Ini Kekurangan Daihatsu Sigra Tipe D Hingga Berharga Paling Murah

CaruserMagz.com – Daihatsu Sigra tipe terendah yaitu tipe D cukup menggoda bagi calon pembeli dengan budget terbatas. Karena dengan kapasitas 7 penumpang, harganya adalah yang paling murah dibanding Sigra tipe M, X dan R, serta Toyota Calya.

 

Daihatsu Sigra Tipe D dibandrol dengan harga 106 juta rupiah saja, sedangkan tipe M dilego seharga 115 juta rupiah. Lalu apa saja yang menyebabkan Sigra tipe D pantas menjadi yang termurah? Silahkan sobat simak ulasan kami berikut ini:

 

1. Eksterior

 

Velg kaleng berukuran kecil – Jika tipe di atasnya sudah dipasangi sepatu berupa velg alloy berukuran 14 inchi, maka Daihatsu Sigra tipe D hanya menggunakan velg kaleng berukuran 13 inchi. Tentunya dari segi tampilan kaki-kakinya Sigra D ini menjadi kurang menarik. Tapi ini menjadi sama dengan velg milik Datsun Go+ Panca.

Tidak ada aksen chrom lebar di grill depan dan pintu belakang – garnish chrom lebar di atas grill depan dan di pintu belakang hanya ada pada Sigra tipe R, X Deluxe dan R Deluxe. Pada tipe D, bagian itu dibuat sewarna cat body.

Tidak ada list chrom di bawah kaca samping dan pintu – list chrom di bawah kaca samping hanya ada pada tipe X Deluxe dan R Deluxe. Jangan berharap aksesoris estetika akan ada pada mobil tipe termurah.<

Tidak ada reflector pada pintu belakang – Reflector pada pintu belakang yang bersambung dengan lampu belakang, tidak ada pada Sigra tipe D dan M.

Tidak ada fog lamp – Lampu kabut hanya ada pada tipe R dan R Deluxe, sedangkan semua tipe di bawahnya tidak dilengkapi foglamp. Untungnya Daihatsu menyediakan tempat jika pemilik ingin memasang fog lamp aftermarket.

Spion manual dan tidak ada sein di spion – Pada tipe D spion tidak elektrik dan tidak sewarna body alias berbahan plastik keras berwarna hitam.

Tidak ada wiper belakang – Jika kondisi hujan, view ke bagian belakang melalui spion dalam, tidak dapat diharapkan pada Sigra tipe D, karena tidak dilengkapi wiper belakang. Semua tipe di atasnya sudah dilengkapi wiper belakang.

Tidak ada ducktail design rear spoiler – design pintu belakang bagian atas yang seperti rear spoiler tidak tersedia, sehingga tampilan stylist itu tidak ada pada Sigra tipe D.

 

2. Interior

 

Tidak ada aksen silver di dashboard dan handle pintu – Panel tempat tuas transmisi dan AC diberi aksen silver pada tipe X dan R, tapi tidak dengan tipe D. Sobat juga tidak akan menemukan hiasan-hiasan aksen chrom atau silver pada handle pintu, doortrim dan palang setir pada Sigra tipe termurah ini.

Tidak ada kipas angin di atap – Sigra tipe D tidak dilengkapi “rear air circulation” atau kipas angin untuk mempercepat aliran udara dingin dari kabin depan ke belakang.

Tidak ada center armrest – Adjustable armrest yang berada di antara kursi depan, tidak disediakan untuk tipe D.

Tidak ada Multi Information Display (MID) – clustermeter di balik lingkar kemudi Sigra tipe D tidak dilengkapi MID yang memberikan berbagai indikasi seperti konsumsi bahan bakar, eco-driving indicator, dan lain-lain.

Audio head unit single din – Untungnya Daihatsu masih memberi audio head unit pada tipe D ini walau hanya single din. Masih mending dibanding Datsun Go+ Panca tipe standar yang hanya punya konektor ke gadget sebagai pengganti unit head.

 

3. Fitur Keselamatan dan Keamanan

 

Tidak ada rem ABS – Fitur anti penguncian rem ini hanya ada pada Sigra tipe R dan R Deluxe.

Tidak ada airbags – Fitur keselamatan pasif ini hanya untuk tipe X dan R.

Tidak ada sensor parkir depan dan belakang – Sensor parkir adalah fitur yang paling mungkin dihilangkan pada setiap mobil tipe terendah.

Kunci tidak immobilizer – dengan tidak adanya immobilizer, Sigra tipe D bisa dijadikan incaran oleh para maling mobil.

Tidak ada fitur keyless entri (remot pada kunci) – Untuk mengunci dan membuka pintu Sigra tipe D masih harus menyolokkan kunci, tidak ada remot.

 

4. Mesin

 

Mesin kecil 998cc – Dengan mesin yang hanya 1L tersebut, tenaga mobil ini hanya 67 PS dan torsi 89 Nm. Jadi jangan berharap mobil ini bisa kebut-kebutan atau membawa beban yang berat. Tentu tarikannya akan terasa lebih lemot dari Ayla, karena dengan mesin yang sama Sigra tipe D harus mengangkut beban yang lebih berat.

Mesin 3 silinder – Berbeda dari tipe X dan R yang bermesin 4 silinder, getaran mesin Sigra tipe D akan terasa kasar karena hanya 3 silinder.

Mesin tidak dual VVTi – Teknologi dual VVTi hanya untuk Sigra bermesin 1200cc, yaitu tipe X dan R.

Tidak ada tipe otomatis – Transmisi otomatis hanya untuk tipe X dan R, jadi Sigra tipe D dan M kurang nyaman bagi sobat yang tinggal di kota-kota yang banyak kemacetan jalan raya.

 

Wah.. banyak banget minusnya ya sobat. Tapi itu wajar yah, karena ada harga ada rupa. Banyaknya aksesoris dan fitur yang dihilangkan tersebut adalah konsekuensi dari harga yang terjangkau. Lagian ini judulnya LCGC tipe paling rendah, sehingga fungsionalitas yang jadi prioritas, bukan tampilan dan fitur-fitur.

 

Tapi Daihatsu tidak pelit-pelit amat kok, masih ada beberapa fitur penting dan aksesoris yang tidak dihilangkan. Antara lain:
1. Power windows pada semua pintu – lebih baik dari Datsun Go+ Panca
2. Antenna pendek dengan model stylist di atap bagian belakang
3. Handle pintu luar model grip yang Nampak lebih mewah dari model ungkit
4. Power outlet pada kabin baris kedua – penumpang kabin baris kedua bisa cas HP
5. Electric Power Steering – Setir menjadi ringan
6. Sabuk Pengaman yang retractable – Lebih baik dari Datsun Go+ yang tidak retractable.
7. Child Proof Door Lock – Lebih aman bagi anak-anak
8. Kepraktisan yang memadai – ada banyak cup holder dan ruang penyimpanan.
9. Side impact beam – Penahan benturan keras dari samping.

 

 

Nah. itulah penjelasan kami mengenai beberapa fitur dan aksesoris yang dikurangi serta yang tetap disediakan pada Daihatsu Sigra tipe D untuk menekan harga jualnya hingga terjangkau. Wajar saja jika selisih harga mencapai 42 juta rupiah dibanding tipe tertinggi.

 

Jika sobat ingin memiliki mobil baru  berkapasitas 7 penumpang dengan harga 106 juta rupiah, maka Daihatsu Sigra tipe D ini mampu mewujudkan impian sobat. Namun harus berlapang dada dengan segala keterbatasan, fitur yang minim dan kualitas seadanya.

 

Hmm.. tapi jika sobat membutuhkan mobil 7 seater dengan fitur dan kualitas yang mumpuni dan tidak harus baru, sebaiknya sobat membeli mobil bekas saja, dengan uang 106 juta rupiah, sobat sudah bisa punya mobil non-LCGC yang lumayan bagus.

 

Apalagi jika tidak harus 7 seaters, mobil bekas hatchback mewah pun masih bisa sobat dapatkan, seperti Toyota Yaris, Honda Jazz atau small hatchback yang nyaman seperti Nissan March, KIA Picanto, Mitsubishi Mirage.

 

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Ini Kekurangan Daihatsu Sigra Tipe D Hingga Berharga Paling Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *