Penampakan Daihatsu Sirion Generasi Baru Terungkap melalui Brosur

CaruserMagz.com – Daihatsu Sirion yang di Malaysia lebih dikenal sebagai Perodua Myvi akan segera memasuki era generasi baru. Sebelumnya teaser resmi hatchback terlaris di Malaysia ini diumumkan. Menjanjikan tampilan yang lebih kekinian, aerodinamis dan sporty.

 
Penampakan Daihatsu Sirion generasi terbaru bocor sebelum resmi diluncurkan. Sayangnya tampilan foto dari brosur Perodua Myvi tersebut beresolusi rendah. Namun setidaknya memberi gambaran yang cukup jelas, seperti apa bentuk Daihatsu Sirion 2018 generasi baru.

 
Foto brosur yang diupload di Instagram pada 9 November 2017 tersebut menunjukkan bahwa Daihatsu Sirion generasi baru punya desain eksterior yang benar-benar berbeda dari generasi lama. Kesan jadul yang kaku sudah hilang, berganti desain yang lebih kekinian dengan wajah yang lebih sporty dan bentuk aerodinamis yang landai.

 
Menurut kami, bentuk ini mengingatkan kita pada KIA All New Picanto, khususnya pada desain body samping dan spoke velg yang sangat mirip. Hanya saja desain lampu, grill dan bumpernya berbeda. Mungkin Perodua Malaysia terinspirasi dari moleknya desain All New Picanto yang cukup disukai di Malaysia.

 
Belum ada detail spesifikasi dimensi dari Daihatsu Sirion 2018 ini, kemungkinan akan lebih besar dari Picanto. Daihatsu Sirion akan lebih cocok bersaing dengan Suzuki Baleno Hatchback di Indonesia, karena dari segi dimensi, harga dan fitur kedua hatchback tersebut sangat bersaing.

 
Dalam hal fitur, hatchback yang bernama Myvi di Malaysia ini cukup menggoda. Perodua Myvi generasi baru ini dikabarkan dilengkapi fitur-fitur canggih seperti start-stop engine-button, head unit touch screen, AC digital, rem ABS+EBD, stability control dan traction control. Pada varian standar dilengkapi 4 airbag dan varian tertinggi 6 airbag.

 

Interior Daihatsu Sirion 2018
Interior Daihatsu Sirion 2018

Pada varian 1.500 cc Advance, fitur keselamatan sudah mendekati standa Eropa seperti adanya Advanced Safety Assist (ASA), Pre-collision Warning, rem otomatis, Front Departure Alert dan Pedal Misoperation Control.

 
Namun jangan harap akan persis seperti versi Malaysia jika masuk ke Indonesia sebagai Daihatsu Sirion. Karena standar keselamatan mobil di Malaysia memang jauh lebih tinggi dari Negara kita. Sehingga kemungkinan akan banyak penyunatan fitur untuk versi Indonesia.

 
Untuk bagian jantung pacu, hatchback ini disediakan dengan 2 pilihan mesin. Yaitu varian bermesin 1NR-VE 1.300 cc Dual VVT-i, tenaga 94 hp dan torsi 121 Nm. Pilihan yang lebih tinggi adalah mesin  2NR-VE 1.500 cc Dual VVT-i, bertenaga 106 hp dan torsi 140 Nm.

 
Ini adalah pilihan mesin yang sama dengan Daihatsu Xenia dan Toyota Veloz. Jadi hatchback ini sudah bisa bersaing dengan Toyota Yaris pada kasta tertingginya.

 
Cepat atau lambat, kemungkinan besar Daihatsu Sirion generasi baru ini akan hadir di Indonesia. Pertanyaannya adalah, akankah ada versi Toyota-nya sehingga jadi kembaran seperti Agya-Ayla.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *