Perbandingan Dimensi Xpander vs Avanza vs Ertiga vs Mobilio vs Grand Livina

CaruserMagz.com – Kehadiran Mitsubishi Xpander makin membuat rame segmen low MPV di Indonesia. Mobil keluarga yang berharga sekitar 200 juta ini memang sedang jadi primadona, karena paling memenuhi ekspektasi orang Indonesia akan kendaraan.

 

Salah satu kelebihan low MPV adalah akomodasi untuk penumpang yang hingga 7 orang atau lebih. Namun jumlah saja terkadang tidak cukup, kenyamanan untuk semua penumpang di setiap kabin juga menjadi faktor penting dalam menentukan low MPV yang mana yang akan dibeli.

 

Selain Mitsubishi Xpander yang baru akan datang, sudah ada 5 penghuni lama yang banyak berseliweran di jalan. Ke-lima mobil tersebut adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina. Namun karena Xenia dan Avanza adalah kembar, maka cukup diwakili Avanza saja.

 

Dimensi mobil sangat besar pengaruhnya pada kelegaan kabin di setiap baris kursinya. Untuk mengetahui low MPV yang mana yang paling lega, berikut kami sajikan data perbandingan dimensi ke-lima mobil ini:

 

Perbandingan Dimensi Xpander vs Avanza-Mobilio-Ertiga-Livina
Perbandingan Dimensi Xpander vs Avanza-Mobilio-Ertiga-Livina

 

Dari data di atas, maka dapat kita ketahui bahwa low MPV yang paling lapang adalah Mitsubishi Xpander, karena tergolong panjang dan paling lebar, juga paling tinggi. Sedangkan untuk urusan ruang kepala, Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga juga tergolong lega.

 

Namun sayangnya Ertiga punya kekurangan pada ruang baris ketiga yang agak sempit. Namun karena semua kursi Ertiga empuk dan tebal, bagi orang yang postur tubuhnya tidak terlalu tinggi, masih bisa merasa nyaman di kabin belakang Ertiga.

 

Ertiga punya kelebihan pada wheelbase yang terpanjang, yaitu 2.740 mm, itu artinya Ertiga punya ruang kaki paling lega pada baris kedua, jika sliding kursinya di maksimalkan. Saat baris ketiga tidak digunakan, maka baris kedua menjadi sangat lapang.

Sebenarnya ada beberapa perbedaan dimensi pada tipe-tipe tertentu low MPV, dengan konfigurasi Panjang x Lebar x Tinggi, berikut rinciannya:

Mitsubishi Xpander  : (4.475 x 1.750 x 1.700) mm
Nissan Grand Livina Tipe SV                  : (4.485 x 1.595 x 1.595) mm
Nissan Grand Livina Tipe XV dan HWS : (4.485 x 1.700 x 1.690) mm
Honda Mobilio Tipe RS         : (4.398 x 1.683 x 1.603) mm
Honda Mobilio Tipe E dan S : (4.386 x 1.683 x 1.603) mm
Suzuki Ertiga, Semua Tipe  : (4.265 x 1.695 x 1.685) mm
Toyota Avanza, Semua Tipe    : (4.190 x 1.660 x 1.695) mm
Daihatsu Xenia Tipe D dan M : (4.190 x 1.660 x 1.685) mm
Daihatsu Xenia Tipe X dan R  : (4.190 x 1.660 x 1.695) mm

Dari data tersebut dapat kita rincikan sebagai berikut:
Paling panjang: Nissan Grand Livina, 10 mm lebih panjang dari Expander.
Paling Lebar   : Xpander, 55 mm lebih lebar dari Suzuki Ertiga.
Paling Tinggi  : Xpander, 5 mm lebih tinggi dari Avanza.

 

Grand Livina lebih panjang 1 cm dari Expander, sayangnya Livina punya kekurangan dalam hal ruang bahu dan ruang kepala, karena Livina adalah MPV yang paling narrow dan paling rendah.

 

Jadi jika sobat ingin MPV yang paling lega ruang kabinnya, maka Mitsubishi Xpander adalah pilihannya. Namun MPV lainnya sebenarnya juga tergolong lega untuk ukuran orang Indonesia.

 

Selanjutnya mungkin sobat bisa mempertimbangkan faktor-faktor lainnya seperti fitur, harga, performa mesin, keiritan bahan bakar, biaya service rutin, ketersediaan dan harga sparepart, serta faktor-faktor lainnya.

 

Selamat memilih mobil idaman!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

5 thoughts on “Perbandingan Dimensi Xpander vs Avanza vs Ertiga vs Mobilio vs Grand Livina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *