Inikah Penampakan Honda Freed Facelift?

CaruserMagz.com – Sebelum diluncurkannya Mobilio, Honda telah memasarkan Honda Freed untuk memasuki pasar MPV di Indonesia. Namun berbeda dengan Mobilio yang disasar untuk merebut pasar low-MPV seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga, dari sisi harga Honda Freed mengambil segmen yang lebih tinggi, yaitu Hi-end-MPV seperti Toyota Innova. Namun Honda Freed lebih menyasar pada konsumen muda, sedangkan Innova lebih banyak disukai konsumen berusia mapan.

Kemungkinan Facelift pada Honda Freed
Sejak kumunculannya di Indonesia pada Juni 2009 hingga akhir 2015, Honda Freed tidak banyak mendapatkan perubahan. Bentuknya moncongnya yang seperti Honda Jazz dan bokongnya yang mengotak menunjukkan aura khas mobil Jepang. Dengan fitur, build quality dan kenyamanan yang mewah wajar jika mobil ini berharga setara dengan Toyota Innova yang seharusnya berada satu level di atasnya.
Akan seperti apa perubahan Honda Freed pada facelift-nya, tentunya dinanti-nantikan oleh penggemarnya dan pecinta otomotif tanah air. Sedikit sekali media memberitakan tentang facelift Honda Freed ini, namun telah ada desas desus di media lokal Jepang tentang kemungkinan wajah Freed facelift.
Dari gambar tersebut, dapat kita lihat bahwa masih tidak ada ubahan yang revolusioner pada konsep facelift Honda Freed tersebut. bentuk mengotak (boxy) masih dipertahankan sebagai ciri khas mobil Jepang. Ground clearance yang rendah masih dipertahankan, hal ini menandakan Honda tidak ingin merubah pangsa pasar mobil ini sebagai mobil mewah masyarakat perkotaan, khususnya kaum muda.
Hal-hal yang nampak berubah adalah pada tampilan wajah dan beberapa detail eksterior. Jika kita lihat secara keseluruhan bentuk wajah dan tampilan samping, konsep Honda Freed facelift ini mengadopsi wajah Honda B-RV. Grill dengan ornamen chrom lebar dan bentuk kap mesin benar-benar mirip dengan yang ada pada Honda B-RV, sehingga moncongnya yang semula mirip Honda Jazz sudah tidak tampak lagi. Selain itu, tarikan garis a-linier di body samping senada dengan garis yang sudah disematkan pada Honda Mobilio dan B-RV.
Perubahan lain yang tampak adalah velg alloy mengikuti tren two-tone yang sporty, makin menguatkan opini bahwa mobil ini diperuntukan untuk kaum muda. Pilar A yang lebar juga merupakan suatu hal yang baru ada pada Honda Freed jika konsep ini jadi diproduksi masal. Pilar A ini mengingatkan kita pada Suzuki Sx4. mungkin dari tampilan, pilar A yang lebar mempercantik eksteriornya, namun jika berkaca pada Suzuki Sx4, hal ini punya efek negatif, yaitu memperbesar blind-spot.
Sebagai mini MPV mewah, mobil ini bukan tidak punya kompetitor, produk Toyota yang secara bentuk dan dimensi mirip dengan Honda Freed dan sudah dipasarkan di Jepang adalah Toyota Sienta. Ada juga kabar yang kencang beredar, bahwa Toyota Sienta akan meramaikan pasar otomotif tanah air mulai tahun 2016. Sehingga penjualan Honda Freed sangat mungkin mengalami penurunan, karena faktor jaringan Toyota yang menggurita di Indonesia.
Design Toyota Sienta mirip Honda Freed
Mengenai perubahan fitur, spesifikasi, performa dan mesin, masih ditutup rapat oleh pihak Honda. kemungkinan facelift ini masih dipelajari dan dibahas oleh internal Honda. Kita tunggu saja akankah facelift pada Honda Freed ini memasuki Indonesia atau hanya untuk pasar otomotif Jepang atau menjadi berbeda sama sekali dengan ubahan yang revolusioner dan menakjubkan.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *