Honda Mobilio Facelift 2016 diluncurkan pada 19 Januari, Tanpa Ubahan Eksterior


CaruserMagz – Tanpa kehebohan dan gembar gembor sebelum peluncurannya, Honda berhasil menutup rapat akan seperti apa facelift pada Honda Mobilio. Sampai-sampai banyak yang mengira Honda sudah puas dengan prestasi penjualan Mobilio dan menganggapnya masih unggul dari kompetitor, sehingga tidak perlu ada perubahan pada Low PMV andalan Honda tersebut. Akhirnya hari ini, 19 Januari 2016 Honda Mobilio facelift resmi dilaunching di Jakarta.

Interior Honda Mobilio tipe RS – Facelift 2016
Tidak mau ditinggalkan para kompetitor yang sudah lebih dahulu melakukan facelift, Honda menjawab keinginan masyarakat akan perubahan pada Mobilio dengan cukup tepat, yaitu melakukan perubahan pada design interior. Dimana sejak awal kemunculannya Mobilio banyak mendapat kritik cukup pedas mengenai design dan kualitas interiornya yang hampir oleh seluruh media otomotif di seluruh dunia disebut nampak murahan (cheap-look).
Mobilio memang dikagumi banyak pengguna low MPV, karena bentuk eksteriornya yang sangat eye-catching  (sedap dipandang), namun banyak yang menyayangkan eksterior yang superior tersebut tidak didukung oleh interior yang bernuansa mewah seperti mobil-mobil honda pada umumnya.
Perubahan paling signifikan pada Honda Mobilio Facelift 2016 ini adalah perubahan total pada design dashboard. jika dulu dashboard Mobilio terkesan cukup jadul, kini aura kemewan Honda sudah dibawa masuk ke dalam kabin pengemudi low MPV andalan Honda tersebut.
Dashboard Honda Mobilio Facelift 2016 – Tipe Standard
Jika kita perhatikan, dashboard Mobilio facelift ini bukanlah sebuah design yang benar-benar baru, melainkan basis design dari Honda Jazz terbaru yang juga telah dicopy-pastekan pada Honda BRV dengan beberapa ubahan. Perbedaan antara dashboard Honda Mobilio Facelift ini dan Honda BRV adalah warnanya. Honda BRV mengambil pola warna single tone hitam sedangkan Mobilio Facelift dengan pola two-tone, yaitu beige dan hitam. Namun pada Honda Mobilio RS, warna dashboardnya dibuat sama dengan BRV.
Selain design dashboard yang dirubah, seolah tidak mau kalah oleh Suzuki Ertiga Dreza yang merubah audio systemnya, Honda Mobilio juga sudah mendapat head unit dengan layar monitor touchscreen. dibanding versi sebelumnya hal yang langsung tampak juga adalah perubahan pada pengaturan AC yang dulunya manual model kompor gas, kini dibuat lebih stylist dengan AC digital. Dalam hal ini, Mobilio sudah mengungguli Grand New Avanza dan Ertiga Dreza.
Pada bagian Eksterior, ada perubahan sedikit, yaitu bentuk velg alloy yang nampak lebih simple. Tapi mungkin ini untuk varian standard, sedangkan untuk tipe RS, sepertinya akan tetap menggunakan velg alloy dengan two-tone color.
Bentuk Alloy Wheel baru Honda Mobilio Facelift 2016
Demikianlah perubahan pada Honda Mobilio Facelift 2016. Dengan perubahan ini, Mobilio menjadi nampak lebih sempurna. Honda cukup cerdas memperhatikan animo masyarakat tentang produk-produknya. Cita rasa mobil murah pada interior Honda Mobilio sudah dihilangkan. Tinggal satu lagi PR Honda, yaitu merubah wajah Mobilio yang masih nampak cupu dan kurang benuansa Honda yang tajam.
Toyota sudah merubah Avanza, Suzuki sudah meluncurkan Ertiga Dreza, Honda sudah mem-facelift Mobilio. Satu lagi low MPV ternama di Indonesia yang belum berubah, yaitu Nissan Grand Livina. Kurang lengkap pertarungan di kancah low MPV ini jika salah satunya tidak menambah amunisi.
Bagaimana pendapat Sobat dengan perubahan Honda Mobilio Facelift 2016 ini? Jika sudah berminat membeli yang lain, mungkin sebaiknya Sobat lihat lebih detail Honda Mobilio Facelift ini, mungkin Sobat akan berubah fikiran. Penambahan fitur dan ubahan interior tersebut tentunya akan menyebabkan perubahan harga. Mari kita tunggu release harga Honda Mobilio Facelift 2016 ini.
Untuk mengetahui lebih detail, silahkan baca artikel kami berikutnya tentang Perubahan pada Honda Mobilio Facelift 2016. Atau jika sobat ingin mengetahui salah satu kompetitor Honda Mobilio ini, silahkan baca juga Perbedaan Suzuki Ertiga Dreza dari Ertiga Versi Lawas.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *