KIA All New Picanto Small Hatchback Paling Membahagiakan Versi IKB 2017

CaruserMagz.com – Tabloit Otomotif yang berafiliasi dengan Kompas Group melakukan penilaian tahunan pada kendaraan penumpang di Indonesia. Salah satunya adalah Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB) yang sudah beberapa kali dirilis.

 
Otomotifnet.com kembali merilis hasilnya penilaiannya pada 2 November 2017. Salah satu hasilnya adalah KIA All New Picanto yang kembali mendapatkan penghargaan sebagai mobil small citycar hatchback paling membahagiakan dengan indeks 37,19%. Ini bukan kali pertama bagi Picanto menerima gelar tersebut, karena sudah dipegangnya sejak tahun 2015.

 
Indeks Kebahagiaa Berkendara ini sebenarnya untuk mengukur kepuasan konsumen terhadap mobil di Indonesia. Karena kebahagiaan merupakan output dari kepuasan berkendara, yang biasanya merupakan cerminan dari kenyamanan dan seberapa baik fitur-fitur dan kualitas suatu mobil dalam memenuhi ekspektasi pemiliknya.

 
“IKB 2017 diharapkan dapat menjadi tolak ukur tingkat kebahagian masyarakat terhadap sebuah produk maupun merek kendaraan,” ujar Panji Maulana selaku Editor in Chief Tabloit Otomotif, pada acara pengumuman pemenang di Jakarta (2/11/2017).

 
Sebagai informasi tambahan, pada IKB 2017, bobot indeks kepuasan berkendara (aspek kognitif) hanya diambil 30% dari total keseluruhan nilai. Sementara 70%-nya diambil dari indeks tingkat emosi saat berkendara (aspek emosi).

 
Aspek emosi dianggap lebih menggambarkan pengalaman dari kegembiraan, kenikmatan mengemudi dan emosi positif lain. Sehingga aspek emosi diberi porsi yang lebih besar untuk menentukan penilaian IKB 2017.

 
Berikut ini daftar pemenang IKB di setiap kategori, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Tabloit Otomotif pada Juni hingga Agustus 2017.

Hatchback
Small City Hatchback: Kia Picanto (37,19%)
Small Hatchback: Suzuki Swift (29,88%)
Mid Hatchback 1500: Mazda2 (59,96%)

MPV
Low MPV: Toyota Avanza (68,46%)
Small Van: Nissan Evalia (47,86%)
Mid MPV: Toyota Kijang Inova (62,69%)
Mid Van: Mazda Biante (47,99%)

SUV
Small SUV: Honda HR-V (64,11%)
Mid SUV Bensin: Mitsubishi Outlander Sport (50,58%)
Mid SUV Diesel: Toyota Fortuner (51,39)%)
Low SUV7 Seater: Honda BR-V (46,73%)
High SUV Bensin: Nissan All New X-Trail (45,93%)

Sedan
Small Sedan: Honda City (47.33%)
Mid Sedan: Toyota Corolla Altis (46,96%)
Full Sedan: Honda Accord (32,20%)
Premium Sedan: BMW 3 Series (35,48%)

LCGC
LCGC Hatchback: Daihatsu Ayla (61,16%)
LCGC 7 Seater : Daihatsu Sigra (60,34%)

 
Itulah deretan mobil yang mendapat penghargaan pada Indeks Kebahagiaan Berkendara (IKB) 2017. Selamat pada para pecinta dan pemilik mobil tersebut, juga pada pabrikan yang membuatnya.

 
Mobil-mobil KIA memang tak pernak absen dari berbagai penghargaan bergengsi, baik di Indonesia maupun secara global oleh lembaga-lembaga internasional, seperti Red dot Award yang merupakan penghargaan paling bergengsi untuk Design dan J.D. Power untuk kualitas. KIA Picanto dan KIA Rio selalu ada dalam list mobil yang mendapat penghargaan.

 
Bravo KIA! Well Done Peter Schreyer and team!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *