Lewis Hamilton Menangkan F1 GP-China 2017 dengan Dominasi Penuh

CaruserMagz.com – Lewis Hamilton menangkan Formula-1 GP China 2017 yang digelar pada 9 April 2017 di Shanghai, China. Hamilton telah mendominasi balapan sejak sesi kualifikasi hingga balapan berakhir.

 
Pembalap Inggris tersebut menunjukkan kelasnya sebagai mega bintang di lintasan balap F1, Hamilton memimpin setiap lap yang sempat dihiasi cuaca buruk pada sepuluh lap pertama.

 
Sebastian Vettel harus puas finish di posisi kedua setelah sepanjang balapan berusaha mengejar Hamilton. Podium ketiga menjadi milik pembalap red bulls, Max Verstappen, setelah bersaing ketat dengan rekan setimnya, Daniel Ricciardo yang pada akhirnya harus finish di posisi ke empat.

 
Selanjutnya secara berurut ada Raikkonen, Valtteri Bottas, Carlos Sain Jr, Kevin Magnussen, Sergio Perez dan Esteban Ocon. Itulah 10 pembalap yang berhasil memperoleh point pada GP China 2017 ini.

 
Cuaca buruk membuat balapan cukup berisiko, alhasil banyak pembalap yang mengalami insiden tabrakan atau terseret ke luar lintasan. Menjelang akhir lap pertama, Sergio Perez dan Lance mengalami kontak, yang berakibat mobil Lance terlempar ke luar lintasan. Insiden tersebut menyebabkan keluarnya safety car, sehingga semua pembalap harus memperlambat laju mobilnya.

 
Lintasan yang mulai mengering pada beberapa bagian, membuat beberapa pembalap mulai mengganti ke ban lunak, salah satunya adalah Lewis Hamilton. Kemudian pada lap ke empat, mobil Antonio Giovinazzi melintir dan menghantam dinding pembatas, hingga puing-puing mobil itu berserakan di lintasan balap. Kejadian tersebut kembali memaksa keluarnya safety car untuk memberi waktu crew sirkuit membersihkan lintasan balap.

 
Dibutuhkan waktu cukup lama untuk membersihkan puing mobil Giovinazzi, sehingga mobil pembalap harus dipindah jalur ke pit lane. Dalam masa safety car tersebut, kesialan menimpa  Valtteri Bottas yang mobilnya juga melintir hingga keluar lintasan, kejadian itu membuatnya tertinggal hingga keluar dari 10 pembalap terdepan.

 
Ketika balapan kembali normal, Hamilton makin menjauh dengan ban lunaknya yang masih segar, sedangkan Sebastian Vettel, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo harus bekerja keras untuk mengejar posisi di depan.

 
Verstappen cukup berhasil mengurangi gap dengan Hamilton, tetapi tiba-tiba dia mengalami masalah pada rem yang terkunci hingga mobilnya melebar di tikungan, hal itu tidak disia-siakan Sebastian Vettel yang menyelinap melewati pembalap Red Bull tersebut.

 
Di barisan tengah, Sergio Perez berusaha keras untuk mengembalikan waktunya yang hilang akibat tabrakan dengan Lance Stroll. Sebuah pit stop memperlambat lajunya, tapi Perez berhasil mendahului pembalap Renault, Joylon Palmer dan Nico Hulkenberg. Vettel juga berhasil mengatasi beberapa pembalap lain, yaitu Ricciardo dan rekan setimnya sendiri, Raikkonen.

 
Raikkonen mengeluhkan masalah power unit yang menghambatnya, yaitu tentang kurangnya torsi. Ricciardo juga memiliki masalah dengan mobilnya, yaitu understeer. Namun, Ricciardo tetap bertarung untuk posisi ketiga dengan rekan setimnya, Verstappen, walau pada akhirnya harus puas di posisi keempat.

 
Berikut hasil akhir F1 GP Shanghai, China pada 9 April 2017:

1. Lewis Hamilton – GBR Mercedes – Mercedes 56 laps: 37:36.2
2. Sebastian Vettel – GER Ferrari – Ferrari        +6.250s
3. Max Verstappen – NED Red Bull – TAG       +45.552s
4. Daniel Ricciardo – AUS Red Bull – TAG       +46.987s
5. Kimi Raikkonen – FIN Ferrari – Ferrari          +48.076s
6. Valtteri Bottas – FIN Mercedes – Mercedes    +48.808s
7. Carlos Sainz – ESP Toro Rosso-Renault         +1m 11.115
8. Kevin Magnussen – DEN Haas-Ferrari           +1 lap
9. Sergio Perez – MEX Force India-Mercedes    +1 lap
10. Esteban Ocon – FRA Force India-Mercedes +1 lap
11. Romain Grosjean – FRA Haas-Ferrari          +1 lap
12. Nico Hulkenberg – GER Renault – Renault  +1 lap
13. Jolyon Palmer – GBR Renault – Renault      +1 lap
14. Felipe Massa – BRA Williams – Mercedes   +1 lap
15. Marcus Ericsson – SWE Sauber – Ferrari     +1 laps
16. Fernando Alonso – ESP McLaren-Honda 34 laps completed – DNF
17. Daniil Kvyat – RUS Toro Rosso-Renault 18 laps completed – DNF
18. Stoffel Vandoorne – BEL McLaren-Honda 16 laps completed – DNF
19. Antonio Giovinazzi – ITA Sauber – Ferrari 2 laps completed – DNF
20. Lance Stroll – CAN Williams – Mercedes 0 laps completed – DNF

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *