Kelebihan dan Kekurangan Mobil Warna Putih

CaruserMagz.com – Apa warna mobil pavorit kamu? hitam, putih, abu-abu atau merah menyala? Mari kita bahas warna mobil kesayangan. Warna mobil bukan sekedar menjadi wajah tampilan kendaraan kita, tapi dibalik setiap warna mobil ada kelebihan yang menjadi mamfaat dan ada juga kekurangan yang harus dimaklumi.

 

Akhir-akhir ini mobil berwarna putih sangat disukai oleh masyarakat dunia, seolah booming mobil putih dengan mudah kita temukan berseliweran di jalanan.

 

Entah mengapa paradigma warna putih pada mobil berubah. Dulu warna putih dihindari karena beberapa hal yang dianggap kekurangan, misalnya gampang terlihat kotor, berkesan angkutan umum atau mobil jenazah dan lain sebagainya.

 

Terlepas dari kondisi masa lalu tersebut, warna putih pada mobil kini menjadi warna terlaris. Beberapa hal yang menyebabkan mobil putih lebih disukai merupakan kelebihan dari warna ini, yaitu antara lain:

 

KELEBIHAN MOBIL WARNA PUTIH

 

1. Lebih Eye-Catching karena Memperjelas Ornamen Mobil

 

Dengan warna putih, semua ornament dan aksesoris pada body mobil jadi terlihat lebih jelas. Misalnya aksen chrom, over-fender, side body molding, bentuk lampu depan dan belakang, bentuk reflektor dan berbagai list hitam yang menghiasi eksterior mobil. Begitupun dengan sticker dan berbagai emblem yang menjadi ciri khas mobil menjadi lebih jelas terlihat.

 

Sobat bayangkan lampu belakang mobil yang berwarna merah, tidak akan terlihat jelas bentuknya pada mobil yang warna body-nya juga merah. Atau list plastik hitam pada bumper dan over-fender yang berwarna hitam tidak akan nampak jelas pada mobil berwarna hitam. Juga list chrom pada mobil berwarna silver tidak akan terdiferensiasi secara jelas.

 

Sehingga semua ciri khas mobil terlihat jelas pada mobil berwarna putih. Hal tersebut membuat mata pemilik mobil terpuaskan.

 

2. Lebih Aman karena Lebih Mudah Terlihat

 

Mobil putih lebih mudah terlihat oleh pengguna jalan lain. Karena warnanya yang cerah, kehadiran mobil putih di jalan lebih mudah disadari, hingga saat keadaan gelap sekalipun, karena warna putih lebih kuat memantulkan cahaya dari lampu mobil lain.

 

Berdasarkan berbagai penelitian oleh ahlinya, mobil putih lebih sedikit frekuensinya mengalami kecelakaan dibanding mobil dengan warna lain, khususnya mobil yang berwarna gelap seperti hitam atau abu-abu.

 

3. Nilai Jual Kembali Lebih Tinggi

 

Karena mobil berwarna putih lebih diminati, maka mobil dengan warna pavorit tersebut lebih mudah dijual kembali. Akibatnya jika ada mobil putih di showroom mobil bekas, akan lebih dipilih oleh pembeli, sehingga harganya bisa lebih mahal dari warna lain.

 

4. Lebih Berjiwa Muda

 

Ini mungkin bukan kelebihan yang ditunjang dengan landasan ilmiah, tapi memang mobil berwarna putih cenderung disukai oleh orang-orang muda, sehingga ada kesan energic ada pada mobil berwarna putih. Ini juga mungkin terkait dengan point nomor 1 yang membuat mobil lebih tervisualisasi semua lekuk dan hiasan ornamennya.

 

5. Berkesan Lebih Bersih

 

Setelah dicuci, mobil warna putih terlihat lebih bersih dibanding mobil berwarna lain karena perbedaan antara keadaan kotor dan bersih pada mobil putih sangat kentara. Sehingga pemilik mobil putih cenderung lebih rajin membersihkan mobilnya.

 

Pada warna lain, dalam keadaan tidak begitu kotor, tidak nampak begitu berbeda dengan kondisinya yang benar-benar bersih. Karena warna yang lebih gelap menyamarkan debu.

 

KEKURANGAN MOBIL WARNA PUTIH

 

1. Memerlukan Perawatan Ekstra

 

Pada warna putih yang solid, cat cenderung mudah berubah menguning sehingga pemilik yang ingin menjaga keaslian putih mobilnya, perlu menambahkan pelindung cat seperti laminating yang biasanya berbahan silicon.

 

2. Kurang Berkilau

 

Berbeda dari warna yang lebih gelap seperti hitam, merah, silver dan grey, warna putih pada mobil menyamarkan kilau cat. Sehingga mobil putih lebih dominan putihnya daripada kilau metallic-nya.

 

3. Mudah Terlihat Kotor

 

Bukan rahasia lagi jika mobil warna putih memberi penampakan kotoran yang menempel jadi lebih jelas, sehingga jika ingin terlihat bersih, pemilik mobil putih harus rajin mencuci mobilnya. Paling sering dikeluhkan pemilik mobil putih adalah noda dari aspal yang lengket pada body mobil bagian bawah. Noda tersebut halus seperti pasir, banyak dan mudah terlihat. Sehingga tidak boleh dibiarkan lama, harus segera dibersihkan agar tidak mengeras dan sulit dibersihkan.

 

Demikianlah kelebihan dan kekurangan mobil berwarna putih yang kami kumpulkan dari curhat pemilik-pemilik mobil putih baik di forum-forum online maupun dari obrolan sehari-hari. Kebanyakan pemilik mobil putih merasa bangga pada mobilnya, meskipun harus melakukan perawatan ekstra. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa warna putih memberikan penampilan asli dari mobil, sehingga mobil SUV terlihat gagah dan mobil sedan terlihat elegan.

 

Pada akhirnya kembali ke selera masing-masing orang, kami sendiri termasuk yang tidak suka warna putih untuk mobil kami. Kecuali jika dapat hadiah mobil putih, tentu harus suka (masa hadiah ditolak).

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *