Mesin Toyota Agya 1.0 Beda dari Ayla 2017 pada Teknologi VVTi dan Tenaga

CaruserMagz.com – Toyota Agya dan Daihatsu Ayla facelift baru saja diluncurkan pada awal bulan April 2017. Keduanya kini punya 2 pilihan varian berdasarkan kapasitas mesin, yaitu mesin 1000cc yang sama dengan mesin pada versi lama dan mesin 1200cc yang merupakan varian baru dengan tampilan berbeda baik pada Agya maupun Ayla.

 

Pada varian bermesin 1200cc (1.2L), baik Ayla maupun Agya diberi mesin yang sama dalam segala hal, baik teknologi maupun output powernya, yaitu mesin 3NR-VE 4-silinder bertenaga 88 PS dan torsi 108 Nm, berteknologi dual-VVTi.

 

Meskipun pada tipe standar sama-sama menggunakan mesin 3-silinder 998cc atau sering disingkat 1.0L, ternyata Agya dan Ayla 2017 tipe standar tersebut dibedakan pada teknologi mesinnya. Yaitu teknologi VVT-i (Variable Valve Timing – intelligent) yang disematkan pada Toyota Agya, sedangkan Daihatsu Ayla 1.0 2017 masih menggunakan mesin yang sama dengan versi lawas, tanpa VVT-i.

 

Teknologi VVT-I merupakan system pengaturan bukaan valve/katub pada mesin sehingga meningkatkan kinerja mesin.

 

Sebagai akibat dari perbedaan teknologi tersebut, Toyota Agya 1.0 punya kelebihan dalam hal kinerja mesin sebagai berikut:
1. Konsumsi bahan bakar Agya 1.0 lebih irit 30% dibanding Ayla 1.0L.
2. Getaran mesin Agya 1.0 terasa lebih halus, meskipun sama-sama 3-silinder.
3. Tenaga Toyota Agya 1.0 lebih besar 2 PS, yaitu 67PS dibanding tenaga Ayla 1.0 yang hanya 65PS.

 

Jadi wajar saja jika Toyota Agya tetap lebih mahal dari Ayla pada semua kasta variannya. Karena dari segi teknologi dan fitur, Toyota selalu lebih baik. Hal itu juga yang mungkin menjadi salah satu faktor penyebab Agya lebih laris dibanding Ayla.

 

Baca juga:

 

Itulah perbedaan mesin Agya 1.0 dan Ayla 1.0 2017. Dalam hal mesin dan fitur boleh jadi Agya lebih unggul, namun Ayla punya kelebihan dalam hal tampilan eksterior yang lebih elegan dan fitur infotainment berupa head unit layar touch screen pada tipe tertinggi yang nampak lebih keren dari head unit Agya yang hanya 2DIN.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *