Honda CR-V 2017 Diesel 7-Seater Diluncurkan di Thailand, Indonesia Kapan?

CaruserMagz.com – Honda CR-V generasi baru resmi debut Asia dengan peluncuran di Thailand pada Jumat, 24 Maret 2017. Perubahan cukup signifikan, antara lain tampilan eksterior, konfigurasi kursi jadi 7 penumpang dan mesin diesel dengan teknologi turbocharger.

 
SUV andalan Honda ini kini menjadi mobil 7 seaters, itu kabar gembira untuk pecinta mobil Honda yang terhambat keinginannya membeli CR-V karena kapasitas tempat duduknya yang hanya 5 pada generasi sebelumnya.

 
Dengan perubahan ini, kemungkinan Honda CR-V akan menjadi kian sulit dikalahkan kompetitornya seperti Nissan X-Trail, Hyundai Santa Fe, KIA Sorento dan bahkan berpeluang mengancam pasar SUV ladder frame seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

 
Kapasitas 7 penumpang merupakan kebutuhan penting konsumen mobil di Asia, khususnya Indonesia. Itulah mengapa segmen low MPV menjadi sangat gemuk. Sudah sangat tepat Honda membuat CR-V dengan konfigurasi 7 penumpang, karena faktor  kapasitas penumpang yang hanya 5 pada versi lama menjadi salah satu penghalang utama konsumen mengurungkan niat membeli CR-V.

 
Menariknya, CRV generasi kelima ini tetap menggunakan sasis monokok meskipun sudah berkapasitas 7 penumpang, sehingga tetap memberikan pengendalian yang mantap dan kenyamanan yang benuansa sedan. SUV 7 penumpang lainnya yang menggunakan sasis monokok adalah Nissan X-Trail dan Hyundai Santa Fe.
 
Menurut Chief Operating Officer, Regional Operations Honda Motor Co.,Ltd, Noriaki Abe, dalam pidato peluncuran CR-V generasi kelima ini, Honda New CR-V 2017 dilengkapi banyak teknologi terbaru dan lebih irit bbm.

 
CR-V yang sekarang sarat dengan advanced technology, karena kami menyadari konsumen sekarang lebih suka mobil yang kompak dengan mesin yang irit bahan bakar, maka kami memilih untuk menggunakan mesin i-DTEC untuk pertama kalinya di Thailand,” ujar Noriaki Abe.

 
Ada dua pilihan mesin untuk CR-V 2017 yang diluncurkan di Thailand ini, yaitu New CR-V bermesin diesel 1.600 cc 4-silinder dengan tenaga maksimum sebesar 160 PS pada 4.000rpm dan torsi 350 Nm pada 2.000rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan oleh transmisi otomatis 9-percepatan. Makin lengkap, kini juga tersedia pilihan varian 4WD dan 2WD.

 
Untuk CR-V bermesin bensin, kapasitas mesinnya adalah 2.400cc i-VTEC 4-silinder. tenaganya lebih besar 13 PS dibanding varian diesel, yaitu 173 PS pada 6.200rpm dan torsi 224 Nm pada 4.000rpm. varian ini juga hanya tersedia dengan transmisi otomatis CVT, juga ada pilihan 4WD dan 2WD.

 
Fitur-fitur baru yang diungkapkan saat peluncuran antara lain Hands Free Power Tailgate, yaitu cara membuka pintu bagasi tanpa menyentuh pintu tersebut. Pintu akan terbuka dengan bantuan sensor kaki pada bagian bumper belakang. fitur ini ada pada BMW terbaru.

 
Selain itu, ada juga ventilasi AC pada baris ketiga untuk memberikan kenyamanan pada penumpang baris paling belakang yang disebut Rear Cooler System. Fitur ini juga ada pada Hyundai Santa Fe dan KIA Sorento.

 
Sayangnya dari sisi harga, Honda CR-V masih cukup mahal untuk ukuran compact SUV, yaitu jika dirupiahkan sekitar 538 hingga 597 juta rupiah untuk varian bensin dan 596 hingga 654 juta rupiah untuk varian diesel. Tapi Itu harga di Thailand, untuk di Indonesia kita tunggu saja peluncuran resminya pada bulan April mendatang.

 
Jika harganya di Indonesia tidak berbeda atau lebih mahal dari list harga di Thailand tersebut, maka akan kurang kompetitif melawan SUV ladder frame Pajero Sport dan Fortuner dengan kelegaan kabin yang superior dan branding image yang lebih kuat. Namun mungkin CR-V 7 seater ini memang tidak diperuntukkan melawan SUV besar tersebut.

 
Honda punya branding image-nya sendiri untuk CR-V sebagai kendaraan orang yang cukup kaya. Sehingga punya pasarnya sendiri, yaitu konsumen yang memilih CR-V tanpa membandingkannya dengan SUV lainnya.

 
Namun to be realistic, jika kami pribadi memiliki budget berkisar antara 540 hingga 650 juta rupiah untuk membeli SUV 7 penumpang, kami akan mempertimbangkan SUV lainnya yang lebih lega, fitur lebih banyak, tenaga lebih besar dan tampang lebih gagah, seperti Hyundai Santa Fe atau Mitsubishi Pajero Sport.

 
Bagaimana dengan kehadiran SUV Honda ini di Indonesia? kabar yang kami terima dari wiraniaga Honda, peluncuran resmi akan dilaksanakan pada bulan April 2017 ini. Apakah itu pada ajang IIMS 2017, atau secara terpisah belum ada kabar lebih lanjut. Peluncuran di kota-kota provinsi juga akan dihelat di bulan April.

 
Informasi sementara yang kami dapatkan adalah Honda CR-V yang akan dibawa ke Indonesia adalah varian bermesin bensin saja, dengan kapasitas 7 penumpang. Sedangkan varian diesel belum akan ditawarkan pada konsumen Indonesia.

 
Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *