Bersaing dengan Toyota Rush dan Honda BRV, Value-for-Money Mitsubishi Xpander Lebih Baik

 

CaruserMagz.com – Mitsubishi Xpander mengguncang pasar otomotif tanah air, tidak hanya menggoyang segmen low MPV bahkan Xpander mulai mengalihkan perhatian calon pembeli low SUV seperti Toyota rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

 

Dari segi harga, Xpander tipe Ultimate dan Sport sudah head-to-head versus segmen low SUV. apalagi dengan tampilan yang sangat kental aura SUV, membuat Xpander nampak seperti versi kecil dari Pajero Sport. Tak cukup disitu, ternyata secara fitur Mitsubishi Xpander juga punya beberapa keunggulan yang membuat value for money-nya lebih baik.

 

Dengan harga 245 Jutaan Rupiah, Mitsubishi Xpander bersaing dengan Toyota Rush tipe G AT, TRD Sportivo AT dan Honda BR-V tipe E CVT.  Untuk harga OTR DKI-Jakarta, Xpander hanya lebih mahal Rp. 350 ribu dibanding Rush G-AT dan lebih murah hingga Rp. 14 jutaan dibanding Rush TRD AT. Sedangkan dibandingkan dengan Honda BR-V E-CVT, Xpander lebih murah 2,75 juta rupiah.

 

Artinya dengan anggaran lebih sedikit, konsumen bisa memiliki mobil yang lumayan gagah, tapi punya ruang kabin yang lebih lapang dari low SUV. Juga kenyamanan interior yang lebih baik dengan kepraktisan berlimpah, kursi yang lebih nyaman dan banyaknya power outlet pada semua baris yang akan memanjakan anggota keluarga untuk lebih betah selama perjalanan.

 

Dibanding Toyota Rush kabin Xpander terasa lebih lega, sedangkan dibanding kabin Honda BR-V, interior Xpander terasa lebih berkelas karena build quality yang lebih baik, kursi lebih tebal dan nyaman.

 

Dalam hal daya  jelajah, Xpander lebih baik karena ground clearance yang lebih tinggi dibanding Toyota Rush. Bahkan karena Xpander berpenggerak roda depan, pengemudi tidak perlu mengkhawatirkan benjolan gardan pada kolong roda belakang.

 

Dalam urusan tenaga memang Xpander kalah 5 ps dari  Rush dan 16 ps dari BR-V. Namun dalam hal torsi, Xpander punya daya angkat yang sama dengan Rush, yaitu 141 Nm. Artinya dalam hal tenaga dan torsi, Xpander dapat dikatakan tidak terlalu berbeda dengan Toyota Rush.

 

Hal yang paling menarik adalah urusan fitur, karena Xpander jauh mengungguli Rush dan BR-V dengan level harga yang bersaing. Xpander terasa lebih mewah dengan tombol start-stop engine, MID yang lebih berkelas dengan berbagai fitur, dan unit head yang lebih canggih.

 

Apalagi ditambah fitur keselamatan seperti fitur rem yang lebih lengkap dengan adanya ABS, EBD, BA hingga Hill Start Assist (HSA), sedangkan low SUV andalan Toyota masih terbatas fitur remnya. Xpander juga punya kelebihan dalam hal pengendalian dengan hadirnya fitur Active Stability Control (ASC).

 

Dengan berbagai kelebihan yang lebih menarik, namun harganya lebih murah, Mitsubishi merupakan ancaman besar bagi segmen low SUV. Jika Toyota Rush kalah dalam hal fitur, tampilan eksterior dan kelegaan kabin, maka Honda BR-V yang sama-sama berpenggerak roda depan juga terancam karena kualitas dan kenyamanan interior yang tidak sebaik Xpander.

 

Maka wajar saja penjualan Xpander tipe termewah sangat tinggi hingga mencapai angka 60% dari total penjualan, salah satunya karena konsumen yang membelinya bukan hanya peminat mobil low MPV, tapi juga calon pembeli Toyota Rush dan Honda BR-V yang mengurungkan niatnya karena ketertarikan mereka pada Mitsubishi Xpander.

 

Nama besar brand Mitsubishi juga berperan penting dan menjadi alasan kuat, mengapa konsumen memilih Xpander, khususnya tipe Ultimate sebagai tipe tertinggi.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *