Nissan X-Trail Facelift 2017 Diluncurkan. Perubahan Tampilan, Fitur dan Varian Hybrid

CaruserMagz.com – Tidak mau ketinggalan oleh para kompetitornya, Nissan merefresh tampilan SUV Crossover andalannya di benua Amerika, Nissan Rogue facelift 2017 yang di Negara kita lebih dikenal sebagai Nissan X-Trail. Setelah memberikan gambaran sekilas melalui kerjasama iklan dengan ESPN dua pekan yang lalu, Nissan secara resmi mengumumkan model facelift 2017 tersebut dengan lebih detail.
Nisan X-Trail Facelift 2017 – Rogue in US

Pada rilis ini, Nissan mengungkap lebih detail mengenai tampilan depan, samping dan belakang dari penyegaran pada Nissan X-Trail generasi ketiga tersebut.

Secara keseluruhan tidak ada perubahan bentuk dan dimensi yang signifikan. Untuk ringkasnya, perubahan yang dilakukan adalah: tampilan yang baru pada bagian depan dan interior, penambahan fitur-fitur keselamatan (safety) dan penambahan model baru berteknologi mesin hybrid.

Eksterior

Pada bagian wajah, grill model wings milik X-Trail facelift 2017 ini mengingatkan kita pada Honda HRV. Apalagi dengan bentuk lampunya dengan LED yang lebih lebar bermotif boomerang pada bagian ujung dalam. Mungkin desainer Nissan kepincut dengan model-model Honda terbaru dengan wajah bermotif wings tersebut. Atau mungkin latah, entahlah.. Apakah Honda sudah menjadi kiblat desain mobil-mobil Jepang, Sehingga Nissan dan Toyota ikut-ikutan membuat wajah mobil terbarunya mirip-mirip muka mobil Honda.
Penampakan Depan dan Belakang – Nissan X-Trail Facelift 2017

Garnish chrom V-Motion khas Nissan dibuat kian besar hingga hampir memenuhi keseluruhan grill depan. Perubahan grill tersebut juga tentunya mengakibatkan perubahan pada bumper depan. Bentuk Foglight berubah total dari yang sebelumnya bulat menjadi memanjang horizontal.

Ciri khas mobil crossover dengan list plastik hitam pada keseluruhan bagian bawah masih dipertahankan. Namun pada sisi samping, bagian tersebut ditambahi hiasan aksen chrom.

Desain Velg untuk model yang akan di jual di Amerika ini terlihat berubah dari versi sebelumnya. Mungkin kita di Indonesia sudah akrab dengan desain velg tersebut karena juga ada pada Nissan Grand Livina, namun bagi Nissan Rogue Amerika, itu adalah velg yang baru. Karena pada versi lama, velgnya hanya single tone.

Pada bagian belakang, tidak ada perubahan bentuk. Jika diperhatikan lebih detil, hal yang nampak berubah adalah warna yang lebih gelap dan motif boomerang pada lampu belakang.

Interior

Desain interior secara keseluruhan masih sama dengan versi lama. Perubahan yang dilakukan Nissan adalah penggantian warna jok dari full hitam atau beige menjadi kombinasi orange-hitam dan aksen sewarna jok yang terbuat dari kulit sintetis pada dashboard, doortrim dan konsol tengah. Lingkar kemudi juga mendapat sentuhan desain datar pada bagian bawah (flat-bottomed) sehingga nampak lebih mewah.
Interior Nissan X-Trail Facelift 2017

Fitur-fitur Keselamatan

Beberapa fitur keselamatan baru disematkan pada Nissan Rogue facelift 2017 ini, antara lain:

Lane Departure Warning (LDW) – Fitur yang memberi peringatan pada pengemudi bahwa mobil keluar jalur, agar pengemudi mengembalikan posisi mobilnya pada jalur yang semestinya.
Lane Departure Prevention (LDP) – Fitur yang secara otomatis mencegah mobil keluar jalur, biasanya fitur ini dipasangkan dengan LDW juga. LDW dan LDP menggunakan sensor kamera pada bagian depan mobil.
Adaptive Cruise Control – Fitur yang secara otomatis mengurangi atau menambah kecepatan mobil untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di depannya.
Forward Emergency Braking – Fitur yang mencegah terjadinya tabrakan dengan secara otomatis memberi warning jika jarak aman  terlampaui, namun jika pengemudi tidak mengindahkan warning tersebut, saat benar-benar akan terjadi tabrakan system secara otomatis mengaktifkan pengereman.
Blind Spot Warning – Fitur yang memberi peringatan akan adanya kendaraan lain di area blind spot (tidak dapat dilihat oleh pengemudi) baik dari arah depan maupun belakang.
Rear Cross Traffic Alert – Merupakan bagian dari blind spot warning, namun berfungsi saat mobil berjalan mundur, misalnya di tempat parkir. Fitur ini berbasis kamera.

Mesin

Pada bagian dapurpacu, Nissan X-Trail facelift ini masih menggunakan mesin QR25DE 2500cc 4 silinder, bertenaga 170 HP pada 6000 rpm dan torsi 237 Nm pada 4400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi Xtronic CVT. Pilihan system penggerak all wheel drive (AWD) juga tersedia seperti pada versi lawas.

Varian Baru (Hybrid)

Nissan juga mengeluarkan Rogue varian baru untuk pasar Amerika, yaitu Nissan Rogue Hybrid yang dibekali mesin bakar yang lebih kecil. Mesin yang diberi nama MR20DD berkapasitas 2000cc, 4 silinder mampu menyemburkan tenaga 141 HP dan torsi 195 Nm. Mesin tersebut dihubungkan dengan motor listrik bertenaga 40 HP/160 Nm. Total tenaga yang dihasilkan diklaim sebanyak 176 HP.

Konsumsi bahan bakar mesin ini diklaim lebih hemat, yaitu 14 km/liter di dalam kota dan 15 km/liter di jalan tol. Untuk versi Hybrid dikabarkan dapat lebih hemat hingga mencapai 20 km/liter.

Jika mengingat perubahan-perubahan Nissan X-Trail sebelumnya, facelift di Amerika atau Eropa selalu juga dibawa Nissan ke pasar Asia. Sehingga perubahan tampilan eksterior dan interior tersebut kemungkinan besar akan dilakukan juga untuk Nissan X-Trail di Indonesia.

Namun untuk varian hybrid dan fitur-fitur keselamatan sangat kecil kemungkinan akan dibawa ke Indonesia. Karena infrastruktur jalan di negara kita tidak mendukung penggunaan fitur-fitur tersebut. Sedangkan mesin hybrid belum lazim di dunia otomotif tanah air.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *