Mazda CX8 SUV 7-Seater Pesaing Fortuner, Pajero Sport dan CR-V Turbo

CaruserMagz.com – Mazda sebenarnya sudah punya SUV 7-seater yang dijual di Amerika, yaitu Mazda CX9. Namun Mazda tidak menjual SUV besar tersebut di negara asalnya, Jepang.

 

Ternyata Mazda sedang menyiapkan SUV 7-penumpang baru untuk dijual di Jepang sebagai debut globalnya, yaitu Mazda CX8.

 

Menurut berita yang beredar, Mazda CX8 akan diluncurkan pertama kali di Jepang, untuk melihat reaksi pasar dalam negeri Jepang pada SUV baru tersebut. Jika bagus, kemungkinan mobil ini juga akan dijual di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

 

Pengenalan tersebut akan dilaksanakan pada awal tahun 2018, tapi belum ada kabar lebih jelas pada bulan apa. Hal tersebut diungkapkan oleh Roy Arman Arfandy, selaku Direktur Utama PT EMI pada OtoDriver (7/5). “Mobil itu (CX8) baru tahun depan, awal tahun sepertinya diluncurkannya, tahun ini (2017) belum,” Ujar Roy.

 

Masih menurut Roy Arfandy dalam pernyataanya pada wartawan OtoDriver, jika Mazda CX8 ini sukses di Jepang, kemungkinan pasar tujuan pertama yang ditargetkan Mazda adalah Amerika Serikat, karena USA merupakan pasar eksport Mazda terbesar.

 

 

Kita akan lihat terlebih dahulu bagaimana animo masyarakat di Jepang terhadap CX8. Kalau bagus tentunya akan dipasarkan ke seluruh dunia. Saya rasa setelah Jepang, Mazda akan menghadirkannya di Amerika Serikat, karena yang dilihat Mazda pertama adalah market ekspor-nya, yang besar kan Amerika Serikat. Setelah itu mungkin baru kita tinjau lagi untuk masuk Indonesia,” ungkap Roy.

 

Mazda CX8 akan mempunyai wheelbase yang mirip dengan CX-9, yaitu 2.930mm. Untuk dimensi, mobil ini akan berukuran 4900 x 1840 x 1730 mm untuk panjang x lebar x tinggi. Itu artinya CX8 akan mempunyai lebar yang sama dengan CX-5, lebih pendek 175mm dan lebih rendah 17mm dibanding CX-9.

 

Mazda CX8 ini akan ditenagai mesin turbodiesel 2.200cc berteknologi SkyActiv-D yang identik dengan mesin CX-5. Namun bertenaga lebih besar hingga 172 HP dan torsi 420 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

 

Jika jadi diproduksi, kemungkinan SUV ini akan jadi saingan bagi SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport, serta medium SUV 7-seater seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe dan KIA Sorento, karena dalam hal tenaga, berada dalam kisaran yang sama.

 

Namun dalam hal harga, mungkin akan berbeda, mengingat ini adalah Mazda yang terkenal sebagai mobil premium yang harganya kurang bersahabat dengan kantong kelas menengah di Indonesia.

 
Salam Otomotif!
 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Mazda CX8 SUV 7-Seater Pesaing Fortuner, Pajero Sport dan CR-V Turbo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *