Ide Modifikasi Xpander jadi Lebih Gagah – Mengembalikan Nuansa SUV XM-Concept

 

CaruserMagz.com – Mitsubishi Xpander sering disebut sebagai MPV bercitarasa SUV. Karena basis desainnya serupa dengan Pajero Sport, yaitu Dynamic Shield Design. Namun sayangnya, ternyata versi produksi tidak segagah versi konsep, tapi lebih kemayu layaknya low MPV.

 

Bagaimanapun, Xpander tetaplah MPV. Hal itu terlihat dari tampilan luarnya yang lebih kemayu dibanding versi konsepnya. Misalnya, dari ukuran ban dan tidak hadirnya berbagai aksesoris khas SUV.

 

Dari kondisi tersebut, terfikir ide dalam benak kami untuk mengembalikan aura SUV yang lebih kental pada low MPV ini. Dengan ground clearance yang sudah jangkung dan tampilan wajah yang sudah macho, tidak diperlukan banyak modifikasi. Cukup menambahkan beberapa aksesoris khas SUV.

 

Berikut ide modifikasi atau tambahan aksesoris yang menurut kami diperlukan untuk membuat MPV ini lebih gagah.

 

Ganti Velg dan Ukuran Ban

 

Hal pertama yang menyergap fikiran kami dari tampilan Xpander adalah sepatunya yang nampak kurang atraktif, baik dari segi desain maupun ukurannya.
Entahlah, kami tidak suka model desain spoke velg itu, walau sudah berwarna two-tone. Itu bukan desain velg yang cocok untuk mobil bernuansa SUV, tapi lebih cocok untuk mobil yang lebih kalem.

 

Ingatkah sobat dengan desain velg versi konsep dari Xpander? Itu benar-benar terlihat kokoh menggoda. Akan bagus jika Xpander memakai velg bermotif kipas seperti itu dan dengan ukuran yang lebih besar.

 

Velg dengan model kipas lebih terlihat sporty
Velg dengan model kipas lebih terlihat sporty – Velg Ori Honda New CR-V

 

Sepertinya akan bagus jika Xpander menggunakan velg berukuran 17 atau 18 inci dan profil ban yang lebih tipis, dengan desain model kipas, seperti pada Toyota Fortuner TRD terbaru atau Honda CR-V dan lain sebagainya.

 

Tambah Over-Fender Hitam

 

Salah satu ornamen yang membuat tampilan mobil terlihat gagah adalah over-fender yang berwarna hitam. Namun ternyata hal itu absen pada Mitsubishi Xpander.

 

Kita bisa membayangkan perbedaan tampilan Honda Mobilio vs BR-V, dimana dengan over fender, BR-V terlihat lebih maskulin, walau sebenarnya basis desainnya sama dengan Mobilio.

 

Begitu juga dengan Xpander, tanpa over-fender hitam, mobil ini lebih bernuansa MPV. Itu benar dan wajar, karena ini memang Low MPV.

 

Mungkin ide ini butuh bantuan dari desainer otomotif, agar didapatkan desain fender yang paling cocok dan mendongkrak aroma SUV dari Xpander. Paling tidak, bisa dicontoh desain fender pada Mitsubishi XM-Concept.

 

Side-Skirt dan Body-kit Hitam

 

Kita sudah lihat ada Xpander yang dipamerkan dengan side-skirt dan body-kit, yaitu tipe Ultimate putih. Nah.. untuk membuat Xpander sobat terlihat lebih macho, pilihlah warna selain hitam, kemudian beli body-kit dan side-skirt yang berwarna hitam, sehingga warna sekeliling bagian bawah Xpander jadi hitam semua, bersambung dengan over-fender yang sudah dimodifikasi.

 

Antena Shark Fin

 

Mitsubishi Xpander masih menggunakan antena model stick pendek pada bagian belakang. Itu emang terlihat lumayan dibanding antena model jadul seperti yang ada pada Avanza.

 

Mengganti antena jadi model sirip hiu bisa memberi tampilan modern dan kesan lebih mewah. Sebaiknya pilihan antena sirip hiu yang sewarna body, agar terkesan aksesoris original.

 

Tambah Roof-Rail

 

Aksesoris khas SUV selanjutnya yang perlu ditambahkan adalah roofrail. Namun karena Xpander sudah punya dimensi yang tinggi, sebaiknya gunakan roofrail yang tidak terlalu besar, akan lebih bagus jika roofrail yang seluruhnya menempel pada sisi samping atap, seperti pada Pajero Sport.

 

Roof-Rail Pajero Sport - Sporty dan Elegan
Roof-Rail Pajero Sport – Sporty dan Elegan

 

Kemungkinan Mitsubishi akan menyediakan aksesoris original untuk roofrail ini, karena pada versi konsepnya, mobil ini dipamerkan dengan aksesoris tersebut. Jika tidak, sobat bisa mencari roofrail custom di toko aksesoris mobil, yang cocok untuk dimensi atap Xpander.

 

Projector Headlamp dengan LED

 

Salah satu bumbu modifikasi eksterior yang sekarang digemari adalah memasang lampu projector dengan LED positioning pada head lamp. Mengingat Mitsubsihi XM-Concept, akan terlihat mewah dan gagah Jika Xpander diberi lampu utama bertabur LED seperti pada versi konsep tersebut.

 

Warna Body Two-Tone

 

Mobil akan terlihat gagah jika diberi warna two-tone, khususnya jika bagian atap diberi warna hitam. Seperti pada gambar versi XM-Concept di atas. Sedangkan warna pilar-A higga ke rear-spoiler dibiarkan sewarna body, hingga seperti model floating yang sporty.

 
Baca juga: Modifikasi Interior Mitsubishi Xpander
 

Demikianlah saran kami untuk modifikasi eksterior Mitsubishi Xpander. Inti dari saran ini adalah untuk mengembalikan Xpander menjadi lebih mirip versi konsepnya yang kental beraroma SUV, atau dapat dikatakan mengurangi nuansa MPV yang kemayu.

 

Kami juga sarankan agar sobat tidak berlebihan dalam memodifikasi mobil ini, misalnya dengan menambahi berbagai ornament krom di sana-sini hingga terlihat berlebihan. Sebaiknya tetap dalam batas kewajaran agar mobil sobat tidak tampak konyol.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

3 thoughts on “Ide Modifikasi Xpander jadi Lebih Gagah – Mengembalikan Nuansa SUV XM-Concept

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *