Mengapa Ganti Oli KIA Picanto di Bengkel Resmi Butuh 4 Liter

CaruserMagz.com – Berapa liter oli KIA Picanto? KIA All New Picanto adalah citycar bermesin 1248cc (1.25L), sehingga secara volume mesin mirip-mirip dengan small hatchback lainnya yang bermesin 1200cc atau low MPV 1300cc.

 

Dengan mesin 1.25cc lazimnya volume oli yang dibutuhkan saat mengganti oli hanyalah 3 liter, namun jika sobat pemilik KIA All New Picanto mengganti oli di bengkel resmi, selalu akan dikenakan biaya untuk 4 liter.

 

Mengapa demikian? Ternyata hal itu terjadi karena saat penggantian oli di bengkel resmi selalu sekaligus mengganti filter oli, sedangkan ruang fiter oli bervolume kurang lebih 0,5 liter, sehingga jumlah oli yang dibutuhkan adalah 3,5 liter.

 

Jika sobat pemilik KIA All New Picanto hanya mengganti oli tanpa ganti filter, maka hanya butuh 3 liter saja, namun jika harus mengganti atau membersihkan filter oli, terpaksa menyiapkan biaya untuk membeli 4 liter.

 

 

Jadi sebenarnya ada sisa 0,5 liter setiap penggantian oli di bengkel resmi, atau di bengkel non-resmi yang sekaligus mengganti filter. Sisa tersebut bisa saja diminta oleh konsumen jika ada alokasi penggunaannya.

 

Misalnya, sisa oli yang 0.5 liter itu bisa disimpan untuk kemudian digunakan pada saat penggantian oli berikutnya, sehingga hanya dibutuhkan 3 liter oli saja. Lumayan membantu menghemat budget service, bagi sobat pemilik KIA All New Picanto.

 

Semoga informasi ini bermamfaat bagi pemilik mobil, khususnya sobat yang baru saja memiliki mobil KIA All New Picanto.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *