KIA Rio 2017 Tanpa Rem ABS+EBD, Kekurangan yang Menodai Kesempurnaan Rio

CaruserMagz.com – KIA All New Rio 2017 yang merupakan generasi baru dari hatchback segmen B keluaran KIA, sudah resmi bisa dibeli oleh konsumen Indonesia. Peluncurannya pada hari pertama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS), yaitu pada tanggal 17 April 2017.

 

Memang cukup banyak pendapat berbeda mengenai tampilan eksterior mobil ini. Misalnya obrolan di group pecinta KIA Rio, banyak pemilik Rio versi lama merasa kurang sreg dengan tampilan Rio terbaru ini. Menurut mereka ciri khas Rio yang sporty dan futuristik sudah menghilang, Rio yang sekarang dinilai bertampang lebih jadul dan biasa-biasa saja.

 

Berbeda dengan pecinta KIA Rio, berbagai media mereview tampilan luar-dalam KIA All New Rio 2017 ini, hampir semua media bilang bahwa tampilan KIA Rio generasi ke-4 ini lebih matang, atau lebih elegan dibanding versi sebelumnya. Fitur-fitur pun bertambah, kabin lebih lapang dan nuansa interior menjadi jauh lebih modern.

 

Jadi terkait tampilan eksterior memang setiap orang punya citarasa yang berbeda-beda, sehingga penilaian itu tergantung selera. Namun di bagian interior, kami kira semua sepakat bahwa KIA All New Rio 2017 ini jauh lebih baik dibanding versi lama. Karena terlihat lebih modern, dashboard lebih landai serta pada cluster meter dan palang setir terlihat lebih canggih.

 

Fitur-fitur baru dari KIA Rio 2017 cukup menggiurkan, seperti hadirnya panoramic sun-roof yang memberi kesan mewah, lampu utama dengan LED positioning light serta DRL dipadu dengan projector baik pada headlight maupun pada fog light.

 

 

Dalam hal fitur keselamatan, KIA Rio 2017 mengalami kemajuan cukup signifikan, seperti sudah ada 2 airbags dimana sebelumnya hanya ada 1 airbags, rangka body yang lebih kuat dan tentunya side impact beam. Fitur-fitur keselamatan tersebut telah diuji ketangguhannya dengan hasil 5 bintang pada uji tabrak NCAP.

 

Bagi mereka yang menyukai mobil elegan ala desain Eropa, KIA Rio ini akan sangat menggoda, karena dengan berbagai kelebihan tersebut, harganya tidak semahal kompetitornya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz.

 

Namun ternyata ada kekurangan yang sangat disayangkan, yaitu ketidak-hadiran fitur rem ABS+EBD pada Rio generasi baru ini. Padahal fitur tersebut sudah lumrah di era sekarang. Bahkan mobil LCGC seperti Toyota Agya dan Calya pun sudah diberi fitur pengereman ABS.

 

Kemungkinan besar, orang-orang yang sudah naksir ingin memiliki mobil ini jadi lesu darah. Karena semua keindahan eksterior dan interior juga fitur-fitur canggih lainnya menjadi hambar tanpa rem ABS+EBD. Kesempurnaan Rio 2017 ini telah dinodai oleh absennya ABS+EBD.

 

Memang itu bukan hal yang nampak oleh mata, namun akan terasa sangat berbeda dalam hal rasa percaya diri saat mengemudi. Tidak disematkannya rem ABS+EBD ini bisa jadi kekurangan besar yang menghilangkan selera konsumen, karena peminat KIA Rio rata-rata adalah orang-orang yang melek informasi otomotif.

 

Semoga KIA Mobil Indonesia (KMI) akan menghadirkan varian Rio Platinum 2017 dengan fitur yang lebih lengkap, termasuk rem ABS+EBD juga head unit touch screen berikut fitur navigasinya. Sehingga bagi mereka yang berduit, bisa memiliki KIA All New Rio terbaru yang benar-benar lengkap fiturnya. Atau minimal dalam beberapa tahun ke depan, akan ada versi facelift dengan penambahan fitur ABS+EBD tersebut.

 
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

3 thoughts on “KIA Rio 2017 Tanpa Rem ABS+EBD, Kekurangan yang Menodai Kesempurnaan Rio

  • October 20, 2017 at 1:47 pm
    Permalink

    Sayang..
    padahal saya ingin ganti rio saya dengan yg baru..
    kalah juga sama igniss yg sudah keyless dan start stop button
    so..
    aku bertahan dengan rio 2014 saja

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *