KIA Hentikan Dominasi Brand Premium Eropa sebagai ‘Mobil Berkualitas Terbaik Dunia’

CaruserMagz.com – Suatu lembaga terpercaya sejak tahun 1968, J.D. Power, yang merupakan penilai kualitas produk dan kepuasan konsumen otomotif mengeluarkan hasil assessment dan survey-nya pada tanggal 22 Juni 2016, di Detroit, Amerika Serikat.
Logo KIA Motors Corporation
Secara mengejutkan KIA menempati ranking teratas dan dinobatkan sebagai Brand terbaik No.1 seluruh dunia. Ini adalah pencapaian luar biasa, karena selama 27 tahun terakhir belum ada produsen otomotif yang dapat melakukan apa yang dicapai KIA ini.
Mengapa demikian? Assesment ini dilakukan tahunan dan tentunya akan ada pemenangnya tiap tahun. Lalu mengapa KIA dianggap memecahkan rekor? Karena KIA adalah non-luxury brand. Adalah hal biasa jika pemenangnya BMW, Mercedes, Porsche atau VolksWagen. Tapi KIA yang sebelumnya terkenal sebagai mobil murah dan bukan mobil mewah, bisa mengungguli berbagai brand supermewah dan raksasa otomotif semisal Toyota, adalah pencapaian luar biasa dalam rentang waktu improvement yang singkat sejak tahun 2012.
Setelah beberapa tahun terakhir KIA melakukan revolusi desain dan kualitas produk-produk mobilnya, KIA mulai dikenal sebagai brand yang memproduksi mobil-mobil berkualitas, menawan dan tetap dengan harga yang terjangkau. Berbagai penghargaan diraih KIA di Eropa yang berbuah penjualan yang meningkat hingga 300% dalam setahun.
Kualitas mobil KIA bukan sekedar bualan iklan, tapi itu dibuktikan KIA dengan keberaniannya memberikan garansi hingga 7 tahun di Eropa dan Amerika, dan 5 tahun di Asia. Jika mobilnya tidak berkualitas, maka masa garansi yang panjang itu sama saja dengan bunuh diri, karena akan menyedot banyak dana untuk mengganti sparepart yang cepat rusak. Tapi KIA membuktikan durabilitas dan ketangguhan kualitas mobil-mobilnya dengan tidak banyaknya masalah yang dikelukan konsumennya.

Hasil Penilaian J.D Power

Ini merupakan assessment ke-30 yang dilakukan J.D. Power, dengan menilai masalah-masalah yang dihadapi pemilik mobil pada 90 hari pertama setelah pembelian. Pengukuran tersebut dilakukan dengan parameter jumlah rata-rata masalah yang dilaporkan pengguna untuk setiap 100 mobil (score PP100). Sehingga makin kecil angkanya, maka makin baik kualitas mobil tersebut. Survey ini dilakukan pada lebih dari 80.000 orang pemilik mobil di seluruh dunia.
KIA memenangkan ranking teratas dengan score 83 PP100, yang artinya hanya ada 83 laporan masalah untuk setiap 100 mobil. KIA lebih unggul hanya 1 score dari Porsche yang mendapai nilai 84 PP100. Sedangkan di posisi ke-3 adalah saudara satu induk KIA, yaitu Hyundai dengan score 92 PP100. selengkapnya dapat dilihat pada bagan hasil study kualitas yang dikeluarkan J.D. Power berikut ini:
Hasil Study Kualitas Mobil oleh J.D. Power, 2016
Model KIA yang menyumbang score terbaik dari keseluruhan produknya adalah KIA Sportage dan KIA Soul. Berikut produk-produk mobil yang mendapat penilaian kualitas terbaik:
KIA            : KIA Sportage dan KIA Soul
Porsche     : Porsche Macan dan Porsche 911
Hyundai    : Hyundai Accent dan Hyundai Azera
Toyota      : Lexus CT, Lexus GS, Scion tC, Toyota Camry, Toyota Corolla, and Toyota Highlander.
General Motors : Buick Cascada; Chevrolet Equinox; Chevrolet Silverado HD; Chevrolet Silverado LD; Chevrolet Spark; Chevrolet Tahoe; dan GMC Terrain.
Volkswagen : Volkswagen AG, Audi Q3, Audi TT

Beberapa hasil study yang ditemukan oleh J.D. Power adalah sebagai berikut:

1. Produsen mobil domestic di Amerika telah menunjukkan perbaikan yang sangat signifikan.
2. Brand non-premium memiliki lebih sedikit masalah dibanding merk-merk premium/mewah.
3. Makin tinggi kualitas mobil, makin setia penggunanya pada merk tersebut. Kebanyakan pengguna mobil membeli merk yang lain, jika pada mobil sebelunya mereka menghadapi 1 atau lebih masalah dalam 90 hari pertama.

Plant Quality Award

Selain ranking kualitas tersebut, J.D. Power juga mengeluarkan beberapa hasil penilaian lainnya, yaitu Penghargaan Kualitas Pabrik (Plant Quality Award), yang dimenangkan oleh Toyota di GeorgeTown Kentucky, USA, mendapat Platinum Plant Quality Award. Pada posisi kedua dengan Gold Award adalah Pabrik Porsche Stuttgard, di Jerman.

Top Tree pada setiap Segmen

Mobil-mobil asal Korea Selatan banyak yang masuk dalam top tree (tiga terbaik) untuk berbagai segmen, antara lain:
> Hyundai Accent sebagai small Car terbaik, menggungguli Chevrolet Sonic dan KIA Rio pada posisi kedua dan ketiga.
> KIA Forte dan Hyundai Elantra sebagai Compact Car terbaik kedua dan ketiga setelah Toyota Corolla.
> KIA Soul sebagai Compact MPV terbaik.
> Hyundai Azera sebagai Large Car terbaik.
> KIA Sportage sebagai small SUV terbaik yang mengungguli Hyundai Tucson di posisi kedua.
> KIA Sorento sebagai terbaik kedua pada segmen Midsize SUV setelah Toyota Highlander.
Demikian kabar yang baik ini untuk para pemilik atau calon pembeli mobil-mobil KIA dan Hyundai, semoga tulisan yang kami sarikan dari release oleh J.D. Power ini bermamfaat bagi sobat pembaca. Untuk membaca sumber informasi yang labih jelas, sobat dapat mengunjungi situs J.D. Power pada link berikut ini: J.D. Power 2016: Kia Ranks Highest, Ending 27-Year Reign for Premium Brands
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

4 thoughts on “KIA Hentikan Dominasi Brand Premium Eropa sebagai ‘Mobil Berkualitas Terbaik Dunia’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *