Penampakan KIA Rio Facelift 2017 dipublikasikan, Aslinya Dipajang di Paris Motor Show

CaruserMagz.com – KIA Rio, Compact Hatchback andalan KIA yang sering menyabet penghargaan desain terbaik ini akhirnya akan mendapatkan facelift signifikan pertamanya. Dari isu yang beredar, Brand New Rio ini akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2016 dan diluncurkan untuk pasar Eropa.
KIA Rio Facelift 2017, Sketsa Resmi yang diumumkan KIA Global

Lihat Penampakan lebih jelas di artikel ini: Eksterior dan Interior KIA Rio Facelift 2017

Perkenalan secara global akan dilakukan KIA Eropa dengan memajang prototype facelift hatchback cantik ini pada ajang Mondial De l’Automobile atau kita kenal sebagai Paris Motor Show, yang memang selalu menjadi ajang bagi automaker untuk memperkenalkan mobil-mobil bagi pasar global.

Berdasarkan informasi dari KIA, facelift Rio ini digarap secara serius di pusat desain KIA di Jerman dan California (Amerika Serikat), dengan tetap disupport oleh pusat desain utama di Korea Selatan.
Dari awal memang mobil ini mengusung desain Eropa pada semua sisi, seperti desain eksterior, interior, fitur, kenyamanan serta standar keselamatannya. Facelift ini merubah cukup banyak tampilan KIA Rio, khususnya interior yang benar-benar dirombak hingga memberi kesan lebih modern dari versi sebelumnya.
Dari penampakan sketsa yang dikeluarkan KIA tersebut, perubahan terlihat cukup signifikan pada bagian wajah Rio. Sama halnya dengan facelift pada model KIA yang lain seperti Sorento dan Sportage, ujung-ujung yang tajam pada wajah KIA Rio sedikit dikurangi, seperti grill bumper, headlight dan rumahan foglight. Ada kesan yang lebih membulat pada bagian-bagian tersebut, tetapi dibuat lebih ramping.
KIA mengklaim generasi terbaru Rio ini akan mempunyai wheelbase Atau jarak antar poros roda yang lebih panjang. Sehingga akan memiliki kabin yang lebih lega dibanding versi lawas, khususnya pada ruang kaki.
Dari Sketsa desain dashboard di atas, KIA Rio facelift 2017 nampak lebih modern dan stylist. Dengan tetap mengusung desain simpel dan elegan, serta konsep tombol-tombol kokpit pesawat, Rio baru akan makin kental bernuansa mobil premium eropa.

Desain interior nampaknya dirubah total, Seperti doortrim, konsol tengah dan audio head unit. Monitor touchscreen Dan audio streering control juga terlihat pada Sketsa tersebut.

Cukup menarik untuk dinantikan para pecinta Mobil Korea bercitarasa Eropa. Namun jika mengingat facelift pada model-model KIA yang lain, butuh waktu satu hingga dua tahun dari rilis di Eropa hingga facelift tersebut sampai di Indonesia.

Selain itu, Mobil-mobil KIA yang dijual di Indonesia, banyak fitur-fitur canggih dikurangi dari versi eropa, khususnya fitur keselamatan Seperti airbags, stability control, audio system dan pengereman ABS-EBD-BA. Hal tersebut tentunya untuk menyesuaikan dengan Daya beli konsumen otomotif tanah air. Jika disamakan dengan versi Eropa, tentunya harga jual akan tidak jauh berbeda dari Mobil-Mobil premium Eropa.

Hal yang menjadi daya tarik Mobil ini untuk tetap laku di di Indonesia adalah kualitas interior dan eksterior serta kenyamanan yang sangat baik serta tentunya desain yang menawan.

Salam otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *