karena KIA dan Hyundai berkiblat ke Eropa dalam hal desain, kualitas interior, suspensi dan pengendalian.

 

KIA All New Rio mempunyai tingkat kenyamanan yang lebih baik dari Hyundai Grand Avega. Karena kursi penumpang baris kedua pada Grand Avega yang terlalu tegak, sehingga tidak nyaman untuk penumpang belakang dan menyebabkan cepat merasa lelah untuk perjalanan jauh.

 

Dalam hal pengendalian, KIA Rio terasa lebih stabil karena ground clearance yang lebih rendah dan dimensi keseluruhan yang juga lebih rendah. Untuk bantingan, karena menggunakan suspensi yang sama, keduanya cukup empuk dan memberi kenyaman yang sangat baik.

 

8. Desain

 

Menyangkut desain, sebenarnya ini masalah selera yang masing-masing orang bisa berbeda-beda. Namun untuk menilai berhasil atau tidaknya desain mobil untuk memenangkan selera kebanyakan konsumen otomotif, adalah dari penjualannya yang terefleksi dari populasi mobil tersebut di jalan raya.

 

Tidak dapat dipungkiri bahwa KIA All New Rio lebih disukai kebanyakan penggemar hatchback Korea ini di Indonesia. Sehingga jumlah unit yang terjual jauh mengungguli Hyundai Grand Avega.

 

Menurut subjektifitas kami, KIA Rio memang lebih menarik desainnya dibanding Grand Avega. Hatchback KIA tersebut enak dipandang dari sisi mana saja, sedangkan Grand Avega kebanyakan tidak disukai pada desain bagian belakangnya yang cukup nyeleneh. Untuk mengetahui pendapat kami tentang desain eksterior mobil-mobil hatchback di Indonesia, silahkan sobat baca artikel kami sebelumnya: “Membandingkan Desain Eksterior 8 Compact Hatchback di Indonesia

 

Masuk ke desain interior, senada dengan eksterior, interior KIA Rio kembali unggul dan lebih banyak dipuji dibanding Grand Avega. Karena dashboard Rio terkesan lebih modern dan lebih bernuansa canggih seperti mobil-mobil premium Eropa. Namun bagi pecinta Grand Avega, tentunya interior Avega lebih cantik dari Rio karena warna hitam yang elegan dan desain luxury yang seperti waterfall.

 

Interior KIA Rio dan Hyundai Grand Avega - Dashboard
Penampakan Interior KIA Rio dan Hyundai Grand Avega – Dashboard

 

Keunggulan desain KIA Rio juga dibuktikan dengan berhasilnya mobil ini meraih berbagai penghargaan desain bergengsi di Eropa dan Amerika. Bahkan terakhir KIA Rio menjadi satu-satunya compact hatchback yang masuk nominasi “World Car of The Year” pada ajang WCOTY Foundation yang hasilnya akan diumumkan April 2017 mendatang.

 

9. Opini Pengguna

 

Hal yang disukai dan sering dibanggakan oleh pemilik kedua hatchback ini, antara lain:
– Desain ekterior yang menawan, pemilik kedua mobil ini rata-rata menjadikan tampilan desain yang atraktif sebagai alasan membelinya.
– Kualitas dan kenyamanan interior yang mereka bilang lebih baik dari mobil-mobil Jepang atau serasa mobil Eropa.
– Detail yang brillian, seperti tempat penyimpanan yang banyak, lampu penerangan pada bagasi, laci rahasia di bawah kursi penumpang dan lain sebagainya.

 

Keluhan Pengguna
– Inden spare part dari bengkel resmi yang terlalu lama, ini adalah keluhan umum dari pemilik mobil-mobil KIA dan Hyundai.
– Sedikitnya jaringan bengkel resmi, hanya ada di kota-kota provinsi sehingga bagi yang di pelosok harus menyiapkan waktu khusus untuk menservice mobilnya.
– Mesin ngelitik, ini pada umumnya terjadi pada pengguna yang menggunakan bbm premium. Mesin kedua hatchback ini didesain untuk standar bbm di Eropa, sehingga tidak cocok dengan premium yang bernilai oktan rendah.
– Biaya service di bengkel resmi yang terbilang mahal dibanding brand Jepang, seperti tidak bolehnya membawa oli sendiri, tidak ada biaya service gratis selama masa garansi, harga spare part dan aksesoris original yang tergolong mahal, karena diimpor langsung dari Korea.
– Kursi belakang Hyundai Grand Avega yang terlalu tegak, membuat kurang nyaman penumpang belakang.

 

KESIMPULAN

 

Dari ulasan panjang di atas, kami menyimpulkan bahwa KIA All New Rio mempunyai banyak keunggulan dibandingkan Hyundai Grand Avega. Keunggulan dan kekurangan 2 hatchback ini, kami rangkumkan sebagai berikut:

 

KIA All New Rio:
Keunggulan: Desain yang menawan, Fitur Keselamatan lebih baik, Pengendalian lebih mantap, Interior lebih nyaman karena kemiringan kursi belakang proporsional, kesenyapan interior yang sangat baik, mesin lebih bertenaga dari Grand Avega tipe GL, populasi lebih banyak, value for money lebih tinggi, karena harga baru yang relatif lebih murah dan fitur yang lebih banyak.
Kelemahan: Bagasi lebih kecil dibanding Grand Avega, Ground clearance rendah.

 

Hyundai Grand Avega:
Keunggulan: Ground Clearance lebih tinggi, Bagasi lebih luas, warna interior yang elegan, kesenyapan kabin yang superior.
Kelemahan: Kepraktisan kabin belakang minus cup holder, kemiringan kursi belakang yang terlalu tegak, performa mesin tidak segesit Rio.

 

Bagi sobat yang menginginkan fitur yang lebih banyak KIA Rio bisa menjadi pilihan, namun harga mobil bekasnya relatif lebih mahal dari Grand Avega, karena Rio cukup diminati pembeli mobil bekas. Namun bagi sobat yang lebih menyukai desain  Grand Avega tentunya akan tetap membeli hatchback Hyundai tersebut, hanya saja karena populasinya yang sedikit, mobil ini cukup sulit ditemukan di showroom mobil bekas. Dari sisi harga, Grand Avega bekas lebih terjangkau dari KIA Rio.

 

Nah.. Demikianlah perbandingan lengkap dan detail antara KIA All New Rio vs Hyundai Grand Avega. Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang sedang menimbang-nimbang, akan membeli yang manakah dari kedua hatchback Korea bercitarasa Eropa ini. Kami mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak mengenakkan pecinta kedua mobil tersebut, jika sobat punya pendapat lain, saran dan kritik terhadap tulisan ini, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *