Kolaborasi Toyota-Suzuki akan Luncurkan Mobil Listrik di India pada 2020

CaruserMagz.com – Toyota dan Suzuki telah sepakat untuk berkolaborasi membangun mobil listrik di India yang ditargetkan meluncur pada tahun 2020. Kedua raksasa otomotif Jepang tersebut telah menandatangi Nota Kesepahaman “Memorandum of Understanding” (MoU) yang merupakan hasil diskusi sejak awal tahun 2017.

 
Seperti dilaporkan IndianAutosBlog, dalam kesepakatan tersebut, Toyota berperan memberi dukungan teknis pada Suzuki, dalam memproduksi Electric Vehicle (EV) untuk pasar India. Selanjutnya Suzuki akan memasok beberapa mobil listriknya ke Toyota.

 
Selain urusan teknis terkait produksi dan teknologi EV, kedua korporasi otomotif tersebut juga akan melakukan studi komprehensif mengenai penerimaan konsumen terhadap EV yang populer di India.

 
Kerjasama juga meliputi penelitian untuk pendirian stasiun pengisian ulang baterai, pengembangan sumber daya manusia, seperti pelatihan untuk teknisi after-service di seluruh jaringan penjualan, dan sistem perawatan yang tepat untuk baterai.

 
Suzuki membangun pabrik baterai lithium-ion di Gujarat Plant yang baru saja dibuka. Pabrik tersebut akan memainkan peran utama dalam usaha membangun mobil listrik.

 
“Selain baterai lithium-ion, motor listrik dan komponen utama lainnya akan diproduksi secara lokal untuk produksi EV di India,” dalam pernyataan resmi pihak Suzuki India.

 
Pemerintah India pernah mengumumkan ekspektasinya untuk melazimkan mobil listrik di India pada tahun 2030. Cukup realistis jika pabrikan otomotif banyak yang menargetkan meluncurkan mobil listrik mulai tahun 2020. Pabrikan India yang sudah mulai membuat mobil listrik adalah Tata dan Mahindra. Mahindra memiliki e-Verito dan E2o yang telah dijual.

 
Pabrikan mobil Jepang mulai mengikuti arah revolusi teknologi otomotif. Beberapa join venture telah dibangun dengan serius, agar tetap mampu bersaing di masa depan. Mengingat lompatan besar yang dibuat Tesla dalam mengembangankan teknologi EV, dan sekarang menjadi market leader. Toyota juga bekerjasama dengan Mazda untuk meembangun mobil listrik di Amerika.

 
Baca juga: Toyota, Mazda dan Denso Dirikan Perusahaan Kembangkan Mobil Listrik

 
Belum ada kabar apakah raksasa-raksasa otomotif dunia tersebut akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Menurut kami, kemungkinan Indonesia akan jauh lebih lambat dari Negara lain, mengingat infrastruktur yang jauh ketinggalan dan teknologi mobil listrik yang masih terlalu mahal untuk ukuran kantong orang Indonesia.

 
Namun saat mobil listrik telah masif dan berbagai inovasi membuat teknologi tersebut lebih murah, Indonesia tetap menjadi pasar yang empuk. Pertanyaannya, apa brand mobil listrik nasional? Siapa pelopor pendiri mobil asli Indonesia di masa depan? Semoga sudah banyak anak bangsa yang bercita-cita membuat raksasa otomotif asli Indonesia!

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *