Kelebihan dan Kekurangan KIA All New Rio Indonesia, Keluaran Tahun 2012 – 2016

CaruserMagz.com – KIA All New Rio adalah hatchback segmen-B global asal raksasa otomotif Korea Selatan. Medium hatchback KIA ini diperkenalkan pada dunia pada akhir 2011 dan mulai dipasarkan pada awal 2012.

 

Banyak orang kepincut pada mobil ini saat pandangan pertama. Karena tampilannya yang gagah, cantik sekaligus elegan. Gagah karena ada aura SUV pada bagian belakangnya, cantik pada fascia depan dan elegan secara keseluruhan. Sehingga tak heran mobil ini laris manis di seluruh dunia. Bahkan bertubi-tubi mendapat penghargaan desain terbaik baik di Eropa maupun Amerika.

 

Bagi sobat yang sudah kepincut ingin memiliki KIA All New Rio ini, tentunya ingin mengetahui lebih detail apa saja kelebihan dan kekurangan atau keunggulan dan kelemahan hatchback Korea ini. Untuk itu, kami ingin membantu sobat mengupas dengan detail apa saja yang akan sobat nikmati jika memiliki mobil ini.

 

KELEBIHAN

 

1. Desain yang Menawan

Tampilan eksterior KIA All New Rio adalah kelebihan yang paling banyak menggoda pemiliknya sehingga memutuskan membeli mobil ini. Hal tersebut selalu dibanggakan para owner KIA Rio. Kami sangat setuju dengan pendapat kebanyakan pemilik KIA All New Rio tersebut. Kemolekan desain Rio telah diakui dunia dengan berbagai penghargaan desain terbaik serta bukti laku kerasnya mobil ini secara global.

Jika kebanyakan mobil-mobil Jepang hanya enak dipandang dari satu atau dua sisi saja, maka KIA Rio sedap dipandang dari setiap sisinya. Fascia depan dengan ciri khas grill tigernose, dipadu dengan headlamp yang cantik membuat wajah mobil ini sempurna, karena ada aura stylist elegan tapi juga sporty.

Bentuk aerodinamis dan desain bokongnya yang bernuansa crossover menyiratkan tenaga yang tenang membelah udara. Banyak reviewer otomotif dunia menyebut mobil ini “Nice Looking Car“, Nuansa desain elegan khas eropa sangat kental pada hatchback andalan KIA ini.

 

2. Kabin dan Bagasi Lapang

Dimensi yang panjangnya hingga 4045mm dan lebar 1720mm membuat kabin KIA All New Rio menjadi sangat lapang. Wheelbase yang mencapai 2,57 meter memungkinkan kabin belakang memberi ruang kaki yang lega.

Kapasitas bagasi KIA Rio mencapai 288 liter. Ini adalah kapasitas yang lebih dari cukup untuk kebutuhan mobil keluarga, karena lebih besar dari bagasi mobil MPV seperti Toyota Avanza atau Innova. Kursi baris kedua yang bisa dilipat rata lantai dapat memberi ruang bagasi yang lebih luas jika diperlukan.

 

3. Senyaman Mobil Eropa

Kenyamanan mobil-mobil KIA dan Hyundai memang berkiblat ke Eropa, sehingga kenyamanan merupakan nilai jual utama KIA All New Rio. KIA Rio memang didesain untuk kenyamanan. Sehingga kenyamanannya dapat dikatakan superior, lebih baik dari pada Honda Jazz dan Toyota Yaris yang didesain untuk pengendalian.

Bantingan suspensi KIA All New Rio terasa empuk. Sehingga sangat nyaman untuk penumpang.

Getaran mesin diredam dengan baik oleh engine mounting yang sudah menggunakan sistem hidrolik, sehingga getaran mesin nyaris tak terasa di kabin.

Kekedapan kabin senyap berkat double sealing pada pintu dan peredam pada pembatas ruang mesin dan kabin. Pada kondisi idle, suara mesin Rio nyaris tak terdengar.

Kursi berdesain semibucket tebal dan empuk menambah kenyamanan penumpang. Konstruksi tersebut memberi karakter ergonomis sehingga penumpang dan pengemudi tidak cepat lelah walau dalam perjalanan jauh.

Fitur pengaturan ketinggian dan kemiringan kursi mengakomodir postur tubuh pengemudi, sehingga KIA Rio nyaman dikemudikan baik oleh orang pendek maupun orang tinggi. Kemiringan kursi baris kedua yang pas juga berkontribusi pada kenyamanan penumpang hatcback ini.

 

4. Kepraktisan Superior

Ruang penyimpanan tersedia secara melimpah pada kabin depan dan belakang KIA All New Rio. Pada konsol tengah ada ruang penyimpanan terbuka yang besar dan 2 cup holder.

Globebox KIA Rio terbilang sangat besar, hingga mampu memuat 3 botol air mineral besar. Cup holder yang mampu menampung botol air minera besar juga tersedia di setiap doortrim. Kantung penyimpanan juga tersedia di belakang kursi depan.

 

5. Rem ABS+EBD

Teknologi rem Antilock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD) sudah ada pada setiap tipe KIA All New Rio. Sehingga pengereman mobil ini lebih efektif baik di trek lurus maupun di tikungan.

ABS mencegah penguncian roda saat pengereman dengan kencang, sehingga setir masih bisa berfungsi dengan baik untuk menghindari objek di depan yang ingin dihindari.

Sedangkan EBD berfungsi mengatur pengereman pada setiap roda sesuai beban roda terhadap kelajuan mobil, sehingga mobil dapat dihentikan dengan efektif pada jarak yang relatif lebih singkat.

Lebih jelas dapat dibaca pada artikel ini: Pengertian dan Fungsi ABS+EBD+BA

 

6. Teknologi Motor Driven Power Steering

Salah satu kelebihan khas mobil-mobil korea adalah teknologi Motor Driven Power Steering (MDPS). Selain memberi kenyamanan pada pengemudi, fitur ini juga berfungsi sebagai fitur keselamatan.

Setir akan terasa sangat ringan pada kecepatan rendah, sehingga memudahkan pengemudi misalnya saat memarkir mobil. Namun setir otomatis menjadi lebih berat pada kecepatan tinggi, sehingga lebih aman dari pergerakan setir yang liar karena ketidaksengajaan pengemudi.

Bagi sobat yang biasa menyetir Avanza atau Mobilio, bila beralir ke KIA Rio akan merasakan sensasi lebih hemat tenaga dan rasa pegal pada tangan saat perjalanan jauh tidak akan terasa lagi.

 

7. Pengendalian

Dimensi KIA Rio yang rendah dan sangat aerodinamis memberi pengendalian yang mantap. Memang tidak seatraktif Honda Jazz, namun sudah cukup baik untuk ukuran medium hatchback.

Pengendalian memang bukan kelebihan khusus KIA Rio, karena mobil ini dirancang lebih untuk kenyamanan penumpang.

 

8. Akselerasi Bagus

Tenaga dari mesin 1400cc DOHC 4-Silinder KIA Rio adalah 107Ps, ini setara dengan tenaga Toyota Yaris yang bertenaga 106Ps. Namun Rio memiliki torsi yang cukup besar, yaitu 135,4 Nm.

Torsi yang besar tersebut memungkinkan akselerasi yang bagus untuk selap selit di padatnya jalan raya perkotaan. Torsi yang besar juga membuat hatchback cantik ini tidak mudah ngos-ngosan saat melahap tanjakan.

 

9. Build Quality Rapi dan Tebal

Build quality baik eksterior maupun interior KIA All New Rio terbilang sangat bagus. Hal ini terlihat dari jarak yang kecil dan konsisten di antara sekat-sekat pintu, kap mesin dan bumper.

Begitupun di bagian interior, kualitas pembuatan yang presisi membuat mobil ini nampak rapi dan benar-benar berkelas. Tidak ada kesan asal-asalan seperti pada beberapa low MPV Jepang.

Bahan interior KIA Rio terbilang tebal, sehingga plastik dashboard dan doortrim terasa kuat dan jauh dari kesan seadanya seperti kebanyakan mobil-mobil Jepang berharga 200 jutaan. Begitu juga plat body yang lebih tebal membuat body hatchback ini tidak seperti kaleng kerupuk.

 

10. Tilt dan Telescopic pada Setir

Lingkar kemudi KIA All New Rio telah dilengkapi tilt steering atau pengatur ketinggian dan telescopic atau fungsi tarik-dorong untuk lebih dekat atau jauh dari tubuh pengemudi.

Fitur ini sangat berguna untuk mendapatkan posisi mengemudi paling nyaman bagi pengemudi, sesuai postur tubuh dan keinginannya.

 

11. Setir dilapisi Kulit

Pada KIA Rio varian otomatis dan platinum, lingkar kemudi telah dilapisi kulit, sehingga terasa nyaman ditangan pengemudi dan sekaligus menguatkan grip genggaman tangan pengemudi ke setir.

 

12. Transmisi Manual 6-Percepatan

Transmisi manual KIA New Rio berkonfigurasi 6-percepatan yang artinya punya nafas tenaga yang panjang untuk dipacu pada kecepatan tinggi dan getaran mesin terasa lebih halus pada kecepatan tinggi.

 

13. Garansi 5 Tahun

KIA dan Hyundai adalah produsen mobil di Indonesia yang berani memberi garansi mobil-mobilnya selama 5 tahun. Sedangkan merk-merk Jepang hanya 3 tahun. Ini membuktikan bahwa KIA menjamin durabilitas produknya sangat handal. Ini terbukti dari KIA yang mendapatkan penghargaan Brand Otomotif dengan Kualitas Terbaik Dunia oleh J.D.Power pada tahun 2016.

Hal tersebut sekaligus menjadi jaminan bahwa mobil KIA akan baik-baik saja selama 5 tahun. Bahkan di Eropa dan Amerika produsen otomotif Korea tersebut berani memberi garansi selama 7 tahun.

 

14. Harga Lebih Terjangkau

Harga KIA All New Rio terbilang murah bila dibandingkan dengan kompetitor terdekat seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. Padahal dari segi kualitas dan desain, KIA Rio dapat dikatakan lebih unggul. Sehingga value for money KIA Rio sangat tinggi.

Memang KIA tidak begitu superior dalam hal tenaga mesin dan fitur-fitur kekinian, namun itu wajar untuk masanya. Karena berbagai fitur kekinian tersebut juga tidak ada pada kompetitor pada masa itu.

 

KEKURANGAN

1. Hanya Satu Airbags

Pada tipe standar, hanya tersedia 1 airbag di kabin depan KIA New Rio, yaitu hanya untuk pengemudi. Sedangkan penumpang depan hanya mengandalkan sabuk pengaman jika terjadi tabrakan.

Kekurangan ini sangat disayangkan, karena dual-airbags sudah lazim sebagai fitur keselamatan standar di Indonesia. Rasanya tidak pas jika medium hatchback  dengan harga 200jutaan tidak mengakomodir fitur keselamatan yang lengkap.

Namun ternyata hal tersebut lebih baik jika dibandingkan dengan sepupu Rio dari Hyundai, yaitu Grand Avega yang sama sekali tidak dilengkapi airbag.

Belakangan KIA All New Rio sudah dilengkapi dengan dual airbags, yaitu pada tipe platinum atau termahal. Tapi harganya menjadi lebih mahal.

 

2. Warna Interior Cerah

Interior KIA All New Rio dibuat dual-tone color, yaitu hitam dan putih-beige baik pada dashboard maupun pada doortrim. Warna cerah putih-beige pada dasboard, doortrim dan kursi banyak mendapat kritik dari pecinta otomotif, karena pada posisi-posisi tersebut rentan terkena noda.

Warna cerah akan sangat kentara jika ada noda, tampilan interior mobil mudah terlihat kumuh. Sehingga pemilik Rio perlu melakukan perawatan extra untuk menjaga interior mobilnya agar selalu terlihat bersih.

 

3. Tidak Cocok Pake Premium

Mungkin ada faktor lupa oleh para desainer KIA saat merancang mobil ini untuk pasar Indonesia. Karena karakter mesinnya dibuat tumplek sama dengan versi Eropa yang notabene standar bbm disana jauh lebih tinggi dari bensin premium di Indonesia.

Alhasil, jika KIA Rio sering diberi minum premium, dalam waktu lama terjadi efek mesin ngelitik. Hal ini banyak dikeluhkan oleh pemilik Rio yang sering menggunakan bensin bersubsidi dengan nilai oktan hanya 88 tersebut.

Padahal dengan standar bbm Eropa, KIA Rio hanya cocok dengan Pertamax atau Pertamax-Plus, yang berarti kurang bersahabat dengan dompet pemilik mobil ini.

 

4. Jaringan Dealer dan Bengkel Resmi yang belum luas

Dengan harga untuk kalangan menengah ke bawah, mobil-mobil KIA tidak didukung oleh jaringan dealer dan bengkel resmi yang luas. Hanya ada di beberapa ibu kota provinsi yang besar.

Hal ini mengurangi rasa percaya diri konsumen untuk membeli mobil-mobil Korea, karena ada ketakutan sulitnya melakukan servis rutin dan ketersediaan spart part saat dibutuhkan. Berbagai rentetan akibat dari tidak luasnya jaringan dealer dan bengkel antara lain:

– Kurangnya promosi langsung ke konsumen yang belum melek teknologi informatika seperti internet.
– Sulitnya akses melakukan servis purna jual, sehingga konsumen banyak yang memilih bengkel tidak resmi.
– Ketersediaan spare part yang terbatas dan inden yang terlalu lama, adalah momok bagi konsumen otomotif Indonesia.
– Harga jual kembali yang anjlok, karena sulitnya menjual mobil ini sebagai mobil bekas.

 

5. Visibilitas ke Belakang Terbatas

Desain bokong KIA Rio yang terlihat ganteng dari belakang itu ternyata punya efek negatif juga. Kaca belakang Rio yang lebar ternyata tidak memberi visibilitas yang luas bagi pengemudi, melalui kaca spion di dalam kabin.

Kecilnya visibilitas ke belakang disebabkan oleh kemiringan kaca belakang yang sangat landai, layaknya pada mobil sedan. Namun visibilitas ke depan sangat baik karena kaca depan dan samping yang luas.

Visibilitas ke belakang pada KIA Picanto lebih baik daripada KIA Rio, karena kemiringan kaca belakang yang tidak terlalu landai.

 

Baca juga: Komparasi Detail KIA Rio vs Hyundai Grand Avega

Demikianlah review detail mengenai keunggulan dan kelemahan KIA All New Rio Indonesia. Semoga bermamfaat bagi sobat yang berencana membeli mobil ini.

Menurut kami, kekurangan-kekurangan KIA Rio tidak signifikan hingga dapat diabaikan, karena kelebihannya sangat worth it untuk dimiliki. Apalagi jika sobat membeli tipe tertinggi yang sudah dilengkapi fitur dan aksesoris yang lengkap.

Keunggulan utama dari KIA Rio adalah kenyamanannya yang selevel dengan mobil-mobil premium Eropa. Jadi anggap saja sobat membeli mobil Eropa dengan harga terjangkau.

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

7 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan KIA All New Rio Indonesia, Keluaran Tahun 2012 – 2016

  • May 2, 2017 at 9:49 am
    Permalink

    sama2 mas tangguh. nice to share and help people in understanding about cars.

    Reply
  • July 20, 2017 at 8:04 am
    Permalink

    keren mas dan thank you. baru kali ini saya liat review yg bener-bener review tentang Kia Rio. Tapi kok tenaga mesinnya lebih besar dari Yaris? Bukannya Kia Rio itu power nya di range 104 HP ya?

    Reply
  • July 26, 2017 at 11:33 am
    Permalink

    Mas harga mobil 110-140 juta mending milih apa ya ? Bingung bru pertama mau punya mobil

    Reply
  • July 26, 2017 at 11:37 am
    Permalink

    Ada banyak.. tergantung maunya mobil yg gimana. Baca artikel kami tentang "hal-hal yg dipertimbangkan saat membeli mobil pertama", cati saja di blog ini artikelnya.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *