Impresi Berkendara Mitsubishi Xpander, Nyaman, Empuk dan Lega

CaruserMagz.com – Jika ada mobil yang paling fenomenal kehadirannya di tahun 2017, maka Mitsubishi Xpander adalah jawabannya. Sejak diperkenalkan versi konsepnya hingga akhirnya resmi diluncurkan pada ajang GIIAS 2017, low MPV ini selalu menghiasi jagat berita otomotif di Indonesia.

Pengunjung GIIAS 2017 mengerumuni panggung dimana mobil ini dipajang. Tentunya banyak dari mereka yang ingin merasakan bagaimana impresi mengendarai Mitsubishi Xpander. Sayangnya tidak semua mendapat kesempatan.

Semoga ulasan ini bisa memberi informasi mengenai impresi berkendara saat berada di kabin low MVP baru ini. Sehingga sobat pembaca bisa membayangkan rasa mengemudi atau menjadi penumpang Xpander.

Driving Position

Posisi duduk di kursi pengemudi Mitubishi Xpander terasa tinggi, berkat ground clearance yang tinggi. Apalagi pada tipe Sport dan Ultimate sudah ada heigh adjuster untuk kursi pengemudi. Sehingga posisi duduk yang nyaman dapat ditemukan sesuai kebutuhan.

Kursi pengemudi berdesain semi-bucket dan lumayan tebal, sehingga terasa nyaman. Kenyamanan pengemudi juga bisa di dapatkan dari posisi handbrake yang cukup tinggi sehingga bisa difungsikan seperti armrest untuk tangan kiri.

Pengaturan Setir

Xpander adalah low MPV pertama yang setirnya ada fitur tilt dan telescopic sekaligus. sedangkan yang lain belum ada. Sehingga posisi mengemudi bisa diatur hingga yang paling nyaman untuk tiap postur tubuh pengemudi.

Pengaturan Kursi Pengemudi

Kursi pengemudi Xpander punya 3 pengaturan, yaitu sliding untuk maju mundur, reclyning untuk kemiringan sandaran kursi dan heigh adjuster untuk menaik-turunkan kursi.

Getaran Mesin

Saat posisi idle dan putaran rpm bawah, getaran mesin Xpander terasa halus. Getaran baru terasa saat kecepatan tinggi, yaitu di atas 4000 rpm.

Karakter Setir

Setir Mitsubishi Xpander terasa sangat ringan namun tetap mantap, karena telah menggunakan fitur electronic power steering. Setir tetap terasa ringan di kecepatan tinggi, tidak ada efek memberat seperti pada mobil-mobil KIA yang menggunakan motor driven power steering.

Bantingan Suspensi

Bantingan suspensi Xpander menganut karakter khas suspensi Mitsubishi yang empuk tapi tetap stabil. suspensi ini sangat nyaman untuk mobil keluarga, tidak seperti suspensi sang juara mobil sejuta umat yang terkenal ajut-ajutan.

Bantingan suspensi juga terasa empuk untuk penumpang baris ketiga, berbeda dari Avanza yang suspensi belakangnya terasa terlalu keras hentakannya saat melewati jalan yang tidak rata. Dapat dikatakan Xpander adalah yang terbaik dikelasnya untuk urusan suspensi.

Impresi Tenaga

Tenaga Xpander terasa mengalir halus, bukan ringan seperti pada mobil-mobil Toyota yang terasa torsi di putaran bawah. Ini adalah karakter khas tarikan mobil Mitsubishi, sobat akan merasa familiar dengan pola gas Xpander jika sering menggunakan Mitsubishi Kuda.

Di putaran bawah memang terasa agak delay namun padat, setelah rpm 3000 ke atas baru terasa tenaga besarnya. Jadi Xpander ini dibangun lebih untuk kenyamanan layaknya mobil keluarga.

Transmisi

Pada tipe tertinggi, yaitu Sport dan Ultimate hanya tersedia transmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Namun berbeda dari transmisi yang sama pada era sebelumnya, sepertinya Mitsubishi sudah banyak melakukan pengembangan sehingga perpindahan giginya terasa halus. Beda dari Avanza yang masih sedikit terasa hentakan saat gigi transmisi matic-nya berubah.

Handling

Meskipun mobil ini berdimensi tinggi, yaitu 1.700 mm dan suspensi yang empuk, namun handlingnya masih cukup mantap dan body-roll dapat diminimalisir. Mitsubishi berhasil menemukan komposisi yang paling nyaman dan stabil untuk mobil keluarga ini. Dalam hal handling memang tidak seatraktif Mobilio, tapi jauh lebih baik dari Avanza dan Ertiga.

Pengereman

Untuk urusan pengereman, sama halnya dengan karakteristik gas dan suspensi. Xpander ini memiliki karakteristik khas rem Mitsubishi, yaitu rem yang padat, halus dan tidak menghentak-hentak seperti pada MPV sejuta umat. Sehingga karakter rem ini juga akan memberikan kenyamanan pada penumpang.

Peredaman Suara

Peredaman suara Xpander terasa sangat baik untuk ukuran low MPV, memang tidak sebaik mobil Eropa atau mobil Korea, tapi dibanding kompetitornya Xpander adalah yang terbaik. Suara dari luar, suara mesin dan gemuruh roda bisa diredam dengan baik. Suara mesin baru terasa cukup berisik pada kecepatan atau rpm tinggi, yaitu di atas 4000 rpm.

Kepraktisan

Untuk urusan tempat penyimpanan di kabin, Mitsubishi Xpander sudah layak dijuluki low MPV paling baik kepraktisannya. total ada 16 cupholder yang tersebar di semua ruang kabin, ditambah ruang penyimpanan tertutup dan terbuka yang berlimpah, hingga detail-detailnya cukup brilian. Baca lebih lengkap mengenai: Kepraktisan Xpander Terbaik di Kelasnya.

Kelegaan Kabin

Impresi berkendara tentu bukan hanya bagi pengemudi, tapi juga penting bagi penumpang mobil MPV. Kelegaan kabin baris kedua sangat baik, bahkan seperti berada di baris kedua Toyota Innova karena ruang kaki dan ruang bahu yang lega. Baca lebih detail disini: Kelegaan Kabin Xpander

Dengan jalur sliding kursi baris kedua yang panjang, kursi baris ketiga bisa di atur ruang kakinya sesuai kebutuhan penumpang. Jika kursi baris kedua disliding mundur hingga mentok, orang dengan postur tubuh 160 cm, masih bisa duduk nyaman di baris ketiga dengan lutut yang tidak harus menyentuh sandaran kursi baris kedua.

KESIMPULAN

Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Mitsubishi Xpander ini dibangun lebih untuk kenyamanan, dibanding performa. Jadi wajar jika Mitsubishi menyebut mobil ini lebih menargetkan pengguna dari keluarga muda. Mobil ini dirancang untuk dijadikan mobil keluarga sejati yang mengutamakan kenyamanan.

Itu juga menjadi alasan mengapa low MPV ini berpenggerak roda depan, bukan roda belakang seperti Toyota Avanza. Maka segmen mobil operasional perusahaan atau untuk dijadikan armada angkutan umum, Xpander tidak akan ikut bermain.

Demikian ulasan kami tentang impresi mengendarai Mitsubishi Xpander. Semoga informasi ini bermamfaat bagi sobat yang ingin tahu banyak tentang MPV ini, atau sedang bersiap-siap membeli baby Pajero Sport ini. Jika sobat punya informasi tambahan, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini.

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

One thought on “Impresi Berkendara Mitsubishi Xpander, Nyaman, Empuk dan Lega

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *