Membandingkan Design Compact Hatchback. KIA Rio Sempurna, VW Polo Elegan

CaruserMagz.com – Medium Hatchback atau biasa juga disebut Compact Hatchback, sedang menjadi salah satu jenis mobil favorit saat ini, khususnya di perkotaan yang kian akrab dengan kemacetan di jalan raya. Selain mempunyai kenyamanan dan kemewahan interior yang sama dengan sedan, medium hatchback mempunyai kelebihan, yaitu kelincahan di jalan raya karena dimensinya yang tidak sepanjang sedan dan kepraktisan baris kedua yang bisa diubah menjadi bagasi.
Mobil Medium Hatchback di Indonesia
Mobil Medium Hatchback di Indonesia
Medium hatchback tidak hanya memberikan keandalan fungsional, namun juga memberikan prestise tersendiri di kalangan orang-orang muda dengan persaingan pabrikan mobil pada design eksterior yang makin atraktif.
Untuk membantu para calon pembeli medium hatchback di Indonesia dalam memilih mobil impian mereka, kami ingin memberikan opini kami mengenai perbandingan tampilan eksterior beberapa hatchback ternama. Karena mengenai penilaian tampilan luar sangat bersifat subjektif, kami mengingatkan Sobat pembaca artikel ini, bahwa penilaian ini merupakan pendapat kami pribadi dan Sobat bisa saja punya pendapat lain yang sangat berbeda.
Delapan mobil hatchback yang kami bandingkan dalam artikel ini antara lain: Toyota Yaris, Honda Jazz, Suzuki Swift, KIA Rio, Hyundai Grand Avega, Mazda Two, VolksWagon (VW) Polo dan Ford Fiesta. Kami memasukkan VW Polo karena meskipun ini mobil eropa, harganya relatif satu level dengan Compact Hatchback Jepang dan Korea yang ada di Indonesia. Berikut ulasan kami mengenai design eksterior mobil-mobil tersebut.

1. Suzuki Swift

Hatchback racikan designer Suzuki ini mempunyai bentuk yang paling bernuansa jadul. Bentuknya paling tidak atraktif dibandingkan 7 saingannya dalam list perbandingan ini. Kami harus mohon maaf pada para pecinta Suzuki Swift, karena kami tidak menyukai bentuk Swift yang menurut kami lebih cocok bersaing dengan small hatchback dibanding medium. Baik dari ukurannya yang kecil maupun dari bentuknya yang mungkin ingin tampil elegan, tapi malah jadi seperti ketinggalan dan kurang sentuhan kreatif yang inovatif.
Exterior Suzuki Swift
Exterior Suzuki Swift

 

Tampang wajah dan bentuk keseluruhan Suzuki Swift mungkin ingin meniru Mini Cooper yang sudah punya image mobil mewah dan sangat mahal. Karena sudah beberapa tahun tidak ada perubahan signifikan pada design mobil ini, Suzuki Swift jadi tampak ketinggalan zaman dibanding kompetitor-kompetitornya yang sudah sangat berubah.
Sebenarnya kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada Swift, namun hampir pada keseluruhan mobil-mobil Suzuki yang sepertinya lambat disesuaikan dengan alam otomotif masa kini. Semoga saja dalam waktu dekat akan ada perubahan yang revolusioner pada mobil-mobil Suzuki agar lebih sesuai dengan aura futuristik yang atraktif.

2. Ford Fiesta

Compact Hatchback asal negeri paman sam ini banyak disukai pecinta “fun to drive“, karena Ford Fiesta merupakan mobil yang paling menyenangkan dalam hal tenaga dan pengendalian. Namun bagaimana dengan design ekteriornya? Tampang mobil ini lebih mengutamakan aerodinamis daripada tampilan yang menarik. Menurut kami, eksterior mobil ini jelek, baik wajahnya maupun bentuk belakangnya.

Eksterior Design - Ford Fiesta
Eksterior Design – Ford Fiesta

Wajah Ford Fiesta yang seperti kepala ikan gabus sedang membuka mulut, memang sangat sempurna untuk aliran udara dan menjadikan mobil ini sangat aerodinamis, namun tidak banyaknya perubahan dari awal kedatangannya hingga sekarang, membuat mobil ini nampak membosankan. Sama seperti mobil-mobil ford lainnya, sentuhan kreatifitas design sangat sedikit.

Penampakan bagian belakang juga kurang menarik, design lampu yang bersambung dengan alur kaca pintu baris kedua nampak kurang sedap dipandang, karena seperti mematahkan alur aerodinamis yang ditarik dari depan dan merusak nuansa kecepatannya. Mungkin bagi orang Amerika design seperti itu menarik, tapi di Indonesia, kami kira tidak banyak orang yang menyukai bentuk mobil ini.

3. Mazda-2

Banyak orang menyukai penampakan depan Mazda 2 ini, karena dinilai cantik. Kami sedikit menyukai design wajah Mazda 2 dengan DRL pada projector head lamp-nya. Namun sayangnya hanya itu yang menarik dari design eksterior mobil mewah Jepang ini.

Mazda-2 side look
Penampakan Samping Mazda-2 yang tidak proporsional

Apabila dilihat dari samping, Mazda 2 nampak tidak proporsional. Moncongnya nampak kepanjangan sedangkan bagian belakangnya seperti terpotong. Kami lebih menyukai mobil ini pada versi sedan jika dilihat dari samping.

Beralih ke bagian belakang, design bokong Mazda 2 sangat seadanya, tidak menarik dan seolah-olah designer-nya hanya membaguskan bagian depan, sedangkan bagian belakang yang penting ada saja.

4. Toyota Yaris

Compact Hatchback turunan Toyota Vios ini cukup laris, namun lebih karena faktor Toyota yang merupakan raksasa otomotif dunia dengan jaringan terluas di Indonesia dan Amerika. Jika melihat penampakan eksteriornya, kami lebih suka versi sedannya, karena nampak lebih proporsional.

Toyota Yaris 2015
Toyota Yaris 2015

Sama halnya dengan Mazda 2, mobil ini kurang menarik dilihat dari sisi samping dan belakang. Kami hanya sedikit menyukai bentuk wajahnya yang sudah mulai tajam, tidak seperti versi lawas yang sangat membosankan. Tampilan head lamp yang sipit dan grill yang dipadu dengan list model kumis ikan lele mengingatkan kita pada mobil-mobil lexus.

Bagaimana dengan design lampu belakang dan bentuk bokong Toyota Yaris? hmmm.. menurut kami jelek, ini hanya menyangkut selera, mungkin sebagian orang menyukainya. Bentuk lampu Yaris ini aneh dan merusak penampakan bokongnya.

Toyota merilis Yaris Facelift pada akhir bulan April 2016 di Beijing International Auto Show. Toyota Yaris facelift ini kian tidak menarik dan aneh dengan tampilah wajah berkumis lebih tebal. Mungkin kumis tipis ikan lele pada Yaris sebelumnya tumbuh lebat, sehingga Yaris versi China jadi mirip Pak Raden.

Design wajah Yaris terbaru ini sungguh di luar dugaan kami, jika mobil-mobil lain dibawa ke arah yang makin futuristik, mengapa Yaris dibuat makin bernuansa tahun 70an. Aah.. mungkin Toyota mendatangkan designer dari masa lalu. Banyak sekali kritik para netizen pada design wajah Yaris terbaru ini, seperti istilah Yaris Pak Raden, Lele lupa nyukur kumis, ugly thing, dan lain sebagainya. Kita nantikan saja di GIIAS 2016 pada bulan Agustus mendatang, apakah Yaris Pak Raden ini akan masuk ke Indonesia juga.

5. Hyundai Grand Avega

Jika mengingat Hyundai Avega yang merupakan asal muasal Grand Avega ini, maka kita akan menganggap Grand Avega cukup keren untuk ukuran mobil Korea. Karena pada versi lawas, Avega seperti sedan dari depan, tapi menjadi tidak jelas apakah sedan atau hatchback ketika dilihat dari samping dan belakang. Dapat dikatakan Hyundai Avega versi pertama sangat jelek penampakannya dan berkesan mobil murahan.

Hyundai Grand Avega
Hyundai Grand Avega

Namun perubahan mobil-mobil Korea sejak tahun 2012, sangat revolusioner. Hyundai merekrut mantan designer BMW, Thomas Burkle, yang membuat mobil-mobil Hyundai sangat kental bernuansa Eropa hingga sekarang, baik dari segi fitur, karakter pengengendalian dan Kenyamanan, maupun design eksterior dan interior.

Wajah Grand Avega cukup elegan dan bentuk keseluruhannya cukup proporsional. Memang kurang terasa sebagai mobil mewah karena designnya tergolong biasa-biasa saja untuk mobil masa kini. Tapi menurut kami, design eksterior mobil ini lebih baik dibandingkan dengan 4 kompetitornya yang kami jelaskan di atas. Hal yang menarik dari Hyundai Grand Avega adalah harganya yang miring dengan fitur yang lumayan bersaing dan built quality yang sangat bagus, sehingga value for money-nya cukup menarik.

Hanya saja, kami tidak suka dengan design belakangnya. Bukan hanya tidak menarik, tapi bentuk lampu belakang mobil ini jelek. Design bokong Hyundai Grand Avega merusak keindahan bentuk keseluruhan yang sudah baik di bagian depan dan samping.

6. Honda Jazz

Honda Jazz merupakan turunan dari Honda City pada awalnya, namun pada generasi kedua hingga yang terkini, bentuk wajah Honda Jazz sudah sangat berbeda dari City. Sebelum mengenal KIA Rio dan VW Polo, kami sempat menjadikan Honda Jazz sebagai mobil favorit, karena bentuknya yang tajam dan cukup berbeda dari mainstream mobil-mobil hatchback.
Meskipun kami menyukai Honda Jazz generasi kedua, kami masih tidak dapat menyukai setiap bagiannya. Misalnya bagian belakang yang cukup membosankan.
Facelift terbaru dari Honda Jazz membuat eksterior mobil ini tampak lebih rumit dari versi sebelumnya. apalagi jika dilihat dari samping dan belakang, terlalu banyak lekukan dan garis-garis yang tidak sealur dengan keseluruan body dan design lampu belakangnya tidak sedap dipandang. Mungkin mobil ini terlihat cantik pada pandangan pertama, cuma bentuk keseluruhannya membuat kami lekas bosan.
Honda Jazz Generasi ke-Tiga
Honda Jazz Generasi ke-Tiga
Design mobil-mobil Honda memang futuristik, tapi kami belum menemukan mobil Honda yang sempurna di setiap bagian. Selalu ada bagian yang tidak enak dilihat, seperti Honda Freed yang cantik di depan, tapi jelek seperti mobil kargo di bagian belakang, Mobilio yang bagus bokongnnya, tapi membosankan wajahnya, dan lain sebagainya.

7. VW Polo

Compact hatchback asal pabrikan Jerman ini sangat menarik untuk dilihat secara detail eksteriornya. Sebenarnya tidak hanya Polo, mobil-mobil VW yang lain juga mempunyai kharisma yang elegan. Mungkin bagi sebagian orang design eksterior VW Polo biasa-biasa saja, namun detail wajah, proporsi antara bagian depan dan belakang serta bentuk keseluruhan mobil ini cukup menawan.
Sayangnya VW Polo yang dipasarkan di Indonesia adalah Polo yang di produksi di India, sehingga kualitas interiornya tidak sebaik yang diproduksi di Eropa. Namun penampakan eksteriornya tidak berbeda dengan versi Eropa. Hal yang kurang menyenangkan lainnya bagi penggemar mobil-mobil VW adalah jaringan dealer dan bengkel resmi yang sangat terbatas di Indonesia.
Exterior Design VolksWagon Polo
Exterior Design VolksWagen Polo – Elegant Beauty
Tampilan wajah VW Polo yang tidak banyak pernak-pernik seperti mobil-mobil Jepang terlihat sangat elegan. Bentuk headlamp, aksen chrom yang simple dan grill bumper yang seirama dengan grill atas membuat wajah VW Polo enak dilihat dari sudut mana saja.
Bentuk kesuluran body mobil ini sangat proporsional dan sangat cocok untuk kaum professional yang menyukai style elegan yang berkharisma. Design bagian belakang dengan lampu yang sederhana dan lengkungan pintu yang sempurna membuat mobil ini nampak gagah. Kami sangat menyukai karya Designer VolksWagen ini, kami menyebut mobil ini “Charming Car“.

8. KIA Rio

Kami hampir tidak menemukan sesuatu yang tidak menarik dari design eksterior KIA Rio. Karya Peter Schreyer, sang mantan designer Audi asal Jerman ini, sangat briliant. Bentuk keseluruhan KIA Rio sangat menawan. Mat Watson, Reviewer asal Inggris menyebut KIA Rio ini sebagai “Nice Looking Thing“. Cantik sekaligus gagah. Pantas jika Rio mendapatkan penghargaan bertubi-tubi di Eropa dan Amerika.
KIA Rio - Nice Looking Car
KIA Rio – Penampakan Samping yang sangat Aerodinamis

 

Pertama kali melihat tongkrongan KIA Rio pada tahun 2012, kami sedikit tidak percaya itu seekor mobil KIA, karena sebelum tahun 2012, KIA sangat lekat dengan image mobil murah dan design yang ugly (super jelek).
Perubahan revolusioner yang dilakukan KIA mencengangkan dunia otomotif. tidak hanya dari segi design, namun juga berubah total dari kualitas eksterior dan interior, kepraktisan, kenyamanan, fitur dan keandalan performanya.
Design grill tiger nose pada KIA Rio yang elegan, langsung tersambung dengan headlamp yang cantik sempurna. Bentuk wajah KIA Rio membuat mobil ini tidak membosankan untuk dipandangi dalam waktu lama dan berulang-ulang dari sudut mana saja. Kami membayangkan mobil ini sebagai Mobil Konsep yang diproduksi masal lalu dipasarkan. Saat mobil ini berada di jalan raya, banyak mata pengguna jalan yang tertuju padanya, seperti wanita cantik yang menggoda para lelaki untuk selalu melihatnya dan membayangkan rasa memilikinya.
Dilihat dari samping, KIA Rio terlihat sangat aerodinamis dan menunjukkan aura tenaga yang dapat melesat dengan kencang dan membelah udara dengan tenang. Bagian belakangnya yang proporsional membuat mobil ini nampak gagah, bahkan mirip bokong SUV. Kami sangat menyukai design lampu belakangnya yang memanjang ke pintu belakang. Design lampu belakang ala KIA ini sepertinya sudah ditiru Toyota pada produk-produk terbarunya seperti Innova, Fortuner dan Sienta.
KIA Rio - Design Eksterior yang Sempurna
KIA Rio – Design Eksterior yang Sempurna
Meskipun sejak diluncurkan pada tahun 2012 hingga tahun 2016 ini, belum ada facelift signifikan pada KIA Rio. Namun menurut kami, belum ada Compact Hatchback di Indonesia yang mampu menyaingi keindahan karya Peter Schreyer ini. Mobil-mobil Jepang bisa difacelift hanya dalam waktu 2 tahun saja, namun kami belum menemukan Hatchback Jepang yang enak dilihat dari setiap sisi seperti KIA Rio, jika wajahnya bagus, maka bagian belakangnya membosankan atau bahkan sangat jelek, dan sebaliknya.
Banyak kata untuk KIA Rio: Perfecto! Nice looking car! Cantik! Long Lasting Design! Phenomenal!
Sayangnya jaringan KIA di Indonesia masih kurang luas, masih banyak masyarakat yang takut pada masalah service dan sulitnya mendapatkan spare part. Sehingga mereka mengurungkan niat membeli KIA Rio, walau mengagumi design KIA Rio yang menawan. Seandainya saja nama mobil ini Toyota Rio, mungkin Compact Hatchback yang lain akan menghilang dari pasar otomotif tanah air.

Kesimpulan

Dari ulasan kami di atas, sobat pembaca sudah dapat menyimpulkan bahwa pemenang dalam perbandingan ini adalah KIA Rio dan urutan menunjukkan mulai dari yang paling tidak menarik hingga yang paling atraktif.
Sekali lagi, perbandingan design eksterior ini merupakan pendapat subjektif kami pribadi. Karena memang sulit untuk menjadi objektif dalam hal menilai tampilan eksterior mobil. Sama halnya dengan menilai cantik atau tidaknya seorang wanita, banyak orang punya pendapat yang berbeda walau tidak sedikit yang berpendapat sama. Karena “Cantik itu Relatif“. Tapi semoga pendapat kami seirama dengan kebanyakan pecinta otomotif lainnya. Jika sobat mempunyai pendapat yang berbeda, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini.
Jika Sobat bertanya, yang manakan di antara mobil tersebut yang paling kami sukai? Maka jawaban kami jatuh pada VW Polo, karena kami menyukai design yang elegan dan detail yang luxury. Pilihan tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti kenyamanan, kepraktisan ruang bagasi dan design interior yang berwarna base hitam dan elegan.
Namun jika pertanyaannya yang mana yang akan kami beli? maka absolutely pilihan kami adalah KIA Rio. Karena yang pertama adalah istilah kerennya “Value for Money” yang lebih tinggi, alias lebih terjangkau dibanding Polo yang menyandang label mobil Eropa. Yang kedua adalah karena jaringan KIA di Indonesia lebih luas dibanding VW.
Demikian perbandingan design eksterior Medium Hatchback yang ada di Indonesia. Kami mohon maaf jika banyak kata-kata yang kurang menyenangkan atau dianggap terlalu berlebihan dalam ulasan kami ini, khususnya bagi pemilik dan pecinta mobil-mobil tersebut. Perlu kami tegaskan, bahwa kami tidak terafiliasi maupun dibayar oleh salah satu brand otomotif mobil-mobil tersebut.

Salam Otomotif!
 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

6 thoughts on “Membandingkan Design Compact Hatchback. KIA Rio Sempurna, VW Polo Elegan

  • May 31, 2016 at 2:37 pm
    Permalink

    heran gue desain bokong avega, yaris dibilang jelek. gue sendiri make avega dari harga juga masih masuk akal di kantong. desain bokong menurut gue fine-fine aja sih. menurut gue sih desain dibikin gitu untuk ngikutin alur dari samping yang udah ramping. ga lucu sih kalau dibikin bokong ala rio dengan merunut dari desain avge 😀

    Reply
  • May 31, 2016 at 3:53 pm
    Permalink

    sobat tidak salah, kami sudah tulis masalah desain eksterior ini sangat subjektif, semua orang bisa punya pendapat berbeda, itu sah-sah saja. kalo masalah desain belakang, hyundai punya mobil hatchback dengan desain yang sangat atraktif, selain grand avega, yaitu Hyundai i-30. kami lebih suka jika bokong grand avega dibuat seperti pada i-30. silahkan googling saja jika tertarik melihat i-30.

    Reply
  • November 26, 2016 at 2:54 am
    Permalink

    Overall emang design kia rio no wahid cuma brand kia di indonesia kurang diminati entah after sales dan servicenya ,andai itu brand honda atau toyota pasti meraih no 1 indonesia , menurut saya bentuk bokong mobil paling jelek di indonesia raya ada honda brio , kaya abis di gigit monster jahat , kalo mobilionya sih keren

    Reply
  • July 12, 2017 at 9:00 pm
    Permalink

    Wah kalau menurutku sih yg paling keren tetep swift .Desain minimalis dg interior paling wahid dan elegan .Irit banget malahan ,yg paling penting suspensinya itu,empuk mas brooohhh…salam swift

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *