Tampilan Ertiga Diesel Tidak Berbeda dari Ertiga Bensin, Hanya Ada Emblem Hybrid dan DDIS

 

CaruserMagz.com – Seperti diberitakan banyak media otomotif Indonesia, Ertiga Diesel kepergok seliweran di jalan raya Jakarta saat sedang road test. Dari penampakan foto-foto oleh masyarakat yang menemukan Ertiga Diesel tersebut, tidak ada beda Ertiga baru ini dengan Ertiga berbahan bakar bensin yang ada sekarang.
Emblem Hybrid pada bagian belakang Suzuki Ertiga diesel Indonesia
Penampakannya sama persis dengan Suzuki New Ertiga, benar-benar tidak ada perbedaan di setiap sisi, baik depan, belakang maupun samping.
Pembeda Suzuki Ertiga Diesel ini dari versi bensin adalah kehadiran Emblem bertuliskan “Hybrid ZDi” di bagian belakang sebelah kanan, tepatnya pada bagian bawah pintu bagasi. Ini berbeda dengan Ertiga diesel di India yang emblemnya bertuliskan “SHVS ZDi+“‘.
Ciri Ertiga Diesel Hybrid Indonesia di Pintu Bagasi berbeda dari emblem SHVS pada versi India
Dari sisi samping, ciri Ertiga Diesel ini adalah adanya emblem bertuliskan “DDiS” di atas roda dan di bawah pilar A. Ini adalah kode untuk mesin diesel Suzuki. Mesin diesel tersebut berkapasitas 1300cc 4-Silinder dengan tenaga 90 PS dan torsi luar biasa besar untuk ukuran low MPV, yaitu hingga 190Nm.
Emblem DDiS pada bahu samping Ertiga Diesel Indonesia
Namun cukup disayangkan, kabar yang beredar menyatakan bahwa Suzuki Diesel untuk Indonesia ini hanya tersedia dengan transmisi manual saja. Padahal transmisi otomatis sedang sangat disukai masyarakat perkotaan yang harus bergelut dengan kemacetan. Padahal juga, mobil-mobil Suzuki bermesin diesel di India juga ada transmisi otomatis, bahkan dengan teknologi AMT, seperti si mungil Suzuki Ignis, Baleno Hatchback dan Suzuki Cias hybrid.
Diperkirakan harga jual suzuki Diesel berteknologi Mild Hybrid ini adalah sekitar 250 juta untuk konsumen Indonesia. Itu artinya Ertiga Diesel akan bertarung lebih di kelas low SUV seperti honda BR-V, Toyota Rush atau low MPV varian tertinggi seperti Honda mobilio RS CVT.
Namun harga yang agak mahal tersebut sebenarnya worth. Karena mesin diesel-nya sangat irit berkat teknologi hybrid. Di atas kertas, konsumsi bbm Ertiga Diesel ini adalah 24,52 km/liter. apalagi mengingat harga solar di Indonesia lebih murah dibanding bensin, itu artinya biaya operasional mobil ini akan lebih bersahabat dengan dompet pemiliknya.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *