Kelebihan dan Kekurangan KIA Rio 2017 Generasi Ke-Empat

CaruserMagz.com – KIA All New Rio 2017 telah hadir di Indonesia sejak diluncurkan di ajang IIMS 2017. Perubahan generasi ke-4 ini sangat signifikan, sehingga banyak kelebihan dan kekurangan KIA Rio 2017 yang belum ada pada generasi sebelumnya.

 
Berbagai kontroversi menyertai kehadiran KIA Rio 2017 ini, baik dari pecinta otomotif maupun para pemilik Rio generasi sebelumnya. Banyak yang menyukai tampilan Rio baru ini Karena dinilai lebih elegan dan interior lebih modern. Namun ternyata tidak sedikit pecinta otomotif yang bilang, bahw Rio generasi ke-3 tetap lebih menawan dibanding All New Rio 2017 ini.

 
Lalu apa saja keunggulan dan kelemahan KIA Rio 2017? Berikut review detailnya:

 

KELEBIHAN

 

Eksterior

Desain Lebih Matang (elegan) – Desain KIA Rio 2017 ini banyak disukai pecinta otomotif. Para reviewer professional menyebutnya lebih matang dan elegan. Tanpilan Rio 2017 ini memang terlihat lebih ke arah Eropa yang elegan, khususnya mobil Jerman. nuansa Audi dan Volkswagen terlihat kental pada shape keseluruhannya.

 
Head Light Lebih Modern – Lampu utama terlihat lebih modern dengan Projector head light dan positioning DRL yang membuatnya makin menawan.

 
Desain Aerodinamis – Desain KIA Rio 2017 terlihat makin landai layaknya mobil sedan. Dimensi yang lebih panjang juga membuat aerodinamika-nya makin baik. Positifnya adalah pengendalian yang akan makin menyenangkan pengemudi.

 

Interior

Kabin Lebih Lapang – Dimensi KIA Rio 2017 ini lebih panjang dan lebih lebar dari generasi sebelumnya, sehingga ruang kabinnya terasa lebih lega. Tentunya hal ini akan membuat penumpang merasa lebih nyaman.

 
Interior lebih modern – Perubahan interior juga sangat signifikan. Desain interior yang baru ini seakan menjawab kekurangan interior pada generasi sebelumnya. Dashboard terlihat sangat modern dan lebih landai dibanding Rio sebelumnya.

 
Steering audio control – Fitur pengaturan audio sistem dari palang setir sudah disematkan pada semua tipe KIA All New Rio 2017.

 
Tilt & Telescopic Steering – Lingkar kemudi KIA Rio 2017 sudah bisa diatur dengan tilt (naik-turun) dan telescopic (maju-mundur).

 
Panoramic sun roof – KIA Rio adalah satu-satunya compact hatchback segmen-B di Indonesia yang memiliki fitur sun-roof. Sehingga mobil ini terasa modern dan sangat berkelas.

 
Senyaman Mobil Eropa – Tak diragukan, KIA memang membuat mobil-mobilnya senyaman mobil Eropa. Suspensi yang empuk memberi kenyamanan yang sangat baik.

 
Kabin Senyap – Kenyamanan penumpang di dalam Rio juga didapatkan dari peredaman suara dari luar yang sangat baik. Suara-suara kendaraan lain tidak terdengan berisik.

 
Build Quality Sangat Bagus – KIA membuat interior mobil-mobilnya dari bahan berkualitas tinggi, tebal dan nyaman disentuh. KIA tidak menurunkan kualitas bahan eksterior dan interiornya untuk mobil yang dijual di Indonesia.

 
Kepraktisan Berlimpah – Mobil-mobil KIA selalu punya kepraktisan yang lebih baik dari kompetitornya dari Jepang. Ruang penyimpanan tersedia dengan berlimpah sehingga menambah kenyamanan kabin.

 

Penghargaan Internasional

Kualitas  Terbaik Dunia – KIA Rio adalah mobil yang terus mendapat nilai baik dalam hal kualitas. Yang paling bergengsi adalah ranking di J.D.Power yang membuktikan bahwa mobil-mobil KIA mendapat keluhan paling sedikit dari konsumennya dalam 100 hari pertama.

 
Penghargaan Design Terbaik – KIA All New Rio tidak pernah absen mendapatkan penghargaan desain terbaik dari Red-Dot-Award. KIA Rio 2017 kembali memperoleh penghargaan paling bergengsi tersebut pada tahun 2017.

 
Baca Juga: Kelebihan Kekurangan KIA All New Rio Generasi ke-3 (2011 – 2016)

 

KEKURANGAN

 

Kekurangan Faktor Mobil

 
Tidak ada rem ABS+EBD – Sangat disayangkan ternyata KIA Rio 2017 tidak dilengkapi fitur rem yang lengkap seperti ABS+EBD dan BA. Padahal mobil-mobil dikelas yang lebih rendah, sudah memiliki fitur tersebut. Hal ini sangat mengurangi pamor KIA Rio yang nyaris sempurna.

 
Tenaga Biasa saja – KIA Rio 2017 ini dibekali mesin yang tidak berbeda dari generasi sebelumnya, yaitu mesin bensin 1.396cc dengan tenaga 100 ps dan torsi 133 Nm. Dibanding generasi ke-3, tenaganya lebih kecil 7 ps. Namun sebenarnya tenaga tersebut sudah sangat mencukupi untuk penggunaan sehari-hari. Tapi bagi sobat yang suka tenaga yang besar, KIA Rio tetap tidak seatraktif Honda Jazz.

 
Head Unit 2DIN – Berbeda dari versi Eropa dan Malaysia, Rio 2017 yang dijual di Indonesia tidak memiliki head unit layar sentuh. Tapi hanya HU 2DIN. Namun sobat bisa membeli HU touchscreen secara terpisah dengan biaya tambahan yang lumayan tentunya.

 
Bumper Bagasi Terlalu Tinggi – Hal ini sebenarnya bukanlah kekurangan yang begitu berarti karena banyak mobil dari brand lain juga mendapat kondisi yang sama. Namun bisa juga disebut kekurangan karena cukup menyulitkan saat harus mengangkat barang yang cukup berat dari dalam bagasi. Jika lantai bakasi sejajar dengan tepian bumper, barang bisa diseret saja, tanpa harus diangkat.

 

Kekurangan Faktor Selain Mobil

 
Jaringan Dealer Tidak Luas – Jaringan dealer KIA dan Hyundai di Indonesia masih terbatas. Hal ini menyebabkan keterjangkauannya oleh konsumen cukup sulit. Sehingga konsumen harus tinggal di kota provinsi atau jika di pelosok, harus ke kota untuk menservice mobilnya di bengkel resmi.

 
Harga Baru Tergolong Mahal – Mobil-mobil KIA dijual di Indonesia secara CBU langsung dari Korea Selatan, sehingga harga jualnya tergolong tinggi. Walau beberapa fitur mahal sudah dikurangi, namun tetap cukup mahal. Harga tersebut sebenarnya cukup sepadan dengan kualitas dan ketangguhan mobil KIA yang sangat bagus.

 
Harga Jual Kembali Jatuh – Mobil KIA bisa dibilang seperti mobil Eropa, harga barunya mahal namun saat dijual sebagai mobil bekas, harganya sangat jatuh. Hal ini merupakan konsekuensi dari jaringan dealer yang tidak luas dan ketersediaan spare part yang cukup sulit. Sehingga peminatnya tidak sebanyak mobil Jepang.

 
Ketersediaan Spare Spart Terbatas dan Lama – Butuh waktu yang cukup lama untuk membeli spare part genuine KIA. Khususnya spare part yang slow-moving. Karena harus inden dalam hitungan bulan. Jadi memang memiliki mobil KIA serasa punya mobil Eropa.

 

Demikianlah kelebihan kekurangan KIA Rio 2017 yang bisa kami sampaikan. Jika sobat pembaca punya informasi lain terkait plus-minus KIA All New Rio generasi ke-4 ini, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini. Semoga informasi ini bermamfaat.

 
Salam Otomotif!

 

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *