Honda Mobilio Stop Produksi di India karena Tak Laku dan Terhalang Regulasi Keselamatan Baru

CaruserMagz.com – Honda India telah hentikan produksi MPV Mobilio karena tidak ada peminatnya. Produksi Honda Mobilio telah sama sekali terhenti sejak Oktober 2016, karena tak satu pun permintaan dari konsumen India masuk ke meja pemesanan, setelah stok yang tersedia habis.

 
Laporan terakhir dari media-media di India, bahwa selama bulan Februari 2017, tak satu pun Honda Mobilio dipesan. Sementara untuk melanjutkan penjualan Mobilio, Honda India harus memenuhi standar keselamatan baru yang belum dipenuhi baik oleh Mobilio lama, maupun versi facelift 2017.

 
Presiden dan CEO Honda Cars India, Yoichiro Ueno, mengatakan pada IndiaTimes : “Ada beberapa peraturan keselamatan baru yang mulai berlaku tahun ini, Mobilio yang ada sekarang tidak memenuhi aturan tersebut. Sehingga untuk melanjutkan penjualan, kami butuh melakukan investasi untuk modifikasi model yang ada sekarang.

 
Pihak Honda India akan melakukan evaluasi, apakah investasi tersebut bisa dilakukan atau tidak, mengingat penjualan Mobilio juga tidak begitu menjanjikan. Mereka akan membuat keputusan dalam waktu 2 bulan, apakah Honda Mobilio Facelift 2017 akan diluncurkan di India atau tidak.

 
“Kami akan membandingkan. Jika investasi terlalu banyak dan terlalu buruk jika  harus meningkatkan harga mobil ini secara signifikan, dalam skenario itu akan sangat sulit untuk melanjutkan (penjualan Mobilio),” ujar Ueno kepada IndiaTimes.

 
Sejak diluncurkan pada Juli 2014 yang lalu, Mobilio telah terjual sebanyak 40.789 unit di India. Itu artinya sekitar 1.300 unit per bulan. Dijual dengan harga 6,49 – 10,89 Lakh (132 – 221 Juta Rupiah), Mobilio bersaing dengan Maruti Suzuki Ertiga yang telah jadi mobil sejuta umatnya orang India.

 
Peraturan pemerintah India yang baru untuk keselamatan kendaraan, mewajibkan mobil baru memenuhi standar keselamatan dalam hal tabrakan frontal (full frontal impact and offset frontal impact), mulai oktober 2017 ini dan mobil-mobil yang sudah ada sekarang diberi batas waktu hingga oktober 2019.

 
Untuk perlindungan bagi pejalan kaki, sudah harus ada di mobil baru mulai oktober 2018, sedangkan mobil yang sudah ada dijalanan diberi tenggat waktu hingga oktober 2020.

 
Baca juga: Honda Mobilio Facelift 2017 Diluncurkan

 
Pihak Honda India mengakui bahwa Mobilio yang ada sekarang maupun versi facelift 2017 yang sudah dijual di Indonesia, tidak memenuhi standar keselamatan tersebut, sehingga diperlukan investasi yang besar untuk memenuhinya.

 
Yoichiro Ueno mengatakan, jika investasi tersebut akan menyebabkan harga jual Mobilio harus naik signifikan, maka riwayat Mobilio di India harus tamat sampai awal 2017 ini saja.

 
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *