Mitsubishi Xpander Berpenggerak Roda Depan (FWD), Sanggup Lawan Avanza?

CaruserMagz.com – Berbagai bocoran dan isu mengenai small MPV Mitsubishi makin berseliweran, bahkan sulit dibedakan mana berita dan mana yang baru rumor. Belakangan, ada kabar yang agak detail mengenai jeroan mesin Mitsubishi yang dikabarkan akan bernama Expander ini.

 

Adalah AutonetMagz.com yang menulis kabar pada 21 Juli 2017 mengenai foto penampakan versi produksi dari Mitsubishi XM-Concept ini. Dalam rilis tersebut, Kang Satria Katana, sang kontributor menulis bahwa Xpander akan menggunakan mesin turunan dari Mitsubishi Colt berkapasitas 1500cc.

 

Hal lainnya yang dikabarkan adalah mengenai transmisi CVT dengan 6-percepatan virtual dan MPV ini akan berpenggerak roda depan (FWD), bukan roda belakan (RWD) seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

 

Dikabarkan juga bahwa bobot Mitsubishi Xpander lebih berat dari para kompetitor seperti Honda mobilio, Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza, karena secara dimensi memang mobil ini lebih bongsor.

 

Didetailkan oleh media India berdasarkan informasi dari AutonetMagz yang sama-sama kita ketahui biasanya akurat, bahwa mesin tersebut berkode 4A91 sesuai yang digunakan pada Mitsubishi Colt.

 

Mesin tersebut berkonfigurasi DOHC 16v yang memiliki rasio kompresi 10,5: 1. Pada Mitsubishi Colt, mesin ini bertenaga 120 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.000 rpm. Media India tersebut juga mengabarkan bahwa Mitsubishi melakukan down-tuning mesin untuk menyesuaikan dengan kualitas bbm di Indonesia yang rendah dan efisiensi konsumsi bahan bakar.

 

Penantang Avanza yang FWD semua Gagal!

 

Baiklah, terlepas apakah kabar tersebut tepat atau meleset, jika benar Mitsubishi Xpander ini berpenggerak roda depan, maka menurut kami Expander kemungkinan bernasib sama dengan penantang Avanza lainnya, seperti Mobilio dan Ertiga, karena sejarah kegagalan Low MPV FWD sudah panjang mulai dari Nissan Grand Livina hingga terakhir ada Chevrolet Spin.

 

Jika yang jadi andalan adalah fitur dan tongkrongan yang sporty ala SUV, itu belum cukup untuk menggeser Avanza dari singgasana low MPV di Indonesia. Karena entah mitos atau bukan, konsumen Indonesia masih meragukan MPV berpenggerak roda depan. Kecuali Mitsubishi membuat kejutan dengan membuat pilihan Expander RWD dan FWD.

 

Mindset Orang Indonesia tentang Mobil FWD!

 

Kebanyakan doktrin dari mulut ke mulut pada calon pembeli mobil adalah bahwa mobil berpenggerak roda depan kurang tangguh melahap medan yang bervariasi apalagi tanjakan.

 

selain itu, rumor yang menakut-nakuti calon konsumen adalah bahwa mobil FWD mudah bermasalahan dengan kaki-kaki roda depannya, dan jika terjadi masalah, biaya perbaikan akan sangat mahal.

 

Isu-isu tersebut telah menahan Mobilio dan Ertiga yang hanya bisa mencicipi kursi runner-up dari low MPV terlaris hingga saat ini. Karena Avanza tetap Berjaya di segmen pembeli dalam jumlah masal, seperti mobil untuk operasional perusahaan, pengusaha mobil rental, pelaku taksi online dan lain sebagainya.

 

Sehingga para penantang Toyota Avanza yang berpenggerak roda depan, hanya bisa memperebutkan segmen mobil pribadi saja, yang itu pun kebanyakan konsumennya masih terdoktrin dengan kuat oleh ketangguhan mobil RWD.

 

So.. Kita lihat saja, apakah Mitsubishi Expander akan berjaya menjadi MPV FWD pertama yang menumbangkan hegemoni Toyota Avanza di pasar mobil penumpang paling gemuk di Indonesia.

 

Good Luck Mitsubishi New Small MPV!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

6 thoughts on “Mitsubishi Xpander Berpenggerak Roda Depan (FWD), Sanggup Lawan Avanza?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *