4 Mobil Baru Mazda Indonesia Resmi Bisa Dipesan Mulai Oktober 2017

CaruserMagz.com – Empat Mobil baru Mazda resmi diluncurkan dan mulai bisa dipesan konsumen Indonesia pada akhir Oktober 2017. Eurokars Motor Indonesia selaku APM Mazda meresmikan penjualan 4 mobil baru tersebut di Epiwalk Kuningan, Jakarta.

 
Sebenarnya keempat mobil tersebut sudah diperkenalkan pada 14 Maret 2017 yang lalu dalam suatu event besar di Hotel Indonesia. Ada 6 mobil baru yang diperkenalkan, yaitu: Mazda2 Facelift, Mazda3 Hatchback, Mazda5, Mazda6 Estate, Mazda CX3, dan Mazda MX5.

 
Namun hanya Mazda2 dan Mazda CX-3 yang resmi sudah dijual setelah peluncuran besar tersebut. Sedangkan 4 lainnya hanya merupakan perkenalan dan baru resmi dijual di Indonesia setelah peluncuran resmi di Oktober 2017 ini.

 
Berikut 4 mobil baru Mazda Indonesia yang sudah mulai bisa dibeli tersebut:

 

1. Mazda3 Hatchback

Mazda 3 hatchback merupakan kompetitor dari Honda Civic Turbo Hatchback, VW Golf dan Hyundai i30 di pasar global. Ini merupakan medium hatchback yang tergolong mewah.

 
Dari segi bentuk, Mazda3 ini tidak begitu berbeda dari Mazda2, yaitu shape yang sangat aerodinamis dengan kodo design khas Mazda. Desain tersebut sangat presisi untuk pengendalian dan kenikmatan mengemudi.

 
Apalagi perubahan dimensi cukup signifikan untuk meningkatkan pengendalian. Mazda3 terbaru ini berdimensi 4460 x 1795 x 1455 mm untuk panjang lebar dan tinggi, yang artinya lebih lebar dan lebih rendah dari versi lama. Maka tentunya akan makin baik pengendaliannya. Hal itulah yang disukai penyuka setir bundar di seluruh dunia dari Mazda.

 
Jika Civic dan Golf sudah menggunakan teknologi turbo pada dapurpacunya, Mazda masih yakin dengan mesin naturally aspirated SkyActiv 2000cc 4-silinder untuk Mazda3 hatchback ini. Tenaganya cukup atraktif untuk mobil hatchback, yaitu 158 hp dan dengan gearbox torque converter, torsinya hingga 200 Nm. Itu bahkan lebih besar dari tenaga Toyota Fortuner yang berbadan bongsor.

 
Mazda menjadikan fitur sebagai point yang menggoda dibanding para kompetitornya. Fitur yang menonjol ada autonomous braking, lane departure warning, i-Stop dan lain sebagainya.

 
Mazda3 hatchback ini dijual dengan harga Rp. 416,8 juta di Indonesia. Lebih murah dari Honda Civic Turbo tipe E dan lebih mahal dibanding Civic tipe S. Keunggulan Mazda adalah Fitur dan kenikmatan mengemudi, sehingga dengan harga 400an juta, Mazda3 punya value for money yang not bad.

 

2. Mazda6 Estate

Mazda6 merupakan jenis sedan mewah yang sekelas dengan Toyota Camry. Namun inisial Estate pada mobil baru Mazda ini mendefinisikan Mazda6 yang berbeda, yaitu jenis Wagon yang sudah tidak lazim lagi di pasar otomotif tanah air. Hanya brand Eropa seperti Audi dan Mercedes yang menjual wagon di Indonesia, itu pun jarang kita temui di jalanan.

 
Mazda6 Estate ini dijual dengan harga Rp. 539 Juta, itu lebih murah dari versi sedan yang hingga Rp. 634 juta. Walau badannya lebih besar dari sedan, station wagon punya konfigurasi pajak yang lebih murah karena tergolong jenis minibus.

 
Mazda6 wagon ini dibekali mesin SkyActiv 2500cc 4-silinder, tenaga maksimumnya adalah 185 HP dan torsi 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

 
Fitur-fitur canggih Mazda6 Estate antara lain: Dynamic Stability Control dengan Traction Control, MZD Connect, sunroof, i-ELOOP, Adaptive LED Headlights, Lane Departure Warning, Lane-keep Assist System, Smart City Brake Support Forward and Reverse, Blind Spot Monitoring & Rear Cross Traffic Alert, Driver Attention Alert, dan Active Driving Display.

 
Baca juga: Beda Mazda2 Facelift 2017 dari Versi Lama

 

3. Mazda5 Facelift

Mazda5 adalah MPV yang bersaing dengan Nissan Serena, Toyota Innova dan KIA Sedona. MPV ini dijual dengan harga Rp. 377 juta, cukup murah dibanding Serena dan Innova. Terutama jika dilihat dari fitur canggihnya yang berlimpah.

 
Nuansa kemewahan pada Mazda5 facelift ini terasa dengan kehadiran sunroof. Fitur yang mendukung kenikmatan mengemudi juga telah ada seperti Electronic Power Assist Steering dan dynamic vehicle stability control. Kekurangan Mazda5 dari kompetitor adalah kurangnya kelegaan kabin. Dalam hal kabin, mungkin Mazda5 lebih cocok bersaing dengan Toyota Sienta atau Honda Freed.

 
Powertrain SkyActiv di balik kap mobil ini adalah mesin bensin 2000cc 4-silinder dengan tenaga 151 PS dan torsi 190 Nm. Transmisi otomatis 6-percepatan menyalurkan tenaga ke roda depan.

 

4. Mazda MX5 Miata

Terakhir ada convertible icon Mazda yang cukup laris secara global, yaitu MX5 Miata. Berbeda dari versi beratap bahan kanvas yang diperkenalkan di Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Maret 2017 yang lalu. Ternyata Eurokars menjual Mazda MX5 versi RF dengan atap pelat lipat. Ya, itu lebih baik karena akan lebih aman dari tangan jahil.

 
Mesin Mazda MX5 berkode ND ini adalah SkyActive 4-silinder, bertenaga maksimum 155 HP dan torsi 148 Nm saja. lebih kecil dari versi sebelumnya yang hingga 170 HP. Sama dengan yang lainnya, gearbox yang tersedia adalah otomatis 6-percepatan.

 
Sayangnya harga mobil mungil ini cukup mahal, yaitu Rp. 780 juta. Tapi untuk ukuran mobil convertible, harga itu masih tergolong murah. Karena brand Eropa menjual convertible dengan harga hingga Milyaran Rupiah.

 
Itulah 4 mobil baru Mazda yang resmi diluncurkan pada Oktober 2017. Bagi sobat pecinta mobil Mazda yang sudah ingin membeli salah satu dari ke-4 mobil tersebut, silahkan segera dipesan.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *