KIA Pertahankan Gelar Mobil Kualitas Terbaik Dunia di Ranking J.D. Power Quality

CaruserMagz.com – KIA, sang produsen mobil asal Korea Selatan lagi-lagi membuktikan kualitas produknya adalah yang terbaik di dunia setelah kembali menduduki posisi teratas pada ranking penilaian oleh J.D. Power Quality, yang dirilis pada Rabu, 21 Juni 2017.

 

Untuk kedua kalinya setelah kemenangan spektakuler tahun lalu, KIA tak terkalahkan mengungguli semua brand otomotif yang ada. Tahun lalu, KIA secara mengejutkan menempati posisi sebagai brand mobil terbaik No.1 dunia 2016 mengalahkan semua brand termasuk deretan brand mewah seperti Mercedes-Benz, BMW, Audi, Porsche dan lain sebagainya.

 

Tahun 2017 ini, KIA kembali menjadi raja di ranking laporan tahunan J.D. Power Quality dengan score 72 PP100, diikuti pada posisi kedua oleh saudara termuda raksasa otomotif Korea Selatan, brand premium Hyundai yang diberi nama Genesis dengan score 77 PP100.

 

Posisi ketiga diraih oleh Porsche dengan nilai 78 PP100. Ford dan Ram mendapat nilai yang sama untuk posisi keempat dan kelima, yaitu masing-masing 86 PP100. Disusul oleh BMW, Chevrolet dan Hyundai juga dengan score yang sama, yaitu 88.

 

PP100 merupakan parameter penilaian yang berarti Problem Per 100 New Cars (Masalah per 100 mobil baru) pada 90 hari pertama setelah pembelian oleh konsumen. Jadi makin kecil angkanya, berarti makin baik kualitas suatu brand mobil.

 

Mini adalah brand yang tercatat menunjukkan peningkatan paling signifikan, yaitu permasalah yang terjadi berkurang 33 point dibanding tahun lalu. Disusul beberapa brand lain yang memberikan improvement terbaik, antara lain, Ram: 28, Acura: 19, Volvo: 18 dan Ford: 16.

 

Satu-satunya brand Jepang yang masuk 10 besar adalah Nissan di urutan ke-10 dengan score 93 PP100. Sedangkan Toyota tercatat mendapat score 95 pada urutan ke-14, Honda di urutan belakang dengan 105 PP100, Mazda 125 dan Mitsubishi 131.

 

Sedangkan Hyundai yang merupakan induk dari group KIA melorot dari ranking-3 ke posisi-8, walau score sebenarnya meningkat 4 point dari tahun lalu.

 

J.D. Power mencatatan bahwa selama 3 tahun berturut-turut, produsen mobil telah menunjukkan peningkatan kualitas produk mereka secara signifikan. Peningkatan terlihat pada berkurangnya permasalahan hingga 8% yang terjadi pada mobil baru selama 90 hari pertama setelah pembelian. Tahun 2017 ini tercatat rekor baru sepanjang penilaian dilakukan oleh J.D. Power, sebagai level kualtias terbaik yang pernah ada.

 

Hal itu terbukti dari pencapaian KIA sendiri sebagai brand berkualitas terbaik sejak tahun 2016 yang lalu. Tahun lalu KIA cukup mencapai nilai 83 PP100 untuk menjadi yang terbaik, sedangkan tahun ini KIA berhasil meningkatkan kualitas produknya hingga terdapat hanya 72 permasalahan yang harus dihadapi untuk setiap 100 mobil baru mereka. Artinya ada peningkatan 13,25% secara kuantitas.

 

Vice President J.D. Power memberikan komentarnya pada hasil penilaian ini, yang intinya adalah produsen otomotif sudah melakukan peningkatan signifikan pada kualitas produknya.

 

“Produsen otomotif terus merespon keluhan konsumen dan menghasilkan kendaraan dengan kualitas terbaik,” Ujar Dave Sargent, selaku vice president, otomotif global di J.D. Power.

 

“Industri (otomotif) ini telah meningkat secara signifikan dalam tiga tahun terakhir. Kendaraan hari ini memiliki lebih banyak hal yang bisa salah tapi lebih sedikit hal yang benar-benar salah,” Tambah Dave Sargent.

 

Penilaian ini tentunya bukan indikasi seberapa laris mobil dari brand tersebut, namun setidaknya bisa menjadi referensi bagi konsumen untuk memilih mobil mana yang akan dibeli. Khususnya bagi sobat yang tidak ingin ribet dengan berbagai komplain setelah membeli mobil baru.

 

Bravo KIA!!! Keep it improved continuously!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

6 thoughts on “KIA Pertahankan Gelar Mobil Kualitas Terbaik Dunia di Ranking J.D. Power Quality

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *