Mitsubishi Xpander Punya Bentuk dan Dimensi Mirip Avanza?

CaruserMagz.com – Mungkin sobat pembaca sama dengan kami, mengenai akan seperti apa penampakan low MPV keluaran Mitsubushi, penasaran kan! Versi komersil dari Mitsubishi XM Concept tersebut ternyata diberi nama Mitsubishi Xpander.

 

Prototipe versi produksi masal sudah diuji jalan oleh para teknisi Mitsubishi di Jepang, termasuk Orang nomor 1 di Mitsubishi, Carlos Ghosn, pun dikabarkan mencoba test drive Mitsu Expander ini.

 

Jika kita mengingat tampang konsep Mitsubishi XM saat dipamerkan di GIIAS 2016 yang lalu, kita akan lebih cenderung mengatakan bahwa versi produksinya akan lebih cocok bersaing dengan Toyota Rush atau Honda BR-V. Karena nuansa SUV nya sangat kental bahkan lebih garang dari SUV besar seperti Toyota Fortuner.

 

Apalagi jika kita melihat teaser versi digitalnya, konsep XM seperti mobil masa depan yang bertenaga buas. Namun harus kita sadari, versi konsep memang selalu memukau. Jangan harap pabrikan akan membuat versi produksi sama persis dengan mobil konsep, karena tentu biayanya mahal dan mungkin juga kurang manusiawi dalam hal kenyamanan.

 

Sejak awal kemunculan isu-nya, petinggi Mitsubishi sudah memberikan pernyataan bahwa konsep XM akan dijadikan low MPV pada versi produksinya. Artinya mobil ini akan menjadi senjata bagi Mitsubishi untuk menggempur pasar tergemuk di Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Mitsubishi Expander akan menjadi saingan berat bagi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, mengingat jaringan dealer Mitsubishi yang tersebar luas di Tanah Air.

 

Mitsubishi New MPV - Xpander-Kamuflase
Mitsubishi New MPV – Xpander-Kamuflase

 

Jika kita lihat penampakan Mitsubisnhi Expander dalam balutan kamuflase tersebut, semua menjadi masuk akal jika ini adalah low MPV, bukan SUV. Ground clearance-nya tidak seatraktif versi konsep yang jangkung, kemungkinan akan lebih rendah dari Avanza atau seperti GC milik Honda Mobilio yang di bawah 20 cm.

 

Profil ban juga terlihat berukuran layaknya ban mobil low-MPV, kemungkinan 14 atau 15 inchi saja. Berita baiknya, velg tersebut berdesain sporty dengan dual-tone color. Dari penampakan samping, ban tersebut seperti kekecilan dibandingkan dengan body MPV-nya.

 

Bentuk keseluruhan Mitsubishi Expander tersebut sangat mirip dengan penampakan Avanza atau Ertiga. Hal yang membedakan secara signifikan kemungkinan adalah desain fascia depan dengan ciri khas dynamic-shield dan penampakan bagian belakang. Kemungkinan mobil ini akan jauh lebih kemayu dibanding versi konsep XM.

 

Dari samping, kemiringan pillar-A menunjukkan bahwa mobil ini punya siluet aerodinamis seperti Toyota Innova. Pintu baris kedua terlihat panjang seperti pada Suzuki Ertiga, itu kabar baik untuk kelegaan kabin baris kedua. Ada kemungkinan MPV ini akan lebih panjang dari Avanza, namun selisihnya tidak akan signifikan sampai seperti pada Innova.

 

Hal positif lainnya yang terlihat adalah sudah adanya rear-spoiler dan antenna pendek di bagian belakang. Hal-hal tersebut akan mendongkrak penampilan mobil ini sehingga terlihat lebih kekinian. Semoga saja akan banyak kejutan pada penampilan versi produksi yang kita nanti-nantikan ini.

 

Bagi sobat yang sedang berencana membeli low-MPV, mungkin sebaiknya tahan dulu uangnya. Bersabarlah barang setengah tahun lagi. Apalagi jika sobat sudah bosan dengan low MPV mainstream yang ada sekarang, Mitsubishi Expander ini layak dinantikan.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *