Lawan Mitsubishi Xpander Sebenarnya adalah Honda Mobilio!

CaruserMagz.com – Low MPV Mitsubishi Xpander (Expander) yang akan segera meluncur pada GIIAS 2017, digadang-gadang akan menjadi pembunuh Toyota Avanza. Padahal low MPV di Indonesia bukan hanya Avanza, tapi ada Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Nissan Grand Livina, Chevrolet Spin, bahkan ada juga pendatang baru dari negeri tirai bambu bernama Confero.

 

Namun dari sekian banyak kompetitor tersebut, yang manakah yang paling sepadan untuk bertarung dengan Mitsubishi Xpander? Tentu juga artinya yang pabrikannya harus paling waspada dengan kehadiran Xpander. Menurut kami, lawan sebenarnya dari Xpander adalah Honda Mobilio.

 

Mengapa Mobilio? Karena dalam banyak hal kedua MPV tersebut sangat bersaing. Sedangkan Avanza adalah raja di segmen ini dengan berbagai kelebihan yang sulit dikalahkan baik oleh Xpander maupun Mobilio, seperti kapasitas produksi yang besar dan jaringan dealer yang terluas.

 

Hal pertama yang menurut kami sepadan pada kedua low MPV ini adalah desain eksterior yang atraktif. Keduanya punya tampilan yang menawan dan punya aura sporty. Jika Xpander lebih ke arah sporty modern bernuansa SUV, maka Mobilio adalah MPV sporty yang lebih ke arah elegan. Hanya saja, Xpander unggul dalam hal ground clearance.

 

Keduanya menggoda dari tampilan luar, tinggal selera masing-masing konsumen lebih suka yang mana. Bagi mereka yang suka SUV tentu Xpander lebih menarik, namun bagi mereka yang menyukai MPV elegan dan terlihat futuristik, maka Mobilio akan memenuhi ekspektasinya.

 

Hal kedua yang lumayan sepadan adalah desain interior yang modern. Mobilio punya basis interior yang sama dengan Honda Jazz, desain dashboard-nya tajam dan berkesan modern. Sedangkan Xpander punya interior yang benar-benar baru dan sedikit bernuansa interior Toyota Innova. Dalam hal kelegaan kabin, memang lebih lapang Xpander, namun Mobilio juga menyediakan kabin yang tergolong luas.

 

Kenyamanan kursi juga akan cukup sepadan menurut kami, karena kedua mobil ini sudah mengakomodir ergonomi yang baik bagi tubuh penumpang. Keunggulan Xpander kemungkinan ada pada kursi yang lebih tebal dan kualitas bahan interior yang lebih baik. Namun Mobilio terbaru sudah cukup baik dalam kedua hal tersebut dibanding versi lamanya.

 

Hal selanjutnya adalah urusan dapurpacu, keduanya punya mesin 1500cc. Namun Mobilio relatif unggul dengan tenaga dan torsi yang lebih besar. dalam hal transmisi, Mobilio unggul karena sudah menggunakan teknologi CVT, sedangkan Xpander masih dengan transmisi matic 4-percepatan.

 

Kesepadanan kedua MPV ini juga terjadi karena sama-sama berpenggerak roda depan atau Front Wheel Drive (FWD). Mobilio dan Xpander akan masuk ke pertarungan segmen mobil pribadi masyarakat perkotaan yang lebih banyak memacu mobilnya di jalan aspal yang mulus. FWD inilah yang kemungkinan membuat keduanya sulit melawan Toyota Avanza.

 

Suzuki Ertiga dan Grand Livina juga berpenggerak roda depan, namun keduanya akan kalah dalam hal desain eksterior dan tenaga mesinnya. Sehingga wajar jika Mitsubishi menargetnya untuk menjadi low MPV terlaris kedua setelah Avanza, menggeser Honda Mobilio yang sudah beberapa tahun menjadi runner-up.

 

Mitsubishi Xpander punya nilai lebih, karena akan ada euphoria kebaruan modelnya di masyarakat dibanding Mobilio yang sudah banyak di jalanan. Namun Honda tentu menyiapkan langkah strategis untuk membendung ambisi Mitsubishi menggesernya dari persaingan MPV ini.

 

Pada akhirnya konsumenlah yang menilai dan menentukan pilihan, MPV mana yang lebih mereka sukai. Bukan tidak mungkin ternyata Mitsubishi Xpander bisa menggeser Avanza dari puncak klasemen di masa-masa mendatang. Atau malah sebaliknya, menggalahkan angka penjualan Mobilio pun tidak berhasil. Biarkan waktu yang menjawab.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

One thought on “Lawan Mitsubishi Xpander Sebenarnya adalah Honda Mobilio!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *