KIA All New Rio 2017 Generasi ke-4 Resmi Diluncurkan pada IIMS 2017

CaruserMagz.com – PT KIA Mobil Indonesia (KMI) menepati janjinya pada awal tahun 2017 yang lalu, bahwa mereka akan membawa model terbaru dari KIA All New Rio ke Indonesia.

 

Pada hari pertama (27/4/2017) perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, hatchback segmen-B andalan KIA ini diperkenalkan. Sudah kurang lebih 6 tahun Rio generasi ke-3 mengaspal di Indonesia, akhirnya pesaing Jazz dan Yaris ini mendapat pembaruan signifikan.

 

KIA Rio generasi ke-4 ini secara global diperkenalkan di ajang Paris Motor Show pada 29 September 2016 yang lalu. Rio baru ini didesain di pusat desain KIA Jerman dan California dengan support penuh oleh pusat desain KIA di Namyang, Korea Selatan, maka wajar saja aura Eropa makin kental di tampilan eksterior hatchback Korea ini.

 

 

KIA All New Rio ini sudah mulai dijual di Eropa sejak awal tahun 2017, ternyata pasar otomotif Indonesia cukup diperhitungkan oleh raksasa otomotif asal Korea Selatan ini, karena tidak begitu lama selisih waktunya antara peluncuran di Eropa dan di Indonesia.

 

All New Rio 2017 ini diharapkan menjadi mobil terlaris KIA di Indonesia, hal itu diungkapkan oleh Presiden Direktur KMI, Iki Wibowo, pada sambutannya dalam prosesi peluncuran. “Harapan kami, All New Rio bakal menjadi tulang punggung penjualan di Indonesia,” ujar Iki di hari pertama ajang IIMS 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4).

 

KIA Rio 2017 ini dapat dikatakan berubah total dibanding versi lama, karena tampilan desain eksterior dan interior sangat berbeda dengan All New Rio versi 2012 hingga 2016. Kita tidak menemukan guratan versi lama pada versi baru ini, bahkan banyak orang mengira ini adalah mobil dengan nama yang berbeda.

 

Perubahan Eksterior

 

Tampilan fascia depan All New Rio masih dengan ciri khas mobil KIA berupa grill tiger-nose yang terintegrasi dengan lampu depan yang diberi nama Bi Function Headlamp.

 

Lampu utama tersebut sudah dilengkapi projector dan LED-Daytime Running Light (DRL), sehingga tampilan depan hatchback ini lebih modern dan agresif. Hal yang benar-benar baru pada KIA All New Rio 2017 Indonesia adalah hadirnya Power Sunroof dan Sun Shade yang bagi orang Indonesia, itu menjadi salah satu ciri mobil mewah.

 

Pada bagian belakang, lampu utama terlihat lebih tegas dari versi lama. Kelengkapan seperti wiper, defogger, high mounth stop lamp, reflector masih menjadi standar pada hatchback KIA ini. Sedangkan dibagian samping terlihat velg dengan desain baru yang lebih elegan, bannya berukuran 185/65-R15.

 

Perubahan Interior

 

Masuk ke kabin, kita akan disuguhi desain interior yang benar-benar berbeda dari versi lawas. dashboard yang lebih landai dan lebih berkesan modern. Lingkar kemudi berubah menjadi seperti setir KIA Carens, lengkap dengan audio steering switch. Meter cluster di balik lingkar kemudi juga terasa lebih modern. Tidak seperti versi lawas yang hanya dilengkapi 1 airbags, kini sudah ada dual airbags di kabin depan.

 

Sayangnya audio head unit masih 2DIN, bukan layar sentuh seperti pada versi Eropa. Pengaturan AC juga masih manual dengan model kenop kompor gas, bukan digital dan tombol-tombol ala kokpit pesawat seperti pada versi Eropa. Kabin Rio 2017 ini terasa lebih lapang dengan penambahan keseluruhan body dan wheelbase.

 

Mesin dan Tenaga

 

All New Rio 2017 ini ditenagai mesin Kappa 1.4 L Dual CVVT yang mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 100 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi puncak hingga 133,3 Nm pada 4.000 rpm. Tidak begitu atraktif dibanding para kompetitornya, tapi itu sudah cukup untuk hatchback perkotaan seperti Rio.

 

Varian dan Harga

 

KIA All New Rio baru ini tersedia dengan pilihan transmisi manual dan otomatis, yang sekaligus menjadi tipe yang ditawarkan. Harga KIA Rio 2017 ini adalah Rp.250 juta untuk tipe manual dan Rp. 265 juta untuk tipe matic. harga tersebut adalah On The Road (OTR) untuk wilayah DKI Jakarta.

 

Overall, ada kemajuan dalam hal penambahan fitur seperti sun-roof, airbags dan KIA menjawab kritik pada desain interior yang dulu dinilai kurang modern dengan perubahan yang cukup sedap dipandang. Sayangnya penurunan spek kini beralih ke audio head unit dan pengaturan AC, padahal itu menjadi hal yang terlihat jelas bagi calon pemilik Rio terbaru ini.

 

Bagaimana menurut sobat, suka pada Rio generasi ke-empat ini? silahkan sampaikan pendapat sobat pada kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

2 thoughts on “KIA All New Rio 2017 Generasi ke-4 Resmi Diluncurkan pada IIMS 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *