Honda Recall 245.101 Mobil Terkait Airbag Takata di China

CaruserMagz.com – Gelombang recall mobil terkait airbag Takata terus berlanjut. Kini giliran Honda China yang harus merecall sekitar 245.101 unit kendaraannya untuk melakukan penggantian airbag maut, Takata.

 

Seperti dirilis Chinadaily, mengutip keterangan dari China’s consumer quality authority, yang mengabarkan bahwa Recall ini akan dimulai pada 23 Oktober 2017.

 

Guangqi Honda, sebuah perusahaan patungan antara Honda dan Guangzhou Automobile Group, memberitakan dalam laman resminya bahwa model yang terkait dengan recall ini antara lain: Accord, Fit (Jazz), City, Crosstour dan Everus S1. Namun belum ada keterangan berapa unit untuk masing-masing model tersebut dan keluaran tahun berapa saja.

 

Hingga berita ini kami rilis, secara global airbag Takata telah direcall sekitar 100 juta unit. 70 juta di antaranya di Amerika dan 20 juta melibatkan mobil dari berbagai brand ternama di China. 10 juta lainnya tersebar di berbagai Negara lain.

 

Hingga Juli 2017, tercatat 18 korban jiwa di seluruh dunia dan ratusan lainnya luka-luka karena airbag Takata. Korban terakhir dikonfirmasi adalah seorang pria berusia 58 tahun saat Honda CR-V yang dikendarainya mengalami tabrakan ringan di Sydney Australia.

 

Kantung udara maut tersebut bisa meledak seperti granat saat berfungsi. Kandungan bahan kimia di dalam inflator-nya bersifat terlalu eksplosif hingga menghamburkan serpihan logam tajam ke arah pengemudi dan penumpang.

 

Takata telah menyatakan kebangkrutan karena gelombang recall yang terus-menerus menghancurkan brand-nya dan tentunya menguras finansial perusahaan peralatan otomotif asal Jepang tersebut. Selanjutnya fasilitas pabrik peralatan otomotif milik Takata diambil alih oleh Key Safety System Inc, perusahaan pembuat suku cadang mobil asal China yang bermarkas di Amerika Serikat.

 

Guangqi Honda akan mengganti airbag yang berpotensi bahaya tersebut secara gratis.

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *