Penampakan Konsep Hyundai New Santro, Bangkit dari Kematian sebagai Pengganti Hyundai i10

CaruserMagz.com – Menyambung posting sebelumnya tentang disuntik-matinya Hyundai i10 pada akhir 2016, kami ingin membahas mengenai Hyundai New Santro, pengganti i10 yang diberitakan akan diluncurkan ke pasar otomotif pada paruh kedua tahun 2018 mendatang, laporan lebih detail menyatakan kemungkinan peluncuran tersebut pada Oktober 2018. Baca: Produksi Hyundai i10 Dihentikan
Konsep Hyundai New Santro yang akan menggantikan i10 di India
Hyundai Santro adalah mobil perkotaan kecil yang sangat sukses di India, selama kurang lebih 16 tahun. Karena penjualannya mulai menurun sejak hadirnya Hyundai i10, produksi Hyundai Santro dihentikan pada akhir 2014 yang lalu.
Namun Hyundai Santro akan dilahirkan kembali sebagai generasi selanjutnya yang lebih modern dan futuristik. Comeback-nya Santro ini akan menggantikan Hyundai i10 yang disuntik mati pada akhir 2016. Sedangkan i10 dinaikkan kelasnya pada Grand i10 yang diproduksi di Turki, sehingga tidak ada lagi dualisme i10 di India.
Pengembangan desain dan spesifikasi Hyundai New Santro dilakukan di pusat Riset Hyundai di Korea Selatan. Namun India tetap akan menjadi pusat produksi global bagi Hyundai Santro generasi baru ini.
Hal yang menarik dari dilahirkannya kembali Hyundai Santro adalah segmennya yang agak berubah, jika Santro yang dulu adalah small hatchback murni. Maka Hyundai New Santro didesain lebih mirip seekor Crossover. Bentuk Hyundai New Santro cukup nyeleneh ke arah Nissan Juke.
Hyundai Santro Generasi Sebelumnya
Apakah ini respon Hyundai pada hadirnya Renault Kwid dan Datsun Redi Go? Itu sangat mungkin, karena segmen Small Hatchback sudah kian berjejal, bahkan sudah ada saingan berat bernama Tata Tiago yang tidak hanya cantik tapi juga punya nilai kebanggaan tersendiri bagi konsumen, karena merupakan mobil dari pabrikan asal India.
Hyundai telah memiliki amunisi berupa Grand i10 sebagai small hatchback menengah dan Hyundai Eon sebagai mobil murah untuk menyasar segmen yang ditinggal Santro generasi sebelumnya.
Desain Hyundai New Santro yang lebih mirip Crossover
Untuk jantung pacu, Hyundai New Santro 2018 diperkirakan menggendong mesin 800cc atau 1000cc, 3-silinder Kappa bertenaga 69 Ps. Rumor yang beredar, New Santro ini akan diluncurkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan varian dengan transmisi otomatis AMT juga dipertimbangkan oleh R&D Hyundai Korea.
Mengenai harga, IndiaCarNews.com memperkirakan harga Hyundai New Santro ini sebesar 4 Lakh (Sekitar 79 Juta Rupiah) untuk tipe standar dan 6 lakh (sekitar 118 Juta Rupiah) untuk tipe tertinggi. Harga ini sebenarnya lebih mahal dari Renault Kwid di India, namun Hyundai akan memiliki nilai lebih pada produknya berupa Value for Money yang lebih menarik dengan fitur dan build quality Hyundai yang sudah terbukti berkelas.
Apakah Hyundai New Santro ini juga akan hadir di Indonesia? Atau datang sebagai produk sister company-nya berupa KIA small cross, karena ada juga rumor bahwa platform New Santro akan dibagi pada model baru keluaran brand KIA. Kita tunggu saja kabar dari Hyundai Motor Indonesia.
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *