KIA Rio Facelift 2017 Kian Jelas Penampakanya. Lebih Panjang, Lebih Lebar, Interior Mewah

CaruserMagz.com – Setelah mengeluarkan rendering dan sketsa interior beberapa hari yang lalu, KIA mengeluarkan penampakan yang lebih jelas dari KIA Rio Facelift 2017, termasuk desain interiornya seperti yang kami peroleh dari Indianautosblog.com pada gambar di bawah ini.

Baca rilis kami sebelumnya: Rendering Resmi KIA Rio Facelift 2017

Interior KIA Rio Facelift 2017
KIA Rio generasi ke-empat ini mendapat facelift cukup signifikan. Jika pada versi sebelumnya KIA Rio nampak stylist dengan lengkungan-lengkungan yang membuatnya cantik, maka pada versi facelift 2017 ini, Rio nampak lebih ramping dan ganteng, terasa ada aura Hyundai i20 pada desain keseluruhannya. Benar saja, karena KIA Rio memiliki kemiripan dengan Hyundai i20 yang merupakan brand seinduk di Korea Selatan, baik dari segmentasinya maupun segi mesin dan spesifikasinya.
Penampakan samping KIA Rio Facelift 2017
Dibanding versi sebelumnya, All New KIA Rio Facelift ini lebih panjang 15 cm, lebih lebar 5 cm dan lebih rendah 5 cm. Total dimensinya adalah PxLxT = 4.065 x 1.725 x 1.450 mm. Jarak antar poros roda atau wheelbase juga ditambah 10 cm, sehingga tentunya ruang kaki akan terasa lebih luas. Penambahan dimensi tersebut akan membuat KIA Rio facelift 2017 ini lebih lega dari versi lama, padahal versi sebelumnya tersebut sudah terasa sangat lapang.
KIA Rio Facelift 2017, penampakan depan dan belakang
Perubahan di bagian eksterior menyematkan berbagai aksesoris kekinian yang membuat Rio lebih modern dan stylist. Seperti penyematan LED DRL dengan bentuk huruf U disekeliling projector headlight, bentuk head lamp yang lebih raping, grill tigernose yang lebih panjang dan grill front bumper yang benar-benar berbeda dari versi lawas.
Di bagian samping, terlihat velg alloy berpalang 8 yang lebih lebar membuat Rio nampak kokoh, tubuhnya yang lebih panjang dan ramping juga membuatnya nampak bertenaga untuk membelah udara di jalan raya. Desain lampu belakang yang lebih ramping dengan garis tegas dihiasi LED bermotif arrow (anak panah), membuat Rio lebih jantan. Konsep desain belakang yang seperti bokong SUV masih cukup kental terasa.
Hal yang sangat menarik adalah di bagian interior, konsep 2 warna telah dihilangkan dari KIA Rio 2017 ini. Semua bagian telah dibuat full black, seperti dashboard, doortrim dan kursinya, sehingga Rio ini terasa lebih premium.
Lingkar setir milik Rio lawas telah diganti menjadi mirip setir Carens atau Sportage. Hal yang menarik lagi adalah kursinya yang telah dibalut kulit dengan jahitan yang kentara membuat nuansa mewah kian terasa.
Desain dashboard juga nampak lebih simple dibanding versi lama. Head unit entertainment system sepertinya jauh lebih canggih untuk mengikuti tren otomotif kekinian, monitor touchscreen 7 inchi tersebut dikabarkan memiliki resolusi tinggi dan sudah mempunyai banyak fitur seperti navigasi satelit, android dan aple carplay. Tombol-tombol ala kokpit pesawat untuk pengaturan AC masih dipertahankan, mungkin memberi kesan mewah dan pastinya kepraktisan penggunaanya baik oleh pengemudi maupun oleh penumpang depan.
Mengenai dapurpacu, KIA belum memberikan penjelasan apakah ada perubahan atau tidak. Sepertinya kapasitas dan spesifikasi mesin KIA Rio yang lama tetap akan dipertahankan. yaitu mesin diesel 1000cc atau bensin 1400cc.
Namun jangan senang dulu, karena rilis tersebut adalah untuk KIA Rio yang akan dipasarkan di Eropa. Sehingga fitur-fitur dan aksesoris yang nampak pada gambar-gambar tersebut belum tentu dibawa ke facelift untuk pasar otomotif Tanah air. Kemungkinan besar akan banyak disunat untuk mengejar keterjangkauan harga oleh konsumen KIA di Indonesia.
Semoga KIA memikirkan sebuah breakthrough untuk menjual versi premium dari KIA Rio Facelift ini di Indonesia, sehingga bagi orang-orang kaya yang naksir membeli Rio menjadi tidak kehilangan prestisenya untuk memiliki Rio, karena Rio yang mereka beli berfitur canggih dan super safety seperti versi Eropa.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *