Mazda CX-5 2017 Resmi Diluncurkan di LA Auto Show 2016, ini Detail Perubahannya

CaruserMagz.com – Mazda CX-5 facelift 2017 resmi diluncurkan pada ajang Los Angeles (LA) Auto Show, November 2016 di Amerika Serikat. SUV mewah berkapasitas 5 penumpang ini mendapat ubahan eksterior dan interior namun tetap menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya.
All New Mazda CX-5 Facelift 2017 – Redesigned Eksterior & Interior
Facelift ini sepertinya untuk menyesuaikan CX-5 dengan basis desain Mazda masa kini. Hal tersebut terdeteksi dari penyeragaman wajah CX-5 dengan mobil-mobil Mazda lainnya yang telah lebih dulu mendapat facelift. Banyak media otomotif dalam dan luar negeri yang menyatakan bahwa desain Mazda CX-5 2017 ini mengambil basis desain dari Mazda CX-9 terbaru.

Eksterior

Secara lebih detail fascia depan CX5 ini memang lebih dekat pada CX9, namun selintas kita bisa mengerti bahwa sebenarnya hampir semua Mazda terbaru dapat dikatakan mirip. Sebut saja Mazda-2, Mazda-3, Mazda-6, CX-3 dan  CX-9 semua mengusung grille lebar yang terintegrasi dengan head lamp berhias aksen chrom pada bagian bawah yang bersambung hingga ke lampu utama. Hanya mungkin ukuran dan sudut kemiringannya yang berbeda.
Jika pada versi sebelumnya, grill radiator terpisah dari head lamp, maka penyeragaman desain wajah CX-5 dengan integrasi grill dan headlamp merupakan perubahan besar bagi SUV pesaing Honda CR-V ini. Selain itu, rumahan fog lamp juga mendapat ubahan signifikan menjadi lebih ramping dan terintegrasi dengan grill bumper.
Lampu utama juga didesain lebih sipit hingga terlihat lebih tajam mengintimidasi. Projector headlight dipadu dengan aksen chrom pada lampu menyambung ke garnis chrom yang seperti busur panah pada bagian bawah grill. Secara keseluruhan wajah Mazda CX-5 ini terlihat lebih mewah dan gagah. Lampu yang lebih ramping juga terlihat pada bagian belakang mobil ini.
Pada sisi samping, perubahan yang nampak sesuai dengan perkiraan kami saat siluet Mazda CX-5 facelift ini diumumkan, yaitu adanya hiasan chrom di bagian bawah kaca. Garnish ini memberi aura aerodinamis.

Interior

Bagian dashboard sudah mengusung desain Mazda terkini dengan monitor layar sentuh yang seperti ditegakkan di atas dashboard. Nuansa mewah dan lebih modern dari versi sebelumnya terefleksi dari baluran chrom di sekeliling exhaust AC, palang setir, clustermeter di balik lingkar kemudi serta berbagai instrument pada center cluster dan konsol tengah.
Masuk ke kabin, kita disuguhi desain interior yang lebih terasa modern dibanding versi lama. Hal yang kami sayangkan adalah dimensinya yang tidak berubah baik keseluruhan body maupun ukuran ruang kabin, sehingga kabin baris kedua yang sempit masih harus dinikmati penumpang belakang. Untungnya Mazda sedikit berbaik hati dengan penambahan fitur reclining seat pada kursi belakang, yang memungkinkan kemiringan kursi tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

Mesin

Hal yang membuat banyak pecinta otomotif kecewa pada facelift Mazda CX-5 ini adalah bagian dapurpacu yang tidak mendapat upgrade. Melenceng dari perkiraan dan rumor yang mengatakan bahwa SUV ini akan mengendong mesin turbo untuk mampu bersaing dengan Honda CR-V di pasar global.
Mazda CX-5 baru ini tetap akan menggunakan mesin SkyActiv-G 4-silinder dengan pilihan kapasitas 2000cc dan 2500cc. Tenaga yang dihasilkan powertrain ini adalah 154 hp untuk yang 2.0L dan 185 hp untuk yang 2.5L. Di beberapa negara tertentu ada juga pilihan mesin diesel SkyActiv-D 2200cc.
Perubahan yang benar-benar baru pada SUV mewah ini adalah teknologi G-Vectoring Control yang diklaim dapat memberikan kenikmatan mengemudi dengan output torsi dan respon kemudi yang lebih baik. Inilah unsur kejutan yang dimaksud Mazda saat rilis resminya, yang menyatakan bahwa Mazda CX-5 ini akan lebih nikmat dikemudikan.
SUV cantik andalan Mazda ini akan mulai diluncurkan pertama kali ke pasar otomotif dunia di Jepang pada bulan Februari 2017. Sedangkan di negara-negara lain akan menyusul setelahnya dalam waktu yang dekat.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *