Lamborghini Urus Diluncurkan, Super SUV Tercepat Bertenaga 650 PS

CaruserMagz.com – Lamborghini Urus diluncurkan di Bologna Italia, pada 4 Desember 2017. Super SUV yang sudah lama dinanti-nantikan sejak dipamerkan pada Beijing Motor Show 5 tahun silam (2012) itu akhirnya resmi bisa dipesan oleh pecinta brand mewah ini.

 
Peluncuran Lambo Urus ini menjadi momen yang special, karena menjadi sejarah awal bagi brand mobil Sport eksotis tersebut dalam memasuki segmen pasar yang lebih luas, yaitu SUV Sport.

 
Super SUV Lamborghini ini disebut sebagai SUV terkencang di dunia, berkat tenaga 650 ps (641 hp) dan torsi 850 Nm (627 lb-ft) dari mesin V8 4-liter berteknologi twin-turbo. Lamborghini juga akan menyediakan pilihan varian bermesin plugin hybrid.

 

Mesin dan Performa Lamborghini Urus

 
Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, Lamborghini Urus SUV ini bisa mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam (62 mph) dalam waktu 3,6 detik. 200 km/jam (124 mph) dalam 12,8 detik dan top speed hingga 305 km/jam (190 mph).

 
Tenaga disalurkan ke ke-empat roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan electro-hydrolic. Sementara torque converter bekerja untuk meningkatkan respons mesin V8 twin turbo.

 

lamborghini urus suv - front rear
lamborghini urus – front rear

 

Eksterior dan Dimensi

 
SUV Super ini tidak banyak berbeda dari versi konsep yang debut pada tahun 2012. Perbedaan hanya pada bumper dan grill depan, juga tentunya pada kaca spion yang kini bukan lagi hanya kamera seperti pada versi konsep.

 
Dimensi Lambo Urus ini adalah 5,112 mm x 2,016 mm x 1,638 mm untuk panjang x lebar x tinggi. Itu cukup bongsor untuk mobil yang berkonfigurasi hanya 4 penumpang. Kapasitas bagasi dalam posisi standar adalah 616 liter, dan bisa diperbesar hingga 1.596 liter dengan melipat kursi belakang.

 
Wheelbase atau jarak antar poros roda SUV ini sangat panjang, yaitu 3.003 mm, sehingga tetap memberikan suasana mobil balap dalam hal posisi duduknya, yaitu seperti berbaring dengan kaki cenderung lurus. Bobotnya cukup berat mencapai 2,2 ton, namun itu lebih ringan dibanding Porsche Cayenne.

 
Meskipun secara dimensi Urus cukup besar, penampakannya masih sangat kental sebagai sport car khas Lamborghini, tubuhnya yang pipih menyiratkan aura Aventador yang sporty.

 
Di bagian belakang, versi produksi terlihat lebih besar dari bokong versi konsep. Bentuk kenalpot juga berubah menjadi bulat. Kami lebih suka versi konsep pada bagian belakangnya, karena lebih mirip mobil balap layaknya huracan atau Aventador.

 

Interior

 
Masuk ke kabin, kita akan melihat dashboard yang ramai dengan berbagai tombol-tombol, tuas pilihan mode mengemudi dan 2 layar monitor di center cluster. Begitu juga dengan setir yang flat-bottomed, dilengkapi berbagai tombol-tombol control di palangnya.

 

Lamborghini Urus suv - Interior Dashboard
Lamborghini Urus Interior Dashboard

 
Berbagai pengaturan dilakukan dari monitor layar sentuh di cluster tengah, seperti pengaturan suhu kabin (AC) dan posisi kursi. Exhaust AC semua berbentuk segi enam (Hexagonal) khas Lamborghini yang juga kita temui di model sport car Lambo lainnya.

 
Untuk sistem infotainment, Head unit Lamborghini Urus sudah dilengkapi voice command (perintah suara) dan Apple CarPlay atau Android Auto. kualitas suara yang bagus didukung oleh 8 speaker dengan suara 3D dan output 1.700 watt.

 
Fitur-fitur interior antara lain: digital TFT display, High Beam Assistant, parking sensors, a PreCognition system (mencegah tabrakan), kursi pengemudi dan penumpang depan dengan pemanas dan pengaturan secara elektrik.

 

Lamborghini Urus suv - Cabin Interior
Lamborghini Urus Cabin Interior

 

Mode Mengemudi

 
Lamborghini Urus menggunakan sistem kemudi roda belakang seperti pada Aventador S. Rear steering system tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga memberikan kemampuan manufer yang presisi dan stabil.

 
Super SUV ini dilengkapi 6 mode mengemudi, yaitu Strada, Sport, Corsa, Neve (salju), Terra (off-road) dan Sabbia (gurun pasir). Pada mode Neve, Terra dan Sabbia sasis mobil akan naik untuk meninggikan ground clearance, sehingga punya daya jelajah yang lebih baik.

 
Sedangkan pada mode Strada, Sport dan Corsa akan lebih mengoptimalkan performa di jalan yang mulus dan memberi citarasa mengemudi sport pada berbagai level.

 

Harga

 
Lamborghini Urus SUV ini akan dijual dengan harga mulai dari $200,000 (sekitar Rp. 2,6 Milyar) di Amerika Serikat. Target delivery pertama adalah pada musim panas, atau bulan Juni 2018.

 
Sumber gambar: Carscoops.com

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *