Honda CRV Facelift 2017 Menggunakan Mesin Turbo, Ini Perubahannya Dibanding Versi Lama

CaruserMagz.com – Penampakan Honda CR-V generasi kelima yang lebih jelas dan detail akhirnya dipublikasikan oleh Honda Amerika.  CRV Facelift 2017 ini mengusung beberapa perubahan yang cukup signifikan pada segi mesin, kabin yang lebih lapang, interior lebih premium dan kosmetik aksesoris yang mempercantik tampilannya.
Honda CRV Facelift 2017
Sedangkan bentuk eksterior secara keseluruhan tidak begitu berubah dari versi sebelumnya. Honda sepertinya ingin berlama-lama menikmati hasil desainnya, sehingga terkesan lambat mengeluarkan versi facelift. Honda CRV generasi ke-4 cukup lama tidak diupdate, dan saat difacelift, bentuk desain eksteriornya pun tidak begitu berubah.
Berikut kami rangkumkan beberapa perubahan pada Honda pada CR-V facelift 2017 yang membedakannya dari CRV generasi sebelumnya.

Mesin

Honda menambah varian baru, CRV facelift 2017 baru tersebut ditenagai mesin VTEC 1500cc, 4 silinder, berteknologi turbocharger.  Ini adalah mesin yang sama dengan milik Honda Civic turbo, hanya saja power dan torsinya diperbesar hingga 190 hp dan 243 Nm, untuk mensupport bobot dan dimensi CRV yang tentunya lebih besar dibanding Civic. Sedangkan untuk varian standar, masih menggunakan mesin lama, 2400cc 4 Silinder.
Ada juga isu yang dirilis oleh media otomotif Pilifina, autoindustriya.com, bahwa Honda akan membuat CRV bermesin turbodiesel. Jika kabar itu benar, maka ini akan menjadi CRV pertama yang bermesin Diesel. Namun sepertinya Honda belum tertarik membuat CRV bermesin Diesel untuk pasar Indonesia.
Untuk Transmisi disematkan teknologi Continuously Variable Transmission (CVT). Di Amerika, CRV facelift 2017 ini tersedia pilihan varian yang berpenggerak roda depan dan all wheel drive.

Dimensi

Sempat dikabarkan Honda CRV 2017 ini akan berkonfigurasi 3 baris kursi atau berkapasitas 7 penumpang. Namun dalam rilis terakhir ini, belum disinggung, apakah benar akan mengusung konfigurasi 7 seater.
Honda CRV 2017 berdimensi lebih panjang
Dikabarkan dimensi CRV 2017 ini akan lebih panjang dan wheelbase bertambah 1,2 inchi dari versi lama. Penambahan wheelbase tersebut difokuskan untuk memberi kelegaan kabin yang superior di kelasnya dan kapaitas bagasi yang luas.

Eksterior

Perubahan di tampilan luar adalah desain bumper depan, lampu belakang dan tambahan berbagai kosmetik chrom di grill, side skirt dan pintu belakang.
Penampakan Belakang Honda CRV 2017

Wajah Honda CRV generasi kelima ini relatif masih sama dengan generasi sebelumnya, yaitu bermotif wing face, head lampnya terintegrasi dengan grill. Namun nampak lebih mewah dengan perubahan desain aksen chrom yang menyambung dari grill hingga ke dalam lampu utama. Lampu LED yang terintegrasi dengan headlamp juga menambah kesan mewah. Desain bumper depan juga terasa lebih elegan dengan lampu kabut yang lebih kecil.

Pada bagian samping, hal yang nampak baru adalah hiasan chrom pada side skirt di bagian bawah pintu. Sedangkan di bagian belakang, desain lampu nampak lebih rumit bercabang tiga, yaitu memanjang di pilar D, pada bagian bawah juga memanjang ke arah pilar C dan disambungkan ke pintu bagasi.

Interior

Perubahan cukup signifikan terlihat pada desain interior. Honda CRV 2017 sudah menggunakan dashboard baru yang lebih premium. Honda melakukan upgrade material bahan interior yang lebih baik pada dashboard dan doortrim,  termasuk panel instrumen dengan bahan soft-touch (empuk).
Dashboard Honda CRV Facelift 2017
Sistem Infotainmen juga mendapat ubahan, dual screen pada CRV lama diganti dengan satu screen lebar berukuran 7 inchi.  Perangkat tersebut dapat mengoperasikan Apple CarPlay dan Android Auto, dan tentunya berbagai fungsi canggih yang sudah ada pada versi lama seperti navigasi dan lain sebagainya.
Cluster meter di balik lingkar kemudi dibagi menjadi 3 bagian, di bagian tepi ada level bahan bakar dan temperatur mesin, sedangkan dibagian tengah merupakan screen LCD yang menampilkan informasi speedometer, RPM dan MID.
Kabin CRV Facelift 2017 – Lebih Mewah

Fitur

Beberapa perubahan dan fitur tambahan pada New CRV 2017 ini antara lain:
Electronic Parking Brake menggantikan rem parkir dengan system pedal kaki yang dulunya ada pada varian otomatis CRV generasi ketiga dan keempat.
Remote engine starter, yang membuat mobil ini bisa di-start dari jauh melalui perangkat remote.
 
Dual zone climate control, pengaturan temperature kabin (AC) dual zone.
 
Rear USB charger port, sehingga penumpang belakang bisa mengecas gadgetnya di kabin belakang.
Pengaturan posisi duduk dengan elektrik, yaitu pengaturan 4 langkah: maju mundur dan sandaran kursi untuk penumpang depan. Pengaturan 8 langkah untuk kursi pengemudi, termasuk pengaturan ketinggian kursi.
Berbagai fitur keselamatan aktif Honda Sensing, seperti: blind spot and rear cross traffic warning system, collision warning dan adaptive cruise control.
Sebagai catatan, rilis ini dilakukan oleh Honda Amerika, sehingga kemungkinan CRV baru ini akan debut di pasar otomotif Amerika. Sedangkan untuk Indonesia kemungkinan akan lebih lama. Fitur-fitur canggih yang ada, biasanya akan banyak dikurangi untuk versi Indonesia, sehingga kita tidak perlu terlalu banyak berharap.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *