Mitsubishi Outlander Sport Action jadi Varian Tertinggi, ini Perubahan dan Harganya!

CaruserMagz.com – Berbarengan dengan peluncuran Pajero Sport Dakar yang diproduksi lokal (CKD), PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) juga memperkenalkan  varian baru bernama Mitsubishi Outlander Sport Action, ini merupakan varian tertinggi dari crossover yang berlaga di segmen mini SUV.

 

Sayangnya ini bukan generasi baru dari Mitsubishi Outlander yang sudah menggunakan bahasa desain terkini dengan dynamic shield, seperti yang sudah dirilis di Eropa. Tapi masih dengan model lama yang dari segi desain tidak lagi menarik.

 

Dibanding para kompetitor seperti Honda HR-V dan Nissan Juke, Outlander lebih jarang kita jumpai di jalanan. Begitu atraktifnya Honda HR-V membuatnya seperti jamur di jalanan, namun entah mengapa hal itu belum membangkitkan gairah Mitsubishi untuk mendatangkan Outlander generasi baru.

 

Kami yakin jika saja Outlander Sport generasi baru dengan wajah dynamic shield itu hadir, peta persaingan akan berubah drastis dan Mitsubishi akan kembali mendapat jatah kue yang lumayan besar di SUV segmen-B ini.

 

Menurut Mitsubishi, New Outlander Sport Action ini adalah penyempurnaan dari tipe PX yang merupakan varian tertinggi. Sehingga kini ada total 4 tipe Outlander, yaitu GLX, GLS, PX, dan Action. Outlander pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2012 dan pernah mendapat penyegaraan minor pada 2014.

 

Mitsubishi sendiri sepertinya kurang bersemangat dengan segmen outlander ini, hal itu diakui oleh Head of Sales and Marketing PT MMKSI, Imam Choeru Cahya, yang menyatakan bahwa pasar Outlander Sport tergolong kecil. Sedangkan dihadirkannya Varian baru hanyalah upaya Mitsubishi untuk bertahan di pasar mini SUV ini.

 

Apa yang baru dari Outlander Sport Action?

 

Dengan selisih harga hanya 5 Juta Rupiah dari tipe PX, tambahan aksesoris dan fitur dapat dikatakan cukup signifikan. Outlander Sport Action ini diupayakan mengikuti tren mini SUV terkini. Berikut perubahan dan penambahan fitur pada mobil ini:

 

Penambahan LED+DRL pada head lamp.
Front corner extension pada kisi – kisi bumper yang menambah aksen sporty dan gagah.
Front under cover memberi tampilan yang lebih sporty.
Rear under cover menjadi lebih sporty dari sisi belakang.
Double din audio 7 inch dengan berbagai fitur dan konektifitas.
Shift knob untuk merubah posisi gigi transmisi menggunakan jari-jari saja, varian bertransmisi otomatis. fitur ini juga ada pada Pajero Sport Dakar.
Rear bumper plate, untuk menambah kesan mewah pada Mitsubishi Outlander Action.
New rear camera sehingga parkir maupun mundur menjadi lebih aman dan mudah.
Chrome Plate door mirror cover, juga untuk menambah kesan kemewahan tersendiri.
Side Sporty Decal, menjadi ciri khas dari New Outlander Action menjadikan mobil kecil ini lebih sporty dan maskulin.

 
 

Mesin

 

Untuk urusan dapurpacu, Mitsubishi tidak memberikan mesin baru bagi Outlander Sport Action, masih menggunakan mesin lama, yaitu mesin bensin berkode 4B11-MIVEC-DOHC dengan kapasitas 1.998 cc (2.0L), bertenaga 150 PS (110 kW)  pada 6.000 rpm dan torsi puncak 197 Nm (20.1 kgm) pada 4.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis CVT INVECS III with Sport Mode.

 

Harga

 

Mitsubishi  New Outlander Sport Mitsubishi Action dibanderol Rp. 375 juta on the road Jakarta. Harga ini hanya lebih mahal Rp. 5 juta dari varian PX  yang harus turun tahta sebagai varian tertinggi. Mitsubishi menargetkan penjualan 150-200 unit Outlander Sport per bulan.

 

Berikut daftar harga semua tipe Mitsubishi Outlander Sport (OTR Jabodetabek) :

New Outlander Sport Action : Rp.375.000.000
Outlander Sport PX            : Rp.370.000.000
Outlander Sport GLS           : Rp.345.000.000
Outlander Sport GLX           : Rp.330.000.000
 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *