Mazda6 Recall di Amerika, Potensi Power Steering dan Airbag Tidak Berfungsi

CaruserMagz.com – Mazda Amerika mengumumkan recall atau penarikan kembali pada lebih dari 60.000 unit sedan Mazda6, karena masalah kabel sensor yang terkait dengan sistem power steering dan airbag.

 
Kesalahan tersebut berpotensi membuat power steering dan airbag tidak berfungsi. Menurut pemberitahuan yang diterbitkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), ada “bekas percikan las yang berlebihan” pada bingkai kursi penumpang depan.

 
Sisa percikan las yang berlebihan kemungkinan akan bergesekan dengan kabel sensor occupant classification, dalam waktu tertentu kondisi tersebut berpotensi merusak kabel, lalu menimbulkan kesalahan pada computer yang pada akhirnya membuat power steering dan airbag tidak berungsi.

 
Malfungsi tersebut dipicu oleh hubungan pendek pada kabel yang kemudian mengirim informasi yang salah ke computer. Kondisi tersebut terlihat dari  banyak lampu peringatan yang menyala pada instrumen cluster.

 
Sedan Mazda6 yang terkena penarikan kembali ini adalah unit yang diproduksi pada rentang waktu 3 November 2014 hingga 9 Desember 2015.

 
Baca juga:
Ini Bahaya Airbag Takata
Daftar Mobil Baru Mazda 2017

 
Belum ada laporan tentang pengguna Mazda6 yang menjadi korban seperti kehilangan kontrol, kecelakaan atau cedera terkait dengan masalah malfungsi ini.

 
Kampanye recall Mazda6 ini dimulai dengan pemberitahuan pada semua pemilik yang terkait pada tanggal 29 September 2017. Kemudian mobil mereka akan diperbaiki dengan memasang bantalan pelindung pada bingkai kursi. Jika ditemukan pelindung kabel yang telah rusak, Mazda akan memasang isolasi untuk menghindari keausan lebih jauh.

 
Mazda6 adalah mid-size sedan yang cukup laris di Amerika. Di Indonesia Mazda juga menjual mobil ini. Bahkan sedan mewah ini juga menjadi mobil operasional kepolisian Indonesia. Belum ada kabar dari otoritas pemegang brand Mazda di Indonesia, apakah Mazda6 Indonesia juga terkait dengan masalah yang sama.
 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *