Nissan Indonesia Recall 53.766 Mobil terkait Airbags Takata! Ini Cara Cek Mobil Kena Recall atau Tidak

CaruserMagz.com – Tak mau ambil resiko atau menyembunyikan cacat pada produknya, Nissan Indonesia mengumumkan untuk menarik kembali atau recall beberapa mobilnya karena masalah airbags merk Takata. Masalah Airbags Takata seperti bom waktu bagi semua produsen mobil yang menggunakannya, hingga kini sudah jutaan unit mobil dari berbagai merk sudah di-recall, karena potensi bahaya dari kantung udara tersebut.

 

Recall ini merupakan tindakan Nissan secara global untuk menghindari resiko bagi penggunanya. Nissan Indonesia mengikuti seruan Nissan Global untuk melakukan “Voluntary Recall Campaign” atau penggantian airbags Takata yang berpotensi bermasalah secara cuma-cuma.

 

President Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI), Antonio Zara, mengatakan:

 

Sangat penting bagi kami untuk memberikan informasi secara detail dan transparan kepada konsumen, agar konsumen segera mengunjungi bengkel resmi Nissan untuk mendapatkan penggantian secepatnya. Nissan berkomitmen selalu menjaga pelayanan dan kepuasan konsumen. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dealer kami di seluruh Indonesia untuk melayani konsumen sebaik-baiknya.”

 

Bahaya Airbags Takata

 

Potensi bahaya dari Airbags Takata ini adalah dapat membunuh pengemudi dan penumpang, jika airbags tersebut mengembang, walau tabrakan yang terjadi tidak begitu keras dan tidak berpotensi memcelakakan penumpang.

 

Seperti diberitakan theguardian.com, hingga April 2016, 10 orang di Amerika dan 3 orang di Malaysia telah meninggal dunia, serta lebih dari 100 orang terluka di Amerika Serikat, karena inflator airbags Takata yang mengembang terlalu kencang hingga memecahkan tabung logam menjadi serpihan tajam dan menghantam pengemudi dan penumpang seperti peluru. Kasus yang sama terjadi juga di beberapa Negara lain di Asia dan Eropa.

 

Lebih detail baca di sini: Ini Sebab Airbag Takata Berbahaya

 

Maka penting bagi Sobat pemilik mobil Nissan, untuk memastikan apakah termasuk dalam list yang terkena recall atau tidak. Jika Sobat tidak ingin terus membawa perangkat seperti bom di dalam mobil kesayangan sobat, yang setiap saat bisa saja mencelakakan atau bahkan menjadi sebab hilangnya nyawa.

 

Produk yang Terkena Recall

 

Mobil Nissan di Indonesia yang terkena recall adalah yang menggunakan airbags takata di lingkar kemudi “Front Driver Airbags Inflator“, dengan jumlah total sebanyak 53.766 unit.
1. Nissan Grand Livina/Livina/X-Gear, dengan rentang waktu produksi dari April 2007 hingga Nopember 2013, jumlah total sebanyak 48.719 unit.
2. Nissan Latio, produksi Agustus 2006 hingga Agustus 2009, sebanyak 976 Unit.
3. Nissan Navara, produksi Januari 2007 hingga Desember 2014, sebanyak 4.071 unit.

 

Nissan Indonesia juga me-recall produk mobil yang menggunakan airbags Takata untuk penumpang depan “Front Passenger Airbags Inflator“, namun tidak disebutkan berapa jumlah total unit yang terkena recal tersebut, yaitu:
1. Nissan X-Trail, Produksi September 2003 – Desember 2008
2. Nissan Teana (CBU), Produksi November 2004 – Oktober 2006
3. Nissan Sentra 1.8 AT, Produksi April – September 2002

 

Kami kutip dari website Nissan Indonesia seperti pada gambar di bawah ini:
Daftar Mobil Nissan yang Terkenal Recall terkait Airbags Takata - 2016
Daftar Mobil Nissan yang Terkenal Recall terkait Airbags Takata – 2016

 

Cara Mengecek Mobil Nissan apakah Terkena Recall

 

Guna mengecek mobil sobat, Nissan menyediakan laman online, silahkan mengunjungi link ini: recallcampaign.nissanid untuk meyakinkan apakah mobil sobat termasuk yang kena recall.

 

Silahkan isi quisioner pada di sebelah kiri daftar kendaraan, pilih model mobil sobat, ketikkan nomor rangka, klik centang “I’m not a robot“, kemudian klik submit.

 

Selanjutnya sobat akan di arahkan untuk memasukkan kode Vehicle Identification Number (VIN) berdasarkan model kendaraan, VIN tersebut tersedia di kartu registrasi JPJ atau catatan asuransi. Contoh nomor VIN tersebut adalah sebagai berikut:

 

X-Trail – PN8TANT30TCA00002
Liberty – RM12-124589
Teana – JN1BAUJ31Z0002628
CBU Navara – MNTVCUD40Z0013007

 

Untuk informasi lebih jelas, Sobat pemilik Nissan dapat menghubungi saluran Hotline  Nissan Care Online Service (NICOLE) di nomor 14023. Sobat juga dapat mendatangi Dealer Nissan terdekat untuk memastikan apakah airbags mobil sobat harus diganti atau tidak.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Nissan Indonesia Recall 53.766 Mobil terkait Airbags Takata! Ini Cara Cek Mobil Kena Recall atau Tidak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *