Mitsubishi Xpander GLS, Apa saja Fitur yang Disediakan? Ini Review Detailnya

 

CaruserMagz.com – Salah satu varian standar dari Mitsubishi Xpander adalah tipe GLS yang hanya tersedia dengan tramisi manual. Apa saja yang didapat konsumen pada tipe terendah kedua ini?

Xpander tipe GLS dibanderol dengan harga Rp. 208,5 juta, lebih mahal 19,5 juta dari tipe GLX yang merupakan varian termurah. GLS lebih murah 6 juta dari tipe Exceed MT yang merupakan tipe menengah atau varian bertransmisi manual yang termewah.

Lalu apa saja hal yang berbeda pada Xpander GLS baik dari tipe GLX maupun tipe di atasnya? Berikut kami coba ulas dengan detail.

Eksterior

Aksen hitam glossy pada grill atas – Hal yang terlihat jelas pada tampilan luar adalah pada grill atas tidak dibalut aksen chrom seperti tipe di atasnya, melainkan diganti warna hitam glossy. Bagi sobat yang tidak suka terlalu banyak chrom, tentu tampilan ini akan terlihat lebih gagah.

Handel pintu sewarna body – Jika pada tipe tertinggi handel pintu luar sudah beraksen chrom, maka pada tipe GLS dan GLX dibuat sewarna body. Namun sudah cukup enak dipandang.

Fog lamp – Sudah disediakan foglamp pada tipe GLS, sedangkan pada tipe GLX tidak disediakan.

Velg Alloy single color 15 inci – Berbeda dari tipe GLX yang masih pake velg kaleng bertutup dop, tipe GLS sudah lebih baik dengan velg alloy 5 baut. Ukuran bannya sama dengan tipe GLX, yaitu 185/65-R15.

Kap mesin ada peredam – build quality interior Xpander sangat baik, lengkap dengan peredam pada bagian dalam kap mesin dan karet seal di sepanjang bagian depan kap tersebut.

Electric mirror – Pengaturan posisi kaca pada spion sudah elektrik, namun belum ada fitur Retractable Mirror.

Tidak ada Keyless System – Keyless operational System hanya ada untuk tipe Ultimate dan Sport, sedangkan selainnya masih menggunakan kunci kontak biasa.

Spion Sewarna Body + Lampu sein – Jika pada tipe Ultimate spion diberi aksen full chrom, maka pada tipe GLS spionnya sewarna body. Bagusnya sudah ada lampu sein pada rumahan spion tersebut.

Tidak ada defogger – Kaca belakang Xpander tipe GLS terlihat mulus tanpa garis-garis defogger.

Wiper Belakang – Semua tipe Xpander sudah dilengkapi wiper belakang, sehingga sangat membantu visibilitas ke belakang saat hujan.

Ban Serep full size Velg Kaleng – Ban serep Mitsubishi Xpander diletakkan di bawah bagasi bagian luar, tanpa cover. Ban serep tersebut berukuran sama dengan ban standarnya, namun velgnya kaleng seperti pada tipe GLX.

Interior

MID lebih kecil dan  Monocrom – tidak semewah MID pada tipe di atasnya, MID tipe GLS berupa layar monocrom dengan ukuran lebih kecil. Namun tetap terlihat lebih bagus dibanding MID kompetitor seperti Avanza, Ertiga dan Mobilio. Karena warna tulisannya kontras terang, bukan seperti layar kalkulator.

Tidak ada audio steering switch – Palang-palang setir Xpander GLS terlihat mulus tanpa tombol-tombol switch.

Head unit 2DIN – HU tipe GLS sama dengan yang ada pada tipe Sport. HU ini  sudah punya CD player, USB+AUX port.

AC Double blower – Salah satu kelebihan tipe GLS adalah AC-nya sudah double blower dengan pengaturan hembusan udara 4-speed.

Power outlet – ada di kabin depan dan baris ketiga, tidak ada di konsol box untuk baris kedua

Transmisi manual 5-percepatan – Transmisi manualnya ada beda dengan kebanyakan mobil sekarang, yaitu gigi mundur ke arah kiri depan. Cara mengaktifkannya dengan menarik cincin pada bawah tuas transmisi ke atas, lalu geser maksimal ke kiri, baru dorong ke depan. Model ini sama dengan transmisi manual pada mobil-mobil KIA.

Consol box tengah – Tempat penyimpanan ini beda dari tipe tertinggi, karena bukan model sliding dan tidak ada kompartmen di dalamnya.

Sunvisor dengan vanity mirror – Untuk penumpang depan ada vanity mirror, sedangkan sunvisor untuk pengemudi tanpa kaca.

Bahan pabric kursi tidak sebaik tipe ultimate – pembalut kursi dibuat dari bahan yang terasa kualitasnya cukup rendah.

Handel pintu dalam – polos berwarna beige, tidak chrom.

Tidak ada back pocket di sandaran kursi pengemudi – tapi ada di kursi penumpang depan, dengan 3 kompartmen.

Warna interior dual-tone – warna dashboard dan dootrim adalah kombinasi hitam – beige, namun secara keseluruhan warna dominan adalah beige. Khususnya kursi.

Ornamen motif carbon silver – Aksen ini sama dengan yang ada pada tipe Sport, yaitu ornamen carbon yang mengganti motif kayu pada tipe Ultimate.

Fitur

Kursi driver tidak ada heigh adjuster – Xpander GLS tidak mendapat fitur heigh adjuster untuk kursi pengemudi, seperti pada tipe sport dan ultimate.

Seat belt 3-titik lengkap – Sabuk pengaman tetap lengkap termasuk untuk penumpang tengah baris kedua, walau tipe GLS ini termasuk tipe standar.

Rem ABS + EBD – Fitur pengereman Mitsubishi Xpander tergolong lengkap, karena fitur ABS dan EBD sudah ada pada semua tipe. Bahkan di tipe tertinggi sudah dilengkapi BA dan HSA.

Rem belakang tromol – Rem belakang semua tipe Xpander masih tromol. Bukan cakram atau disc.

Tidak ada Stability Control – Fitur vehicle stability control hanya diperuntukkan bagi tipe sport dan ultimate.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

2 thoughts on “Mitsubishi Xpander GLS, Apa saja Fitur yang Disediakan? Ini Review Detailnya

  • August 19, 2017 at 6:22 pm
    Permalink

    Penjelasan yang sangat detail, benar, dan jelas!. Dari penjelasan tipe GLS dan Exceed pada Xpander ini emng ckup tidak signifikan perbedaan dan perubahannya, harganya punbeda sedikit, tapi di Exceed, kursi sudah multifungsi bisa diatur trmasuk heigh adjuster, bahan kursi pun menjadi High Grade fabric materials, serta door handle chrome pada bgian dalam, serta dual tone alloy rims dengan ban 16inch, dsb pada Exceed. Jadi cukup nanggung yah klo GLS, cuma tipe ini lebih hemat budget anda, dengarnya banyak yang mengambil tipe Exceed bertransmisi matic sbagai tipe rendahnya transmisi matic karena A/T cuman baru bisa anda pilih di tipe Exceed. Dan transmisi Manual termewah pada Exceed. Sdikit info tmbahan dari saya, skali lagi ini Review yang jooss..! Trimakasih.

  • August 19, 2017 at 11:34 pm
    Permalink

    Thanks bro anon.. lain kali sertakan identitas saat komen yah. Makasih apresiasinya..

Comments are closed.