Charger HP Mobil Membaca Voltase Aki secara Real Time

CaruserMagz.com – Aki atau battery adalah kelengkapan yang sangat vital bagi mobil. Kondisinya harus dijaga dalam kondisi prima untuk menghindari mobil mogok atau tidak dapat di-start.
 
Apalagi jika aki mobil sobat berjenis aki basah, voltase dan level air aki harus selalu dimonitor secara rutin. jika kita lalai, alamat mengalami kesulitan. Mending jika mobil tersebut tidak dapat di-start saat di rumah, jika saat lagi parkir di pasar atau mall, kan berabe masbroh..

 

Apalagi dengan makin disukainya mobil bertransmisi otomatis. Deteksi dini terhadap penurunan kinerja aki mobil menjadi lebih penting, karena jika tidak dapat dihidupkan mesinnya karena voltase aki yang sudah mengecil, mobil matic tidak dapat di-start dengan didorong seperti pada mobil manual. Namun aki-nya harus benar-benar diganti atau di-jumper dengan aki lain, yang notabene ada resiko aki meledak jika tidak benar-benar paham atau kurang hati-hati.

 

Kami termasuk yang dulunya tidak memperhatikan kinerja aki, karena menggunakan aki Maintenance-Free atau sering disebut aki kering. Sekitar 2 minggu yang lalu, tiba-tiba di pagi hari, mobil kami tidak dapat distart yang ternyata disebabkan aki yang sudah uzur, karena sudah sekitar 4 tahun belum pernah diganti.

 

Kami mencari pinjaman multi-tester ke tetangga untuk mengecek voltase aki, tapi ternyata tidak ada yang punya multi tester. Salah satu tetangga meminjamkan gadget yang dia miliki, berupa charger hp yang sekaligus menunjukkan angka digital voltase listrik yang ada di mobil. Jadi voltase aki dapat diketahui secara realtime kapan saja saat kunci kontak dalam posisi on. Angka voltase selalu tertera di gadget tersebut. hmmm.. Itu brilliant bukan! Alat yang simple namun multifungsi.

 
 

Bagaimana Alat ini Berfungsi?

 

Jika dulu deteksi voltase aki harus menggunakan alat multi-tester yang ditempelkan pada terminal positif dan negative aki. Bagi kita yang awam dengan kelistrikan, saat melihat angka dan jarum pada multi-tester, mata bisa terasa keliyengan karena mumet mblegedes.. angka yang mana dan jarum yang mana yang harus dilihat. Mau bertanya kan malu broh.. masa multi tester maenan anak SMA pun kagak ngerti.. hiks..

 

Dengan makin berkembangnya teknologi digital, voltase aki bisa dibaca secara real time dengan gadget dari dalam kabin mobil. Alat itu tidak seribet multitester, karena angka digital mudah dimengerti. Cukup mengetahui berapa standar voltase aki normal, yaitu 12 volt.

 

Mungkin sobat sudah memiliki charger untuk hanphone yang dicolokkan pada power shocket yang tersedia di mobil. Namun kebanyakan hanya charger biasa atau dikombinasikan dengan MP3 Player bagi yang head unit-nya belum ada koneksi USB.

 

Dengan gadget elektronik tersebut, pemilik mobil dapat memantau kinerja aki mobilnya kapan saja. Bagusnya lagi, alat tersebut juga dilengkapi alarm, jika voltase aki dibawah 12 Volt, alarm akan berbunyi. Sehingga secara otomatis dan rutin pemilik mobil mengetahui kondisi aki. Jika sudah mulai melemah, maka dapat bersiap-siap mengganti aki.

 

 
 

Dimana dijual dan berapa Harganya?

 

Gadget ini banyak dijual di toko online, namun saat artikel ini kami tulis penjualannya belum marak di toko-toko offline baik pada gerai penjualan telepon genggam maupun toko peralatan mobil. Ada banyak bentuk dan brand charger yang sekaligus merupakan pembaca voltase aki mobil ini, namun yang paling marak dijual dan juga paling laris adalah brand Tarkan dan Taffware.

 

Harganya bervariasi dari sekitar 80 ribu hingga 300 ribu rupiah. Tergantung si pedagang mengambil untungnya sadis atau kalem. Kami berhasil membeli dengan harga termurah yang kami dapatkan di salah satu market place seharga 94 ribu rupiah (sebelum ongkos kirim). Namun setelah kami cari lagi melalui google search, ternyata ada market place yang menjualnya dengan harga 76 ribu rupiah saja, tapi sudah terlanjur dibeli, mudah-mudahan harga tidak bohong.

 

Dari penjelasan tetangga kami yang menggunakannya, alat ini cukup handal karena sudah hampir 2 tahun dia gunakan, tidak terjadi kerusakan. Fungsi charger-nya juga bagus karena cukup cepat mengisi battery hp.

 
 

Ide Improvement untuk Pabrikan Mobil!

 

Kami rasa sekarang belum ada mobil yang menampilkan voltase aki secara real time pada layar Multi Information Display (MID). Yang ada hanya lampu warning yang berbentuk seperti aki yang akan berkedip-kedip jika voltase aki sudah lemah.

 

Jadi warning tersebut hanya akan berfungsi saat masalah sudah terjadi, tidak ada deteksi dini yang memberi tahu pemilik mobil jika kinerja akinya mulai menurun. Sehingga kita harus benar-benar proaktif memperhatikan kondisi aki, agar terhindar dari masalah aki. Bukankah itu kondisi yang kurang cerdas kawan? Kok gak kepikiran sama pabrikan mobil yah?

 

Gadget detektor voltase aki ini sederhana, namun sangat membantu pemilik mobil dalam menggunakan kendaraannya. Kami rasa sebaiknya pabrikan mobil mulai mengadopsi gadget ini untuk memasukkan voltase aki sebagai salah satu parameter yang ditampilkan di layar MID mobil. Karena dengan begitu, pemilik mobil tidak perlu mengecek dengan multi-tester tapi bisa mengetahui kondisi aki-nya setiap saat.

 

Semoga artikel ini dibaca para engineer atau designer brand-brand mobil ternama, sehingga bisa diaplikasikan pada mobil-mobil terbaru. Kan lumayan bisa jadi salah satu fitur untuk bahan promosi mobil terbaru.

 

Demikian sharing pengalaman terkait gadget elektronik yang murah dan sederhana, tapi sangat bermamfaat bagi pengguna mobil. Big applause untuk pencetus ide charger hp sekaligus pembaca voltase aki ini! Semoga informasi ini berguna bagi sobat pembaca.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *