Kelebihan Kekurangan Suzuki Baleno Hatchback Indonesia

CaruserMagz.com – Suzuki Baleno Hatchback baru hadir di Indonesia pada tahun 2017, tepatnya diluncurkan pada ajang GIIAS 2017. Namun sebenarnya hatchback Suzuki ini sudah cukup lama debut global. Apa saja kelebihan kekurangan Suzuki Baleno hatchback Indonesia ini? Mari kita ulas satu per satu.

Suzuki Baleno awalnya adalah small sedan yang bersaing dengan Toyota Vios dan Honda City secara global. Namun versi sedan tersebut ternyata tidak begitu sukses. Alih-alih mengeluarkan versi facelift atau generasi baru, ternyata Suzuki merubah segmen Baleno ke compact hatchback.

Baleno hatchback ini mengisi slot di antara Suzuki Splash dan Swift. Sehingga mobil ini ditawarkan dengan harga yang cukup menarik, yaitu sekitar Rp. 200 Jutaan.

Berikut review detail mengenai Kunggulan dan Kelemahan Suzuki Baleno Hatchback:

 

KELEBIHAN

 

1. Harga Terjangkau

Dalam hal dimensi dan fitur, Suzuki Baleno Hatchback bersaing dengan compact hatchback berharga hampir 300 jutaan. Namun ternyata harga Baleno termahal hanya dikisaran Rp. 210 jutaan.

Itu artinya Suzuki Baleno punya value-for-money yang tinggi. Khususnya bagi konsumen yang bisa mengabaikan beberapa kekurangannya.

Berikut harga Suzuki Baleno Hatchback yang dijual di Indonesia:
Suzuki Baleno Manual : Rp. 185.000.000,-
Suzuki Baleno Matic    : Rp. 205.000.000,-

 

2. Build Quality Bagus

Suzuki memang membuat mobil dengan kualitas perakitan dan bahan yang tidak bagus. Sehingga build quality eksteriornya terlihat rapi dan interiornya terasa lumayan mewah. Walau tidak sebagus mobil Eropa, setidaknya dibandingkan small hatchback seperti Honda Brio, Toyota Etios Valco atau Daihatsu Sirion, Baleno Hatchback ini terasa lebih mewah.

 

3. Lampu-lampu yang Modern

Lampu Projector HID – Head lamp Baleno Hatchback sudah menggunakan projector HID, sehingga terlihat modern dan tentunya kualitas pencahayaan akan lebih baik dibanding lampu halogen biasa. Untuk mobil berharga 200 jutaan, lampu projector HID terasa sangat mewah.

Positioning LED DRL – Lampu utama juga terintegrasi dengan positioning LED yang akan menyala di siang hari saat mesin dihidupkan. Lampu ini sama dengan yang ada pada Suzuki Ignis. Sehingga tampilan Baleno hatchback terlihat modern.

Lampu Belakang LED – Rear lamp juga diberi LED, sehingga terlihat bagus saat menyala.

Lampu Sein LED di Spion – Tak ketinggalan rumahan spion juga dipersenjatai dengan LED, memberi kesan mobil mahal.

 

4. Tampilan Luar Punya Ciri Khas

Desain wajah Suzuki Baleno Hatchback punya ciri khas, sehingga mudah dikenali. Memang bukan selera semua orang, karena tidak sedikit yang mencibir wajah Baleno yang cukup aneh. Namun bagi orang yang suka tampil beda, tentu itu adalah hal yang menarik.

 

5. Fitur Rem ABS, EBD dan BA

Fitur rem Baleno hatchback cukup lengkap untuk ukuran mobil di Indonesia, karena sudah ada Antilock Braking System (ABS), Electric Brake Distribution (EBD) dan Brake Assistance (BA). Dimana kompetitornya baru punya ABS dan EBD saja.

 

6. Keyless Operational System

Start-stop engine button – Menghidupkan dan mematikan mesin cukup dengan membawa remote dan menekan tombol start-stop.

Smart Keyless Entry – memudahkan membuka pintu dengan cukup mengatongi remote kunci, membuka pintu tidak harus menekan tombol remote. Pintu bisa langsung dibuka dengan menekan tombol kecil di handel pintu.

 

7. Bluetooth Telephony

Head unit pada hatchback ini sudah mendukung konektifitas dengan smartphone yang juga didukung tombol telephony steering switch. Sehingga pengemudi bisa berbicara di telephone dengan terhubung pada sistem audio mobil.

 

8. Kabin Lega

Kabin Baleno hatchback tergolong lega, bahkan sangat lega, baik leg room maupun head room nya. Untuk orang dengan tinggi badan 180 cm, dengan posisi duduk kursi pengemudi ideal untuknya, dia masih mendapat ruang kaki yang lega di belakang kursi pengemudi. Dimensi mobi ini adalah 3.995 x 1.745 x 1.510 mm untuk panjang x lebar x tinggi.

 

9. Bagasi Luas

Dengan dimensi panjang 3.995 mm dan wheelbase 2.520 mm, memungkinkan ruang bagasi yang lega untuk ukuran mobil compact hatchback, yaitu 355 liter.

 

10. Ground Clearance Tinggi

Ground clearance atau jarak terendah dengan jalan Suzuki Baleno hatchback adalah 170 mm. Itu lebih tinggi dari compact hatchback lainnya seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz. Atau small hatchback seperti Honda Brio atau Daihatsu Sirion. Sehingga Baleno hatchback ini punya daya jelajah yang baik.

 

11. Tilt & Telescopic Steering

Pengaturan setir juga sangat mendukung kenyamanan pengemudi. Ketinggian setir bisa diatur dengan tilt steering, dan bisa dimaju-mundurkan dengan telescopic steering. Sehingga pengemudi bisa mendapatkan posisi mengemudi paling nyaman.

 

12. Driver Seat High Adjuster

Selain tilt dan telescopic, driving position yang paling sesuai untuk postur tubuh setiap pengemudi juga bisa didapatkan dengan pengaturan ketinggian kursi pengemudi.

 

13. Kursi Semi-Bucket

Kenyamanan pengemudi dan penumpang diprioritaskan oleh perancang Baleno dengan kursi yang cukup tebal, empuk dan berdesain semi-bucket. Sehingga posisi duduk penumpang dijaga oleh bentuk sandaran dan dudukan yang seperti memeluk tubuh dari belakang.

 

14. AC Digital + Heater

Mobil-mobil Suzuki terbaru semakin modern dengan panel AC digital dan otomatis. Bagusnya lagi, AC tidak hanya pendingin ruangan, tapi juga ada heater yang bisa menghangatkan ruangan saat cuaca dingin. Fitur ini juga ada pada Suzuki Ignis.

 

15. Empat Sensor Parkir di Belakang

Suzuki Baleno Hatchback yang dijual di Indonesia juga sudah dilengkapi sensor parkir 4 titik di bumper belakang. Sehingga pengemudi tidak perlu khawatir bagian belakang mobilnya akan sering membentur benda keras saat parkir.

 

16. Arm Rest untuk Pengemudi

Tutup ruang penyimpanan di konsol tengah juga berfungsi untuk arm-rest bagi pengemudi. Cover tersebut juga nyaman disentuh karena dibalut bahan kulit. Desainer Baleno sepertinya sangat memprioritaskan kenyamanan pengemudi.

 

17. MID Multi-Color Atraktif

Multi Information Display (MID) Baleno hatchback terlihat sangat modern dengan multi color, bukan monokrom seperti kebanyakan mobil lainnya. Cluster meter juga terlihat modern dengan kombinasi warna terang yang kontras. dipadu dengan warna ambiem biru.

 

18. Irit Bahan Bakar (bbm)

Pada Januari 2017, konsumsi bbm Baleno hatchback diukur melalui uji termodinamika Pusat Teknologi Motor & Propulsi pada Balai Teknologi Termodinamika Motor & Propulsi (BT2MP). Hasilnya Baleno tipe manual bisa menempuh 22,17 km/liter, sedangkan tipe matic 20,66 km/liter. Itu adalah angka yang menarik, karena efisiensi bahan bakarnya sama bahkan lebih baik dari small hatchback LCGC.

 

19. Sasis Platform HEARTECT

Baleno hatchback menggunakan teknologi rangka HEARTECH yang ringkas dan lebih ringan 15%. Serta Total Effective Control Technology Body (TECT). Yaitu teknologi rangka dengan fungsi yang sama dengan G-CON+ACE milik Honda, yang memungkinkannya secara efektif menyerap energi benturan dan menyebarkan energi tersebut ke seluruh rangka, sehingga mengurangi kerusakan pada interior mobil dan memperbesar kemungkinan selamat pada penumpang.

 

20. Side Impact Beam

Selain sasis, fitur keselamatan pasif juga tersedia di setiap pintu, yaitu hardness berupa side impact beam. Palang pipa keras tersebut berfungsi melindungi penumpang jika terjadi tumbukan atau benturan keras dari bagian samping mobil.

 

Baca juga: Pilihan Warna Suzuki Baleno Hatchback Indonesia

 

KEKURANGAN

 

1. Head Unit 2DIN

Head unit standar yang disediakan secara build-up adalah HU double-din. Tidak ada varian Baleno Hatchback yang diberi Head unit monitor touch screen. Jadi bagi konsumen yang ingin menggunakan HU layar sentuh, harus membeli terpisah dengan biaya tambahan.

 

2. Tenaga dan Torsi kurang Atraktif

Baleno hatchback dibekali mesin yang sama dengan Suzuki Ertiga, yaitu mesin berkode K14B 1.373 cc bertenaga 92,4 ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada .4.200 rpm. Tenaga tersebut tidak begitu atraktif jika dibandingkan Toyota Yaris yang 106 ps dan Honda Jazz yang 120 ps. Namun dibandingkan small hatchback, Baleno tetap lebih baik.

Jadi bagi sobat yang suka tenaga besar, tidak akan mendapatkannya dari Baleno hatchback. Namun dengan tenaga 92 ps dan torsi 130 Nm tersebut, sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Positifnya adalah, mesin yang kecil tersebut berkontribusi pada efisiensi bahan bakar.

 

3. Bumper Bagasi Tinggi

Bagasi Baleno cukup menyulitkan jika harus memuat dan mengangkat barang yang cukup berat, karena bagian tepinya tidak sejajar dengan lantai bagasi. Sehingga untuk mengambil barang, harus mengangkat untuk melewati bumper bagasi yang cukup dalam. Kekurangan ini juga terjadi pada mobil-mobil KIA seperti Rio dan Picanto.

 

4. Design Velg Tidak Menarik

Banyak yang berpendapat desain velg Baleno hatchback tidak menarik. Terkesan terlalu jadul dan tidak sporty. Mungkin banyak pemilik Baleno yang tidak sabar ingin mengganti velgnya dengan yang berdesain sporty dan dual-tone.

 

5. Tampilan Luar bukan Selera Semua Orang

Mengenai tampilan luar memang terkait selera. Namun tidak sedikit yang mengatakan bahwa desain eksterior Baleno hatchback bukan selera kebanyakan orang. Khususnya pada wajahnya yang cukup aneh. Tapi bagi sobat yang suka tampil beda dan menyukai keunikan mobil, tentu Baleno hatchback bisa jadi pilihan yang menarik.

 
Demikianlah kelebihan kekurangan Suzuki Baleno Hatchback yang bisa kami ulas. Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang membeli mobil Suzuki yang cukup menarik ini, baik sebagai mobil baru, maupun bekas. Jika sobat pembaca punya informasi lain mengenai keunggulan dan kelemahan Baleno, silahkan disampaikan melalui kolom kometar.

 
Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *