Meski Penjualan Avanza Kalah dari Xpander, Toyota Masih Jadi yang Terlaris di GIIAS 2017

CaruserMagz.com – Toyota membuktikan kedigdayaannya sebagai raksasa otomotif terbesar di Indonesia melalui angka penjualan unit kendaraan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017.

 

PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil mengumpulkan SPK terbanyak dari semua brand peserta GIIAS 2017, yaitu sebanyak 7.136 unit kendaraan terjual selama 11 hari pameran otomotif termegah tersebut. Jumlah itu lebih banyak 762 unit dibanding Mitsubishi yang paling heboh booth-nya karena kehadiran Xpander.

 

Meskipun mendapat gempuran dahsyat dari Mitsubishi dengan debut global Xpander, yang  jauh mengungguli Avanza dalam hal perolehan SPK di GIIAS 2017 ini, Toyota tetap unggul dalam jumlah keseluruhan model.

 

Avanza menjadi mobil Toyota terlaris dengan total dipesan sebanyak 2.191 SPK. Sedangkan Mitsubishi Xpander yang berhasil terjual hingga 5.281 unit. Walau kalah jumlah SPK dari Xpander, penjualan Avanza tersebut mengalami peningkatan sebesar 3,2% dibanding penjualan pada even yang sama di tahun lalu.

 

Berikut daftar jumlah SPK Toyota untuk jenis MPV di GIIAS 2017:
Toyota Avanza : 2.191 SPK
Toyota Calya    : 1.264 SPK
Toyota Innova  :    901 SPK
Toyota Sienta   :    513 SPK
Toyota Voxy    :    361 SPK

 

Untuk mobil keluarga total SPK yang berhasil dikoleksi Toyota adalah untuk sebanyak 5.328 unit kendaraan, jumlah itu adalah 74% dari total semua penjualan pada GIIAS 2017. Sisanya adalah untuk jenis mobil lain seperti small hatchback dan SUV.
 
Penjualan Avanza yang meningkat pada GIIAS 2017 ini menunjukkan masih besarnya minat dan kepercayaan konsumen Indonesia pada Avanza dan model MPV Toyota lainnya. Toyota memasang target untuk menguasai 35% dari total market share mobil di Indonesia. Hasil positif pada GIIAS 2017 ini makin meyakinkan TAM bahwa targetnya tersebut bisa tercapai.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *