KIA Rio jadi Satu-satunya Compact Hatchback yang Masuk Nominasi Mobil Terbaik Dunia 2016-2017

CaruserMagz.com – Di ajang Paris Motor Show 2016, The World Car of The Year (WCOTY) Foundation telah mengumumkan 23 mobil yang terpilih untuk nominasi penghargaan mobil terbaik dunia pada even WCOTY Award 2017.
KIA Rio, Satu-satunya Compact Hatchback Nominasi World Car of The Year 2016
WCOTY merupakan penghargaan otomotif yang melalui proses penilaian oleh lebih dari  48 Jurnalis otomotif professional dari 22 Negara, sehingga ini merupakan penghargaan yang sangat bergengsi di kalangan Automaker. Kriteria penilaian antara lain: Konsep, Desain, Fitur Keselamatan, Teknologi dan lain-lain.
Penghargaan The World Car of The Year resmi diperkenalkan pada tahun 2004 dan pada tahun 2005 pengumuman Award pertama digelar di Canadian International Auto Show, dengan pemenang Audi-A6, disusul oleh Porsche-911 dan Volvo-S40/V50 pada posisi kedua dan ketiga.
Untuk gelaran WCOTY 2017, pemenang akan diumumkan pada April 2017, di ajang New York Motor Show 2017, Amerika Serikat. Mobil yang boleh ikut pada award ini adalah yang minimal debut pada quartal-3 tahun 2015 hingga quartal-3 2016 (musin gugur), dan mobil tersebut merupakan produk global, bukan yang hanya tersedia di Eropa, Amerika Utara dan Jepang saja.
Berikut 23 mobil yang masuk nominasi untuk penghargaan The World Car of The Year 2016-2017:
Nominasi Penghargaan Mobil Terbaik Dunia 2017 oleh WCOTY Foundation
Hal yang mengejutkan adalah masuknya 5 nominasi dari dua produsen mobil Korea Selatan yang merupakan sister company, yaitu Hyundai dan KIA. Kelima mobil tersebut adalah Hyundai Elantra, Hyundai Genesis-G80, KIA Cadenza, KIA Sportage dan KIA Rio.
Hal tersebut bertolak belakang dengan brand-brand premium Eropa seperti Mercedes dan BMW, brand mobil Jerman hanya diwakili 3 mobil Audi, sedangkan Mercy dan BMW hilang dari radar WCOTY.
Hal ini bisa menjadi parameter telah makin majunya industri otomotif Korea Selatan, hingga bisa begitu digdaya, bahkan di Eropa yang merupakan gudang pabrikan mobil-mobil mewah berkualitas tinggi.
Hal yang lebih mengejutkan lagi, jika melihat segmen mobil yang masuk nominasi adalah terpilihnya KIA Rio sebagai satu-satunya compact hatchback di jajaran mobil terbaik tersebut. Bukan hanya karena Rio satu-satunya hatchback, namun juga karena Rio bukan termasuk mobil premium jika dibandingkan Hyundai i30, VW Golf, Audi A1, Mercedes Benz A-class dan lain sebagainya.
KIA Rio versi Eropa memang mempunyai seabrek kelebihan dan teknologi terkini. Fitur keselamatan yang lengkap, kenyamanan yang superior, bahan interior yang berkualitas dan tentunya desain yang menawan.
Dengan berbagai kelebihan tersebut, yang sangat menarik dari Rio adalah harganya yang terjangkau, sehingga mempunyai value for money yang tidak terkalahkan, sehingga mobil ini laku keras di Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan.
Dapat pula disimpulkan bahwa KIA Rio mempunyai kualitas dan desain yang lebih tinggi dimata para jurnalis WCOTY, dibanding compact hatchback segmen B global lainnya seperti Toyota Yaris Hatchback, Honda Jazz, Hyundai i20, Suzuki Baleno dan lain-lain.
Keberhasilan brand Korea Selatan tersebut tidak terlepas dari direkrutnya orang-orang terbaik di brand premium Eropa, seperti Audi, BMW, VW dan lain-lain, untuk secara serius berinovasi mengembangkan desain dan teknologi otomotif negeri ginseng tersebut.
Kebanyakan model-model terbaru KIA dan Hyundai di rancang langsung di pusat desain KIA dan Hyundai Eropa, sehingga dari semua sisi mobil-mobil tersebut kental beraroma mobil Eropa yang canggih, nyaman dan berkualitas tinggi.
Selamat kepada para pemilik dan pecinta KIA Rio. Jikapun tidak memenangkan WCOTY Award tersebut, paling tidak sudah menjadi the Best Compact Hatcback dunia untuk periode 2016-2017.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *